Rabu, 21 Februari 2024

Follow us:

infobrand

5 Negara di Asean Ini Jadi Pionir CSR, Indonesia Salah Satunya!

Posted by: 4060 viewer

5 Negara di Asean Ini Jadi Pionir CSR, Indonesia Salah Satunya!
Salah satu kegiatan CSR yang dilakukan INFOBRAND dalam Ramadan Brand Berbagi 2020

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggung jawab sosial perusahaan yang terintegrasi dalam sebuah bisnis model. Tujuannya jelas, yakni memberikan dampak positif melalui aktivitas di lingkungan, pelanggan, karyawan, komunitas, pemegang saham, dan masyarakat sipil.

Chair of ASEAN CSR Network & CEO/Founder Partnership-ID, Yanti Triwadiantini mengatakan bahwa di dunia, aktivitas CSR sudah dikenal sejak era 70-an. Namun di negara ASEAN sendiri, CSR baru menjadi topik yang mengemuka di tahun 2012 lalu.

“Ini sedikit perjalanan CSR di ASEAN ya. Jadi sebenarnya kegiatan CSR di negara ASEAN itu belum terlalu lama sekali. Tidak seperti di dunia yang sudah dikenal sejak tahun 70 atau 80-an,” kata Yanti dalam seminar virtual bertajuk ‘CSR di Masa Pandemi COVID-19’ di acara e-awarding Indonesia Top Corporate Social Responsibility of the year 2020 pada Jumat (5/6) lalu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurutnya, dari 10 negara ASEAN member country, 5 negara diantaranya merupakan pionir CSR yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand. Kemudian diikuti oleh Myanmar, Vietnam dan negara-negara ASEAN lainnya.

“Pemahaman yang disadari oleh semua perusahaan di wilayah ASEAN adalah CSR itu merupakan tanggung jawab yang selalu melihat kepada sustainability dan bersifat inklusif mengajak semua pihak yang terkait,” jelasnya.

Meski begitu, lanjutnya, kegiatan CSR akan menjadi sangat menantang ketika masuk dalam era new normal yang saat ini sedang terjadi di Indonesia maupun negara-negara lain di wilayah ASEAN. “Yang terpenting CSR itu harus bisa membuat perubahan di dalam suatu tatanan sosial dan lingkungan hidup. Ini menjadi tanggung jawab besar. Jadi kita harus berpikir bareng-bareng juga,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Olenka Gelar Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca sejak Dini untuk Tingkatkan Minat Baca

Olenka Gelar Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca sejak Dini untuk Tingkatkan Minat Baca
INFOBRAND.ID - Tingkat literasi yang rendah saat ini menjadi perhatian berbagai pihak, terutama pihak sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi pa...


Dishub DKI Optimis Kendaraan Listrik Mampu Atasi Polusi Udara

Dishub DKI Optimis Kendaraan Listrik Mampu Atasi Polusi Udara
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta optimistis penggunaan kendaraan berbasis listrik dapat mengurangi permasalahan polusi u...


Menkop UKM: TikTok Masih Langgar Aturan

Menkop UKM: TikTok Masih Langgar Aturan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan platform media sosial TikTok masih melangg...


Perkuat Pasar, DCVI dan DCVMI Bangun Pabrik Truk dan Bus di Indonesia

Perkuat Pasar, DCVI dan DCVMI Bangun Pabrik Truk dan Bus di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Distributor tunggal dan perakit produk bus dan truk Mercedes-Benz di Indonesia, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) d...