Kamis, 13 Desember 2018

infobrand




Aktualisasi “NATION BRANDING” Di Asian Games 2018

Posted by: 20-08-2018 10:19 WIB 2530 viewer

Aktualisasi “NATION BRANDING” Di Asian Games 2018
Ahmad Fairu Zabadi,S.Ikom,MM,AMIPR,CPM (Asia)

Ada pepatah yang mengatakan bahwa hidup di surga itu seperti memiliki mobil buatan jerman, bergaji standar Amerika, menikmati makanan China, dan memiliki pasangan hidup dari Indonesia. Pepatah tersebut tidak berlebihan, karena semua berasal dari satu hal, yaitu Nation Branding. Jerman unggul dalam bidang otomotif dengan BMW dan Mercedez-nya, Amerika unggul dengan standar gaji yang tinggi, China terkenal dengan masakannya yang enak dan sehat, dan Indonesia dipuji karena keramah-tamahannya penduduknya. Itulah representatif dari Nation Branding.

Nation Branding pun bukanlah hal baru. Setelah 1945, runtuhnya kerajaan kolonial besar Eropa menciptakan gelombang baru bangsa. Banyak negara melakukan reBranding. Ceylon menjadi Sri Lanka, Gold Coast menjadi Ghana, Rhodesia Selatan menjadi Zimbabwe. Negara kita pun melakukan reBranding, Hindia Belanda berubah menjadi Indonesia. Ibukotanya Batavia berganti nama menjadi Jakarta.

Berbicara tentang Nation Branding, mari kita selaraskan dengan event besar Asian Games 2018. Semarak Asian Games ke-18 sudah tersebar ke seluruh penjuru Nusantara. Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games untuk kedua kalinya setelah Asian Games ke-4 yang diadakan di Jakarta pada tahun 1962 silam. Event berskala regional Asia ini akan diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018 di dua kota Besar, Yaitu Jakarta dan Palembang, serta 2 kota pendukung yang tersebar di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC), Erick Thohir menyatakan bahwa jumlah atlet yang akan berpartisipasi dalam Asian Games 2018 mencapai 11.000 orang. Jika ditambah dengan ofisial, jumlah tersebut bisa mencapai total sekitar 16 ribu orang. jelas event ini merupakan peluang yang sangat potensial untuk melakukan Nation Branding dan kampanye pemasaran.

Dari sisi Branding yang dilakukan sudah mumpuni baik dari segi simbol, slogan, dan konten. INASGOC menturutserkan penyanyi untuk berbagai kalangan. Francis Wanandi, Deputy II INASGOC, menjelaskan ada 13 lagu dalam album Energy of Asia. Lagu-lagu itu dibawakan oleh 12 penyanyi dan 1 lagu kolaborasi 18 penyanyi. Jika kita berhasil menjadi tuan rumah yang baik, Kesuksesan akan berdampak terhadap semua hal yang berkaitan dengan Indonesia. Sinergi koordinasi antara pemerintah dan promosi industri pariwisata sangat penting untuk memproyeksikan program secara nasional dan regional (Jakarta & Palembang) yang dapat mengontekstualisasikan serta menekankan kualitas dan diferensiasi yang kita miliki.

Setelah mengeksplorasi beberapa pesan pemasaran Asian Games 2018, saya menyimpulkan bahwa pesan yang ingin disampaikan adalah Indonesia sebuah negara yang kaya akan budaya, keindahan alam, keramah-tamahan, dan persatuan dalam perbedaan. Ya, jika merujuk pada analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), kekuatan Indonesia ada di 4 komponen tersebut. Memang kita harus jeli melihat keunggulan yang kompetitif. Seperti hal-nya Singapura, mereka tidak memiliki sumber daya alam, dan ukuran fisiknya hanya sekitar 680 kilometer persegi, namun Pariwisata merupakan salah satu penghasil devisa terbesar negara itu. Mereka sadar bahwa kekuatan mereka ada di sektor investasi.

Terlepas dari Nation Branding, event ini pun sangat potensial untuk meningkatkan Brand suatu produk. Terlihat dari beberapa Brand besar sudah melakukan kampanye dengan menjadi sponsor resmi dan mengkampanyekan kegiatan untuk mensupport Asian Games ini. Danone melalui produk Aqua meluncurkan enam kemasan dengan tema khusus Asian Games. Samsung, selain mengirimkan Duta Samsung untuk turut membawa Obor Asian games di beberapa kota, juga membuat commercial video berjudul Capture The Energy of Asian Games 2018 with Galaxy Team. Grab Indonesia menjadi official mobile platform partner untuk transportasi dan pengantaran makanan Asian Games 2018, Grab akan melayani kebutuhan transportasi lebih dari 15.000 atlet, anggota kontingen, dan ratusan ribu pengunjung termasuk turis baik lokal maupun mancanegara di Jakarta dan Palembang. Dengan menjadi Sponsor, maka Brand akan memiliki kesempatan tampil di ajang bergengsi ini. Brand yang tidak berpartisipasi menjadi sponsor pun harus berhati-hati agar tidak terjerumus dalam Ambush Marketing, yaitu sebuah perusahaan atau produk berusaha untuk mengasosiasikan dirinya dengan peristiwa olahraga atau atlet terkenal tanpa menjadi sponsor resmi.

