Jum'at, 24 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

AISMOLI: Investor Asing Sangat Tertarik Pasar Motor Listrik RI

Posted by: 254 viewer

AISMOLI: Investor Asing Sangat Tertarik Pasar Motor Listrik RI
Ilustrasi motor listrik/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Ketua Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI), Budi Setyadi mengungkapkan pasar Indonesia begitu menarik untuk investor asing, utamanya bagi perusahaan sepeda motor listrik.

Menurut dia, saat ini produk-produk atau motor-motor yang nomor satu di China, yang bagus untuk motor listrik sudah mulai berinvestasi di Indonesia.

"Dalam sebulan ada tiga pabrikan sepeda motor listrik yang melakukan investasi dan membangun pabrik di dalam negeri, di antaranya PT Roda Pasifik Mandiri (RPM) di Semarang, PT Sunra Asia Pasific Hi-Tech di Kendal, dan yang terbaru PT Yadea Teknologi Indonesia di Karawang," kata dia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pabrik Yadea di Karawang tersebut akan menjadi pabrik ke delapan Yadea di seluruh dunia, dan akan menjadi pabrik terbesar merek tersebut di Asia Tenggara yang diagendakan akan mulai beroperasi pada tahun 2026.

Basis manufaktur akan berdiri di atas lahan seluas 27 hektare, dengan proyeksi kapasitas produksi tahunan sebesar tiga juta unit kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Total investasi yang diperkirakan untuk fasilitas di Indonesia dari tahun 2024 hingga 2028 adalah sebesar 150 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp2,4 triliun (dengan kurs saat ini).

Dia menambahkan, tidak hanya Yadea, namun terdapat pula merek roda rua listrik besar di China yang berniat berinvestasi di Indonesia dalam waktu dekat, yakni AIMA.

"Ke depan kami melihat Indonesia akan lebih baik untuk motor listrik. Nanti akan ada satu lagi (perusahaan) yang besar mau investasi masuk Indonesia, AIMA rencananya, itu besar juga di China,” ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Budi lagi, investasi sepeda motor listrik di Tanah Air yang berdatangan merupakan buah dari kebijakan pemerintah yang mendukung perkembangan pasar kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV).

Kebijakan tersebut diantaranya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) dan Instruksi Presiden No 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Pemerintah.

“Kami melihat ini suatu hal yang positif, bagaimana investasi terus mengalir ke Indonesia, dan membantu pemerintah menuju net zero emission 2060, tentunya ini jadi hal yang positif,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


OPPO Luncurkan Ponsel Standar Militer

OPPO Luncurkan Ponsel Standar Militer
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Oppo akhirnya secara resmi menghadirkan ponsel pintar dengan ketahanan berstandar militer yakni Oppo A60 untuk pembelian secar...


POLYTRON Buka Showroom EV Kedua di Bali

POLYTRON Buka Showroom EV Kedua di Bali
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kabar gembira bagi penggemar motor listrik POLYTRON di Bali! Baru-baru ini, merek motor listrik POLYTRON, membuka lagi showroo...


FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera dan Dua Lensa Baru, Apa Kehebatannya?

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera dan Dua Lensa Baru, Apa Kehebatannya?
INFOBRAND.ID, JAKARTA - FUJIFILM Indonesia meluncurkan dua kamera digital mirrorless dan dua lensa terbaru ke pasar Indonesia yang disebut untuk melen...


Dalam Setahun, KTB Mampu Lego 29.276 Kendaraan

Dalam Setahun, KTB Mampu Lego 29.276 Kendaraan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membukukan penjualan 29.276 unit kendaraan dan meraih 39,2 persen pangsa pasar dalam...