Ahad, 10 Desember 2023

Follow us:

infobrand

9th Spirit INFOBRAND

5 Tips Membuat Konten Media Sosial yang Ciamik

Posted by: 1485 viewer

5 Tips Membuat Konten Media Sosial yang Ciamik
Ide content marketing.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bisnis di era digital dapat dilakukan dengan lebih mudah dalam setiap prosesnya. Termasuk dalam kegiatan branding dan marketing, media sosial bisa menjadi sarana lebih efektif dan ampuh untuk membangun engagement dengan konsumen melalui konten-konten yang disajikan.

Namun tentu saja diperlukan trik dalam membuat konten agar dapat memaksimalkan penggunaannya. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat konten marketing sebagai strategi bisnis yang ciamik.

  1. Sesuai dengan Tujuan Bisnis

Setiap bisnis harus memiliki tujuan dalam penggunaan media sosial. Anda bisa merangkai tujuan tersebut berdasarkan metode ‘SMART’ agar konten yang dihasilkan menarik dan memiliki konsep yang jelas. Sebuah brand harus menetapkan tujuan yang specific (S), measurable (M), achievable (A), relevant (R), dan timebound (T).

IKLAN INFOBRAND.ID

  1. Memicu Reaksi Emosional

Sebisa mungkin untuk membuat konten bisa melibatkan sisi humanis. Misal, foto-foto di balik layar bisnis Anda, orang-orang yang terlibat di dalamnya, bagaimana proses produksi sampai pengemasan produk, berbagi insight bisnis sebagai owner, atau ide lain yang bisa membuat orang tertarik mengenal perusahaan Anda lebih jauh.

  1. Tidak Melulu Hard Selling

Meski media sosial juga sering digunakan untuk berjualan secara langsung, tapi Anda bisa menggunakannya untuk menjawab masalah atau pertanyaan dari para pengikut. Misal, banyak audiens di berbagai saluran bertanya, Anda bisa membuat konten yang menjelaskan tentang bahan baku produk, kelebihan/manfaatnya, sampai keunikan kemasannya. Tujuannya adalah untuk menjalin hubungan pelanggan secara jangka panjang.

  1. Mengikuti Tren

Antara berita terkini, tagar yang sedang tren, atau meme terbaru, selalu ada ruang untuk menjadikan hal tersebut sebuah topik bagi konten Anda. Itu mengapa, Anda wajib selalu up to date pada trending topic agar bisa menggunakannya untuk membuat konten menarik bagi pengikut Anda. Sebagai contoh, campaign yang dikeluarkan oleh Oreo saat perayaan #NationalDonutDay.

  1. Gunakan Prinsip ATM

ATM adalah Amati, Tiru, Modifikasi. Terlebih ketika Anda sedang kehabisan ide, bingung ingin membuat konten apa, atau ingin membuat sesuatu yang baru. Kata "tiru" di sini bukan berarti Anda meniru ide orang lain sama persis. Yang ditiru adalah perspektifnya dalam membuat konten, bagaimana seseorang itu berhasil membuat konten yang menarik dan bisa mengundang banyak likes dan komen di media sosial. Temukan perspektif yang menarik agar konten Anda terlihat berbeda dan tidak ada di konten yang lain.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Apresiasi Perusahaan dan Brand Sukses Jalankan Digital PR, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Digital PR Award 2023

Apresiasi Perusahaan dan Brand Sukses Jalankan Digital PR, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Digital PR Award 2023
INFOBRAND.ID - Aktivitas Public Relation (PR) tidak dapat dipisahkan dalam keberlangsungan bisnis dan perusahaan. Sebab PR memiliki peran penting dala...


Bantu Brand Optimalkan Marketplace, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Official Store Award 2023

Bantu Brand Optimalkan Marketplace, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Official Store Award 2023
INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital dan pandemi covid-19 telah meningkatkan aktivitas belanja online di kalangan masyarakat. Meningkatnya po...


INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022

INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022
INFOBRAND.ID - Tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi bagian penting d...


Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022

Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022
INFOBRAND.ID-Sejak terjadi pandemi yang berlangsung mulai tahun 2020, aktivitas bisnis dan perusahaan dihadapkan pada situasi yang sangat menantang. D...