Senin, 04 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Agar Tak Salah Kaprah, Ini Definisi CSV

Posted by: 1424 viewer

Agar Tak Salah Kaprah, Ini Definisi CSV
Ilustrasi CSV/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Buat para pengusaha yang bergerak di sektor industri, rasa-rasanya istilah Corporate Social Responsibility atau CSR sudah tak asing lagi di telinga. 

Pasalnya, CSR merupakan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat luas, yang memiliki nilai strategis dan dipandang sebagai keunggulan kompetitif perusahaan serta dapat menumbuhkan nilai kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. 

Definisi ulang istilah CSR dipandang perlu dilakukan lantaran tanggung jawab sosial bukan hanya kewajiban bagi perusahaan, tetapi juga bagi semua pihak. Oleh karena itu, maka perlu diciptakan manfaat bersama atau Creating Shared Value (CSV), sehingga tanggung jawab bersama dapat terbentuk.

IKLAN INFOBRAND.ID

Seperti dikutip impactive.id, Kamis (16/9/2021), CSV merupakan pengembangan dari konsep tanggung jawab sosial perusahaan, artinya sebuah konsep dalam strategi bisnis yang lebih mengedepankan masalah dan kebutuhan sosial dalam perencanaan strategi perusahaan.

Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Michael Porter dan Mark Kramer pada 2006 dalam artikelny Harvard Business Riview. Dalam tulisan tersebut, Porter mengkritik, selama ini bisnis dan kesejahteraan sosial selalu ditempatkan berseberangan. 

Pebisnis rela mengorbankan kesejahteraan sosial demi keuntungan semata. Maka sudah sepantasnya perusahaan lebih menerapkan CSV dibanding CSR. Dengan kata lain, CSV merupakan transformasi atau pengembangan dari CSR. 
 
Konsep CSV menawarkan kerangka holistik untuk menyatukan sebagian besar perdebatan atas CSR, strategi non pasar, kewirausahaan sosial dan inovasi sosial. 

Sehingga, CSV menjadi strategi penting dalam bisnis untuk mendapatkan keuntungan kompetitif melalui kegiatan masyarakat yang dapat menciptakan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.

Kelebihan pengembangan konsep ini adalah menjadikan tantangan sosial sebagai jantung strategi serta peluang bisnis dengan menciptakan nilai bagi masyarakat. Tak hanya itu, CSV membuka banyak cara untuk melayani kebutuhan baru, mendapatkan efisiensi, menciptakan diferensiasi dan memperluas pasar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Konsep ini dapat mengonversi isu sosial dan lingkungan menjadi peluang besar pertumbuhan bisnis dan mencapai daya saing jangka panjang. 

Perusahaan harus mengintegrasikan perspektif sosial ke dalam kerangka kerja yang kompetitif dalam mengembangkan strategi bisnis, seperti tantangan globalisasi, lingkungan, dan perubahan sosial merupakan peluang untuk menciptakan inovasi.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


BRI Insurance Salurkan Bantuan Gizi Anak di Cianjur

BRI Insurance Salurkan Bantuan Gizi Anak di Cianjur
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance menyalurkan bantuan asupan gizi dan dukungan belajar kepada tiga yayasan di Cianj...


Gandeng Pemkab Gresik, SIG Siap Kelola Bahan Bakar Alternatif Sampah

Gandeng Pemkab Gresik, SIG Siap Kelola Bahan Bakar Alternatif Sampah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Jawa Timur, menandatangani Kesepakatan Bersam...


PT Bukit Asam Bangun Irigasi Dilengkapi PLTS di Muara Enim

PT Bukit Asam Bangun Irigasi Dilengkapi PLTS di Muara Enim
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membangun irigasi sawah yang dilengkapi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Muara Enim, Su...


Melalui Pendampingan dan Pembinaan, SIG Konsisten Dorong Kinerja UMKM

Melalui Pendampingan dan Pembinaan, SIG Konsisten Dorong Kinerja UMKM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Rumah BUMN PT Semen Indonesia Tbk (SIG) di Rembang, Jawa Tengah, yang dikelola oleh PT Semen Gresik, terus mendorong kinerja u...