Kamis, 12 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

5 Tips dari Tokopedia Saat Terima Pesanan Online

Posted by: 2857 viewer

5 Tips dari Tokopedia Saat Terima Pesanan Online
Ilustrasi Tokopedia

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam rangka Hari Hak Konsumen Sedunia pada 15 Maret 2022, Tokopedia membagikan lima hal yang penting dilakukan pengguna saat menerima pesanan online.

1.    Jangan Buru-buru Klik ‘Selesaikan Pesanan’ - “Pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

2.    Segera Cek Barang - Saat membuka paket, ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima. Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan - bisa dalam bentuk foto atau video - untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli.

3.    Perhatikan Batas Waktu Komplain - Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2x24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan. “Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia,” tambah Ekhel.

4.    Cek Ongkos Kirim Akhir - Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual. Pengguna hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.

5.    Jangan Lupa Kasih Review - Review atau ulasan dari pembeli bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko. “Ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM,” jelas Ekhel.

“Tokopedia melihat tren belanja online di Indonesia terus meningkat. Tingginya animo ini mendorong kami terus berkomitmen membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui platform kami, sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pegiat usaha lokal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta

FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta
INFOBRAND.ID - Memasuki hari keempat, pameran tanaman hias Floriculture Indonesia International (FLOII) Expo 2024 semakin meriah dan dipadati pengunju...


RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun

RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun
INFOBRAND.ID-Pelemahan daya beli masyarakat saat ini berimbas pada berbagai industri di Indonesia, termasuk industri pariwisata. RedDoorz, platform te...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif

INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif
INFOBRAND.ID - Dalam perjalanan waktu, hanya sedikit merek yang mampu bertahan dan terus berkembang, melintasi dekade demi dekade. Merek-merek ini tid...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 

INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 
INFOBRAND.ID - Customer satisfaction, atau kepuasan pelanggan menjadi prasarat agar produk atau layanan dari sebuah brand dipilih kembali, atau bahkan...