Rabu, 24 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

5 Tren Akselerasi Dalam Pembayaran Digital

Posted by: 2272 viewer

5 Tren Akselerasi Dalam Pembayaran Digital
Pembayaran digital.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital terus mendorong pertumbuhan ekosistem bisnis di ranah internet. Salah satu saluran yang terus berkembang adalah payment gateway, yang semakin mudah digunakan dan menawarkan beragam pilihan.

Dalam penggunaannya, payment gateway tidak hanya digunakan oleh marketplace maupun pedagang besar berbentuk korporasi, tapi juga semakin banyak digunakan oleh pedagang kecil di level Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM.

Semakin banyaknya pengguna payment gateway bahkan diyakini menjadi salah satu pendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi. Namun, agar berkembang semakin baik, ada banyak hal yang perlu diakselerasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Apa saja, berikut 5 tren akselerasi digital yang perlu diperhatikan, yang terungkap dalam webinar edukasi berjudul “Akselerasi Digital untuk Pemulihan Ekonomi Indonesia”, yang dihadiri oleh Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia.

  1. Memperluas Jangkauan Konsumen

Pandemi Covid-19 telah mengubah pola perilaku masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi, baik di sisi konsumen maupun merchant. Tercatat, terjadi kenaikan jumlah konsumen digital hingga 21 juta selama pandemi. Menariknya, 72% dari konsumen baru ini berada di luar kota-kota besar. Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha masa kini untuk memperluas jangkauan ke daerah-daerah non-urban. Perluasan ini bisa dilakukan lebih mudah melalui kanal-kanal penjualan online yang kini banyak tersedia.

  1. Transformasi Digital

Di tengah banyaknya tantangan yang disebabkan pandemi, transformasi digital menjadi kunci untuk bisa mempertahankan dan mengembangkan usaha lebih jauh. Menurut riset Google, Temasek & Bain Company tahun 2021, tercatat bahwa hampir semua (98%) merchant digital telah menerima pembayaran digital dari para pembeli. Ini berarti, untuk bisa semakin memajukan usahanya, para pelaku UMKM perlu untuk membekali usaha dengan pembayaran digital yang komprehensif, aman, dan praktis digunakan.

  1. Akselerasi pembayaran digital

Menurut data Bank Indonesia, transformasi digital perbankan, pembentukan ekosistem Ekonomi Keuangan Digital (EKD), dan pesatnya inovasi diperkirakan akan terus mendorong akselerasi pembayaran digital. Pada tahun 2022, penggunaan sistem perbankan digital (digital banking) diperkirakan meningkat menjadi Rp48,6 ribu triliun dari Rp40 ribu triliun pada tahun 2021. Sementara itu, penggunaan uang elektronik berpotensi naik hingga Rp337 triliun dari Rp289 triliun tahun lalu.

  1. QRIS Menjadi Metode Pembayaran Unggulan bagi UMKM

Pada tahun 2022, kebijakan sistem pembayaran Bank Indonesia berupaya untuk mempercepat integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital, dengan meningkatkan adopsi QR untuk semua pelaku bisnis. QRIS menjadi metode pembayaran nirsentuh yang memberikan banyak keuntungan bagi UMKM, karena bisa digunakan di toko offline, e-commerce, dan jual-beli melalui media sosial. Selain itu, QRIS juga bisa dicetak di pos, lanyard, struk, mesin EDC, dan sebagainya.

IKLAN INFOBRAND.ID

  1. Beradaptasi dengan Inovasi dan Kolaborasi

Di era serba digital, pelaku UMKM harus memprioritaskan inovasi dan kolaborasi untuk bisa beradaptasi dengan baik di tengah situasi dinamis yang terus berubah. Kehadiran pihak-pihak ketiga ini bertujuan untuk membantu para UMKM agar bisa semakin cepat mengadopsi transformasi digital, baik dalam hal pembayaran, sistem operasional, hingga logistik.(Suci Marifah)

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka

Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pameran dagang internasional tahunan untuk industri makanan dan minuman, perhotelan dan pariwisata paling komperhensif di Indo...


Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM

Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Global CEO Indonesia dan Jawa Pos sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung perkembangan olah r...


Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital

Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital
INFOBRAND.ID - Aplikasi digital dapat membantu dalam pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis secara lebih efisien. Astra Financial melalui sejumlah pr...


Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta

Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menghadirkan budi daya melon hidroponik lewat pembangunan green house (ru...