Selasa, 23 Juli 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

500 Brand Champions

Posted by: 13-03-2019 15:20 WIB 295 viewer

500 Brand Champions
Founder INFOBRAND.ID, Tri Raharjo

Satu dekade terakhir terjadi perubahan behaviour masyarakat atas akses perolehan informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam memperoleh informasi. Sinyalemen tersebut terlihat dari makin melorotnya tiras sejumlah media cetak. Bahkan industri media mulai melakukan transformasi dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai instrumen menyampaikan informasi. 

Teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat mengetahuinya. Kini eranya telah berubah. Gelombang informasi  membuat masyarakat  berselancar dengan  teknologi internet (cyber) dengan begitu cepat. Dunia bagaikan global village yang berada di genggaman tangan.

Fenomena demikian berimplikasi pada perubahan pola dalam membangun brand. Bila pada gelombang ke-3 informasi, para pelaku usaha membangun  brand dengan mengandalkan kekuatan iklan melalui media massa, seperti cetak, elektronika (tv dan radio) dan media luar ruang. Pada era itu, brand-brand yang masuk kategori top of mind sulit digeser dengan brand pendatang baru.

Namun demikian, pakem tersebut tidak selamanya benar. Memasuki era gelombang ke-4 dengan teknologi digital merontokkan konsep dalam membangun brand. Betapa tidak, saluran informasi – sebagai  salah satu kekuatan instrumen membangun  brand, membuat para pemilik brand dituntut kepiawaiannya berakrobatik menyusun langkah pemasarannya untuk memenangkan pasar.

Saat ini menurut laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sepanjang tahun 2017 lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet. Kepemilikan  smartphone terus meningkat. Tak kurang kini pengguna smartphone di Indonesia mencapai 100 juta jiwa. Tren demikian memberikan perubahan yang sangat signifikan terhadap perilaku konsumen. Perubahan perilaku tersebut terutama didorong oleh perkembangan media sosial, e-commerce, dan sharing economy.

Pun  pembahasan  konsep membangun  brand di kalangan generasi milenial seperti sekarang semakin luas. Banyak hal yang perlu dikaji kembali.  Misalnya,  unsur-unsur best brand dengan mempertimbangkan kondisi sekarang. Dulu, konsumen banyak dipengaruhi oleh iklan tv  maupun cetak sehingga porsi brand awareness dan ad awareness tinggi. Sekarang  hal itu bergeser. Kontribusi ad awareness tidak sebesar dulu lagi dalam menyumbang penilaian merek-merek terbaik.

Setiap tahun muncul brand-brand champion di setiap kategori produk/jasa. Kinerja brand mereka diapresiasi berbagai lembaga riset dan media.  Berangkat dari hal tersebut, INFOBRAND.ID  menggagas, Annual Brand Catalogue “500 Brand Champions” di Indonesia.

Annual Brand Catalogue  “500 Brand Champions” merupakan  rujukan  brand  selama satu tahun terakhir dan  sebagai arena publikasi brand .  Bagi calon konsumen, kehadiran Katalog ini  memudahkan mereka  dalam  memilih  produk.

Di sini akan diungkap bagaimana mereka menjadi  juara. Ada sisi insight digabungkan dengan profile masing-masing pemilik brand.  Tentang bagaimana  mencapai keberhasilan? Bagaimana upaya  membangun brand sejak berdirinya?  Seperti apa kegiatan  pemasaran offline  dan  bagaimana  aktifitas digital marketingnya? Dan seterusnya, hingga ditemukan bahwa brand tersebut benar-benar layak disebut CHAMPION.[]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Pentingnya Mengukur Kekuatan Brand di Era Digital

Pentingnya Mengukur Kekuatan Brand di Era Digital
Kehadiran teknologi digital telah merubah banyak hal, mulai dari cara kita berteman, berhubungan dengan orang lain hingga mengubah wajah dunia bisnis...


500 Brand Champions

500 Brand Champions
Satu dekade terakhir terjadi perubahan behaviour masyarakat atas akses perolehan informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarak...


Pentingnya Branding di Era Digital

Pentingnya Branding di Era Digital
Trend dunia digital sudah mengubah prilaku konsumen dalam berbelanja. Pola belanja konvensional yang dulu terbangun seperti datang ke toko atau pusat...


Strategi Membangun Citra Brand Pada Media Digital

Strategi Membangun Citra Brand Pada Media Digital
Menurut survey yang dilakukan oleh “We Are Social” bekerjasama dengan Hootsuite, terhitung Januari 2018 pengguna internet di Indonesia men...