JAKARTA, INFOBRAND.ID - Memiliki 15 ribu lebih gerai di seluruh Indonesia membuatnya menjadi jaringan minimarket terluas di Indonesia. Tidak cukup sampai di situ, untuk menjangkau semakin banyak masyarakat, perusahaan yang mengawali bisnisnya pada tahun 1989 ini kini telah memiliki aplikasi canggih, yang dapat diakses kapanpun di manapun. Tidak hanya menjadi sarana belanja secara daring, aplikasi yang dihadirkan juga menjadi platform loyalty program yang menghadirkan berbagai promo yang dapat dinikmati setiap saat.
Kehadirannya pun disambut baik masyarakat, dibuktikan dengan lebih dari 5 juta kali unduhan aplikasi mbile, dan mendapatkan 105 ribu lebih ulasan pengguna dengan rating rata-rata yang diberikan 3,6.
Berkat pencapaiannya tersebut, Alfagift berhasil meraih penghargaan Top Mobile Application Award 2021 untuk kategori Aplikasi Layanan Minimarket yang diselenggarakan oleh TRAS N CO Indonesia dan infobrand.id pada (9/12) kemarin secara virtual, ceremony yang berlangsung turut dihadiri oleh Chandra Hermawan, selaku IT, HCGA & TAF Director Alfagift. Dalam pemaparannya Ia mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan dan dipercaya sebagai aplikasi layanan minimarket oleh seluruh membership Alfagift.
Ia menambahkan “Aplikasi Alfagift berawal dari Loyalty Program dari Alfamart, di 2 tahun terakhir ini kami bertransformasi sesuai dengan kebiasaan baru masyarakat di era new normal. Oleh karena itu kami mengubah Alfagift ini sebagai aplikasi transaksional. Pencapaian ini tentunya merupakan satu penghargaan yang berarti bagi kami dan membanggakan dengan hasil yang memuaskan selama 2 tahun terakhir.”
Selanjutnya, Tri Raharjo, selaku CEO TRAS N CO Indonesia juga turut mengucapkan selamat kepada Alfagift. “Selamat kami ucapkan kepada brand Alfagift, telah meraih penghargaan TOP Mobile Application Award 2021. Alfagift sendiri hadir tidak hanya sebagai sarana belanja secara daring, aplikasi yang dihadirkan juga menjadi platform loyalty program yang menghadirkan berbagai promo yang dapat dinikmati setiap saat. Popularitas aplikasinya dibuktikan dengan unduhan sebanyak 5 juta kali di playstore, dan mendapatkan 105 review dengan rating 3,6 sehingga banyak masyarakat yang terbantu dengan hadirnya aplikasi ini.”
Tri menambahkan penghargaan Top Mobile Application Award 2021 merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada brand-brand di Indonesia atas prestasi dalam menciptakan dan mengembangkan mobile application yang dipilih dan mendapat rating terbaik oleh penggunanya sehingga unggul dibandingkan kompetitornya.
Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND Group juga mengungkapkan, Top Mobile Application Award 2021 juga menjadi bukti keberhasilan perusahaan dan brand dalam menciptakan saluran pemasaran langsung kepada konsumen dan keberhasilan meningkatkan keterlibatan konsumennya.
“Karena itu, penghargaan ini menjadi bukti bahwa perusahaan menempatkan kepuasan konsumen sebagai prioritas utama perusahaan,” ujarnya.
Tidak hanya itu, imbuh Susilowati Ningsih, melalui penghargaan ini perusahaan atau brand juga dapat membangun positioning perusahaan dalam persaingan di era digital. Kemudian sebagai apresiasi perusahaan terhadap konsumen yang telah merasakan manfaat dan nilai lebih yang ditawarkan melalui mobile apps. Dan terakhir sebagai apresiasi kepada perusahaan yang berhasil menumbuhkan dan meningkatkan loyalitas serta engagement kepada konsumennya.
Riset TOP Mobile Application Award 2021 dilakukan TRAS N CO Indonesia pada bulan Agustus – Oktober 2021 dengan melibatkan 100 kategori aplikasi dan lebih dari 1.000-an aplikasi terriset. Menggunakan 3 parameter penilaian; Installed Based, Rating Application Based, dan User Experiences Based.
Lebih lanjut Tri Raharjo mengungkapkan, dari riset yang dilakukan di toko aplikasi sistem operasi Android (playstore), teriset 1000 lebih aplikasi dari 100 kategori. Dari aplikasi teriset, tercatat ada 53 miliar unduhan, 1,16 miliar ulasan pengguna, dengan rating rata-rata 4,0.