Jum'at, 18 April 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Alfamart Group Ambil Alih Lawson, Fokus pada Pertumbuhan Bisnis Siap Saji

Posted by: Alvin Pratama | 10-04-2025 09:19 WIB | 375 views

Alfamart Group Ambil Alih Lawson, Fokus pada Pertumbuhan Bisnis Siap Saji Gerai Alfamart

INFOBRAND.ID-Di tengah ketatnya persaingan ritel modern dan tren konsumen yang semakin mengarah pada kepraktisan, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), pemilik jaringan ritel Alfamart, kembali mempertegas langkah strategisnya. Kali ini, melalui langkah akuisisi yang penuh perhitungan.

Pada 8 April 2025, AMRT resmi meneken perjanjian jual beli saham bersyarat untuk mengambil alih 1,48 miliar lembar saham PT Lancar Wiguna Sejahtera (LWS), entitas yang menaungi jaringan ritel Lawson di Indonesia. Transaksi tersebut dilakukan dengan harga Rp135 per saham, sehingga total nilai akuisisi mencapai Rp200,45 miliar.

Lawson sebelumnya dimiliki secara tidak langsung oleh AMRT melalui PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI), yang juga merupakan anak usaha Alfamart Group. Kini, AMRT mengambil langkah untuk mengonsolidasikan kepemilikannya secara penuh.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Transaksi ini diharapkan dapat menciptakan sinergi antarperusahaan secara berkelanjutan di masa yang akan datang,” jelas manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam keterbukaan informasi, Rabu (9/4/2025).

Langkah pengambilalihan ini tidak bisa dilepaskan dari tren yang terus tumbuh di segmen produk makanan siap saji. AMRT menilai, pengembangan lini bisnis ini akan menjadi penggerak penting pertumbuhan pendapatan di masa depan. Selama ini, Lawson memang dikenal kuat di segmen tersebut, menawarkan berbagai pilihan makanan praktis yang digemari pelanggan urban.

Dengan menguasai Lawson sepenuhnya, AMRT bisa lebih leluasa menyelaraskan strategi bisnis dan operasional, serta memperkuat integrasi dengan lini produk internalnya, termasuk merek siap saji Bean Spot yang sedang dikembangkan.

Dengan memiliki kontrol langsung atas Lawson, maka AMRT memiliki lebih banyak kewenangan dalam pengambilan keputusan strategis dan pengawasan operasional lebih efektif.

Langkah ini tampaknya menjadi bagian dari strategi jangka panjang AMRT dalam membangun kelompok usaha ritel yang lebih solid, sinergis, dan terintegrasi, tidak hanya di sisi distribusi ritel konvensional, tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup modern masyarakat yang menuntut kecepatan, kualitas, dan kemudahan dalam konsumsi. 

IKLAN INFOBRAND.ID

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!