Selasa, 24 Mei 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

5 Tips Membuat Konten Media Sosial yang Ciamik

Posted by: 07-05-2022 10:01 WIB 182 viewer

5 Tips Membuat Konten Media Sosial yang Ciamik
Ide content marketing.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bisnis di era digital dapat dilakukan dengan lebih mudah dalam setiap prosesnya. Termasuk dalam kegiatan branding dan marketing, media sosial bisa menjadi sarana lebih efektif dan ampuh untuk membangun engagement dengan konsumen melalui konten-konten yang disajikan.

Namun tentu saja diperlukan trik dalam membuat konten agar dapat memaksimalkan penggunaannya. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat konten marketing sebagai strategi bisnis yang ciamik.

  1. Sesuai dengan Tujuan Bisnis

Setiap bisnis harus memiliki tujuan dalam penggunaan media sosial. Anda bisa merangkai tujuan tersebut berdasarkan metode ‘SMART’ agar konten yang dihasilkan menarik dan memiliki konsep yang jelas. Sebuah brand harus menetapkan tujuan yang specific (S), measurable (M), achievable (A), relevant (R), dan timebound (T).

  1. Memicu Reaksi Emosional

Sebisa mungkin untuk membuat konten bisa melibatkan sisi humanis. Misal, foto-foto di balik layar bisnis Anda, orang-orang yang terlibat di dalamnya, bagaimana proses produksi sampai pengemasan produk, berbagi insight bisnis sebagai owner, atau ide lain yang bisa membuat orang tertarik mengenal perusahaan Anda lebih jauh.

  1. Tidak Melulu Hard Selling

Meski media sosial juga sering digunakan untuk berjualan secara langsung, tapi Anda bisa menggunakannya untuk menjawab masalah atau pertanyaan dari para pengikut. Misal, banyak audiens di berbagai saluran bertanya, Anda bisa membuat konten yang menjelaskan tentang bahan baku produk, kelebihan/manfaatnya, sampai keunikan kemasannya. Tujuannya adalah untuk menjalin hubungan pelanggan secara jangka panjang.

  1. Mengikuti Tren

Antara berita terkini, tagar yang sedang tren, atau meme terbaru, selalu ada ruang untuk menjadikan hal tersebut sebuah topik bagi konten Anda. Itu mengapa, Anda wajib selalu up to date pada trending topic agar bisa menggunakannya untuk membuat konten menarik bagi pengikut Anda. Sebagai contoh, campaign yang dikeluarkan oleh Oreo saat perayaan #NationalDonutDay.

  1. Gunakan Prinsip ATM

ATM adalah Amati, Tiru, Modifikasi. Terlebih ketika Anda sedang kehabisan ide, bingung ingin membuat konten apa, atau ingin membuat sesuatu yang baru. Kata "tiru" di sini bukan berarti Anda meniru ide orang lain sama persis. Yang ditiru adalah perspektifnya dalam membuat konten, bagaimana seseorang itu berhasil membuat konten yang menarik dan bisa mengundang banyak likes dan komen di media sosial. Temukan perspektif yang menarik agar konten Anda terlihat berbeda dan tidak ada di konten yang lain.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


5 Tips Membuat Konten Media Sosial yang Ciamik

5 Tips Membuat Konten Media Sosial yang Ciamik
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bisnis di era digital dapat dilakukan dengan lebih mudah dalam setiap prosesnya. Termasuk dalam kegiatan branding dan marketin...


Memperbaiki Value Brand agar Tetap Relevan dengan Pasar

Memperbaiki Value Brand agar Tetap Relevan dengan Pasar
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat ternyata telah memicu adanya disrupsi atau gangguan yang membuat sejumlah bra...


Perilaku Konsumen di Era Digital

Perilaku Konsumen di Era Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Gelombang disrupsi akibat perkembangan teknologi digital juga dipengaruhi oleh perubahan perulaku konsumen dalam memilih sebua...


Peran PR di Era Digital

Peran PR di Era Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital telah menyentuh berbagai aktivitas bisnis. Tak terkecuali dalam aktivitas bisnis. Kegiatan hubu...