Rabu, 17 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

300 Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera

Posted by: 2180 viewer

300 Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera
Desa Sejahtera

Selama 61 tahun berdiri, PT Astra International Tbk bercita-cita untuk Sejahtera Bersama Bangsa. Komitmen ini senantiasa diwujudkan dalam bentuk program tanggung jawab sosial (CSR) yang proaktif, terstruktur, dan berkesinambungan. Program CSR Astra menekankan pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kewirausahaan.

Hari ini, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk pengentasan kemiskinan melalui percepatan pembangunan desa, Astra mencanangkan program Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera. Program ini fokus pada peningkatan ekonomi berbasis masyarakat dengan mengoptimalkan potensi lokal yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa melalui pengembangan Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan) sesuai daerahnya masing-masing.

Hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI Boediarso Teguh Widodo, Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa PDTT RI Taufik Madjid, perwakilan pemerintah kawasan terdepan, terluar dan tertinggal (3T), perwakilan pesantren, penerima & finalis apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards serta eksekutif Grup Astra.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam sambutannya Dirjen Boediarso mengatakan bahwa program ini hanya dapat tercapai dengan sinergi aktif berbagai pemangku kepentingan. “Seluruh pihak harus bekerjasama, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat desa itu sendiri. Semoga angka desa tertinggal/sangat tertinggal dapat berkurang secara signifikan,” ujar Boediarso.

Dirjen Taufik mengapresiasi hal yang dilakukan oleh Astra. “Astra telah membantu pekerjaan kementerian kami. Harapannya program ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan mengurangi angka pengangguran,” tambah Taufik.

Astra bersama anak perusahaan dan yayasannya akan mengembangkan 300 Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera yang tersebar di 100 kabupaten se-Indonesia. Mitra desa binaan Astra ini mencakup 76 Desa di daerah 3T (Kabupaten Mahakam Ulu, Morotai, Biak Numfor, Maluku Tenggara Barat, Rote Ndao, dan Buru), 49 Desa di wilayah pesantren, 16 Desa di wilayah pemenang Satu Indonesia Awards, dan 159 Desa di wilayah operasional Grup Astra dan Yayasan.

Dalam jangka panjang, ketika desa-desa yang sudah dibina dalam pilar kewirausahaan ini dapat menunjukkan prestasi terbaiknya, maka desa ini akan diperkuat juga dengan program pendidikan, lingkungan dan kesehatan dalam skema Kampung Berseri Astra untuk mewujudkan masyarakat desa yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang

Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Nissan hari ini memamerkan line produksi uji coba baterai solid-state yang sedang dalam konstruksi kepada media di Pabri...


Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi

Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand dan perusahaan di seluruh dunia saat ini berhadapan dengan lanskap bisnis yang semakin kompetitif dengan perubahan yang...


Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma

Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero), melalui anak usaha PT PP Sinergi Banjaratma yang bergerak dalam bidang Rest Ar...


Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat

Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia melayani 52.567 pe...