Senin, 21 Juni 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

5A, Tahap Konsumen Memilih Brand di Era Digital

Posted by: 28-05-2021 11:15 WIB 474 viewer

5A, Tahap Konsumen Memilih Brand di Era Digital
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia dan Pakar dan Peneliti Brand Indonesia.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Era digital telah mendisrupsi bagaimana membangun brand equity. Brand awareness sebagai salah satu elemen penting dari sebuah brand dapat dilakukan dengan proses yang lebih cepat melalui platform digital. Dengan kondisi tersebut, sebuah brand yang sudah cukup dikenal selama puluhan tahun di ranah offline, barangkali menjadi brand yang tidak dikenal di ranah online, atau setidaknya kalah bersaing dengan brand-brand baru namun lebih dulu eksis di ranah digital.

Karena itu penting bagi sebuah brand untuk hadir secara online dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia, mulai dari website, marketplace, bahkan media sosial untuk mempertahankan brand yang sudah dikenal oleh masyarakat. Hadirnya platform e-commerce atau marketplace pun menjadi channel yang tidak boleh dilewatkan. Berbagai fitur yang disajikan, seperti pencarian, pemberian rating dan review, memberikan nilai yang sangat penting bagi sebuah brand.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengungkapkan, branding di era digital sudah tidak terelakkan lagi, terlebih di masa pandemi covid-19, karena semua orang cenderung mengakses internet dan berbelanja melalui marketplace. Kondisi itulah yang kini mendasari konsumen untuk menilai sebuah brand untuk menjadi pilihan konsumen.

Tri Raharjo yang juga dikenal sebagai Pakar dan Peneliti Brand ini menjelaskan, aktifitas branding sangat penting untuk meningkatkan nilai dari sebuah merek. Sementara branding di era digital kini telah mengalami disrupsi, karena pengguna internet di Indonesia sudah menyentuh 70% lebih dari penduduk Indonesia.

“Di internet, dalam 60 detik saat ini terjadi 4,1 juta pencarian, 4,7 juta orang melihat video, 1,4 juta melihat facebook, 695 ribu melihat instagram, US$1,6 juta transaksi belanja online, dan masih banyak aktivitas di internet lainnya. Ini sangat menarik,” ungkap Tri mengutip Data What Happens In An Internet 60 Seconds 2021.

Lebih lanjut Tri menjelaskan, di era digital, perilaku konsumen ketika mencari produk atau brand, adalah, pertama; melakukan penelusuran di mesin pencari atau melakukan marketplace. Penelusuran yang dilakukan alih-alih untuk membeli barang, ketika ingin bertransaksi secara offline, konsumen juga melakukan penelusuran internet untuk mencari referensi produk yang dicari. Sehingga ketika datang ke toko, konsumen telah mendapatkan informasi, dan langsung menuju produk atau brand yang dipilih.

Hal menarik lainnya, tahapan untuk memilih produk atau brand ada 5 A; pertama Awareness, yaitu sejauh mana orang tahu tentang brand, yang didapatkan melalui media sosial, media masa, iklan maupun mesin pencari. Kedua, Appeal, atau tertarik yang kemudian seorang konsumen mencari berbagai referensi akan sebuah produk. Ketiga, Ask atau bertanya, untuk memenuhi hal ini beberapa perusahaan saat ini berinovasi mengembangkan Chatbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan calon.

“Keempat, Action atau melakukan pembelian. Dan terakhir, advocate dengan memberikan rating dan review terhadap produk atau brand yang dibelinya,” urai Tri yang dikenal sebagai Pakar dan Peneliti Brand di Indonesia ini.

Karena itu, lanjut Tri, brand awareness penting bagi sebuah brand atau produk. Karena setiap konsumen akan mengawali pengalamannya dengan sebuah produk dengan mengenalnya, dengan melakukan penelusuran. Selanjutnya baru mempertimbangkan antara brand yang satu dengan yang lain, dengan membandingkan dari sisi harga, fitur, benefit dan kualitas.

Di sini, review dan rating menjadi hal yang diperhatikan oleh konsumen sebelum menentukan pilihan. Baru setelah itu konsumen melakukan pembelian. Setelah itu konsumen juga melakukan review, yang menentukan apakah akan membeli lagi atau tidak untuk sebuah brand,” tutup Tri.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Mie Instan Jadi Makanan Paling Dicari di Kala Pandemi

Mie Instan Jadi Makanan Paling Dicari di Kala Pandemi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mie instan, biskuit, kopi instan, deterjen dan penyedap rasa menjadi produk paling dicari oleh konsumen Indonesia selama masa...


Ikuti Google Trends Pengrajin Perak Temukan Desain Baru yang Disukai Konsumen

Ikuti Google Trends Pengrajin Perak Temukan Desain Baru yang Disukai Konsumen
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi COVID-19 telah berlangsung di Indonesia selama lebih dari satu tahun. Tidak hanya menjadi tantangan dalam kesehatan, p...


Kisah Rumah Anggrek Vita Orchids, Sukses Manfaatkan YouTube untuk Dekat dengan Pelanggan

Kisah Rumah Anggrek Vita Orchids, Sukses Manfaatkan YouTube untuk Dekat dengan Pelanggan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi COVID-19 telah berlangsung di Indonesia selama lebih dari satu tahun. Tidak hanya menjadi tantangan dalam kesehatan, p...


Solusi Maskapai Penerbangan Bangkit di Tengah Pandemi  

Solusi Maskapai Penerbangan Bangkit di Tengah Pandemi  
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung satu tahun lebih telah berdampak pada perkembagan bisnis di dunia. Salah satu industri...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS




Index