Strategi pemilihan media dalam kampanye Nation Branding pun harus berubah di zaman digitalisasi ini. Jika dahulu Nation Branding masih mengandalkan media cetak seperti brosur, billboard, dan sebagainya. Sekarang pemilihan media kampanye harus lebih ditekankan ke media Digital seperti SEO, SEM, atau fasilitas iklan berbayar yang ditawarkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Waze, dan sebagainya.

Selandia Baru sukses melakukan gebrakkan Nation Branding berkat film Lord of the Ring, Kolombia sukses memasarkan merek kopinya “The Café de Colombia” dengan menjadi sponsor pada turnamen tenis AS Terbuka di Flushing Meadows tahun 1995 selama 2 minggu penuh. Australia berhasil menghasilkan miliaran pendapatan devisa tambahan berkat Olimpiade Sydney 2000. Dan kini, Indonesia siap bertambah sukses dengan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Ahmad Fairu Zabadi,S.Ikom,MM,AMIPR,CPM (Asia)

Brand & Marketing Practitioners


Nation Branding Branding

Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan

Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan
Banyak pembelajaran menarik bisa dipetik saat mengamati berbagai bisnis. Kali ini kita bahsa aspek yang dikaitkan dengan preferensi konsumen.  Me...


Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???

Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???
Kalimat diatas seringkali kita dengar dari beberapa orang terhadap barang yang sangat mahal. Tentunya akan lebih berbahaya jika diucapkan bagi tenaga...


Sedikit Lebih Baik

Sedikit Lebih Baik
Jika seekor kuda mengikuti lomba balap kuda dan menang dengan perbedaan jarak hanya sehidung dari kuda lawannya, kuda tersebut memenangkan 10 kali lip...


Asian Games 2018 & Nation Branding! It’s The Time To Build Indonesia Brand

Asian Games 2018 & Nation Branding! It’s The Time To Build Indonesia Brand
Pagelaran akbar olahraga Asian Games 2018 secara resmi telah ditutup. Dari perolehan medali, Indonesia mengukir sejarah yang membanggakan dengan mendu...


Sisi Manajemen Pemasaran Dari Event Akbar Idul Adha

Sisi Manajemen Pemasaran Dari Event Akbar Idul Adha
Bagi yang beragama Islam, kisah bagaimana Nabi Ibrahim as dan putra beliau, Nabi Ismail as telah banyak diperdengarkan dalam khutbah hari raya Idul Ad...


CEO Alvara Research: Milennial Indonesia Tidak Boleh Hanya Jadi Obyek, Milennial Harus Jadi Subyek

CEO Alvara Research: Milennial Indonesia Tidak Boleh Hanya Jadi Obyek, Milennial Harus Jadi Subyek
Keluarkan sebuah karya buku yang berjudul Millennial Nusantara, Hasanuddin Ali selaku penulis dan CEO and Founder Alvara Research Center pun juga kelu...


Serial Leadership! Anak Muda Memimpin Orang Tua, Sulitkah?

Serial Leadership! Anak Muda Memimpin Orang Tua, Sulitkah?
Ditugaskan menjadi pemimpin sebuah unit yang "penghuninya" orang-orang yang (jauh) lebih tua dari kita. Bagaimana ya? Saya tidak alami ha...


Aktualisasi “NATION BRANDING” Di Asian Games 2018

Aktualisasi “NATION BRANDING” Di Asian Games 2018
Ada pepatah yang mengatakan bahwa hidup di surga itu seperti memiliki mobil buatan jerman, bergaji standar Amerika, menikmati makanan China, dan memil...


Low Cost Carrier Terminal (LCCT)

Low Cost Carrier Terminal (LCCT)
Kalau ditanya apakah Indonesia bisa menjadi destinasi pariwisata kelas dunia? Jawabannya dengan tegas adalah bisa. Dari rumus 3A (Atraksi, Akses, Amen...


Tips Memilih Kalkulator Yang Baik

Tips Memilih Kalkulator Yang Baik
Saat ini berhitung dengan menggunakan alat hitung digital atau yang lebih akrab disapa dengan Kalkulator sudah menjadi kebiasaan konsumen di Indonesia...


Marketing Iblis: Belajar Pemasaran Dari Dunia Lain

Marketing Iblis: Belajar Pemasaran Dari Dunia Lain
Selama ini, mungkin kita menganggap bahwa manajemen pemasaran hanya dilakukan oleh manusia saja dan salah satu tokohnya yang terkenal di dunia adalah...


Persiapan Peluncuran Satelit Merah Putih

Persiapan Peluncuran Satelit Merah Putih
Hari H peluncuran Satelit Merah Putih sudah semakin dekat. Direncanakan tanggal 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu Florida atau pukul 12.18 WIB tepat ak...


Pentingnya Marketing Bagi Bisnis Untuk Eksis Dan Maju

Pentingnya Marketing Bagi Bisnis Untuk Eksis Dan Maju
Sepanjang tahun 2017, berita tentang perusahaan tutup menjadi topic aktual yang menarik dibicarakan, walau sebelumnya cukup banyak usaha yang tutup, h...


Sign In
VIP Members

OPINIONS







Index