Posted by: Agus Aryanto 20-09-2022 18:36 WIB 1057 viewer
INFOBRAND.ID - Kolaborasi juga dilakukan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau dikenal dengan brand Alfamart. Perusahaan jaringan minimarket yang kini memiliki 17.800 jaringan ini bekerjasama dengan PT Bank Aladin Syariah Tbk atau Bank Aladin, guna meluncurkan fitur tarik dan setor tunai (Tarsetun).
Marketing Director Alfamart, Ryan Alfons Kaloh mengatakan, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk mengungkapkan, ada beberapa alasan utama Alfamart bisa berkolaborasi dengan bank Aladin. Pertama, potensi market, yang mana sekitar 77% dari masyarakan yang masih unbankable yang perlu kita garap secara maksimal.
“Kedua, adanya kesamaan segmen dan tujuan," katanya dalam Indonesia Brand Forum (IBF) 2022, Jakarta, Senin (19/9/2022).
Alfamart sendiri merupakan salah satu penguasa jaringan ritel nasional, sementara Bank Aladin merupakan bank syariah yang berplatform digital. Melalui lebih dari 17 ribu jaringan ekosistem Alfamart, masyarakat memiliki akses ke layanan perbankan syariah dengan mudah.
Fitur terbaru ini juga memungkinkan nasabah melakukan transaksi penarikan maupun penyetoran uang tunai, baik dari dan ke rekening Aladin Bank tanpa menggunakan kartu debit. Alfamart berkolaborasi dengan Bank Aladin untuk mendorong inklusi keuangan dan memperkuat eksosistem bisnisnya.
IBF 2022 kali ini mengusung topik “Brand Collab Champion - Winning Thru Coopetition Not Competition”, yang diselenggarakan hybrid (Online dan Offline) pada 19-20 September 2022. Dalam kondisi seperti ini, strategi yang ampuh untuk memenangkan pasar bukan lagi berkompetisi, melainkan koopetisi, alias berkolaborasi.
“Kolaborasi akan menghasilkan win-win solution bagi semua pihak. Justru kalau nggak kolab, bakal kolaps,” ujar Yuswohady, Founding Chairman IBF.