Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Allianz Indonesia Gelar Webinar Pengelolaan Keuangan Masyarakat Sadar Asuransi

Posted by: 1482 viewer

Allianz Indonesia Gelar Webinar Pengelolaan Keuangan Masyarakat Sadar Asuransi
Foto Allianz

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Literasi keuangan terus dilakukan oleh seluruh pelaku industri jasa keuangan dan pemerintah untuk mendorong percepatan ekonomi nasional. Namun, literasi keuangan masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLK) yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan Indonesia hanya mencapai 38,03%, di mana responden berdomisili di DKI Jakarta memiliki angka literasi tertinggi dibanding provinsi lainnya pada angka 59,16%.

Mengacu pada tingkat literasi keuangan yang relatif masih rendah, Allianz Indonesia berkomitmen untuk menjalankan program-program edukasi kepada nasabah dan masyarakat umum terkait keuangan dan asuransi. Komitmen ini terwujud pada Webinar Masyarakat Sadar Asuransi (MASARI) bertajuk “Pahami Pentingnya Pengelolaan Keuangan Sejak Dini” yang diselenggarakan Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli secara virtual baru-baru ini.

Sebanyak lebih dari 300 peserta mengikuti webinar yang menanamkan pentingnya prinsip keberlanjutan (sustainability) mulai dari merencanakan keuangan yang baik untuk masa depan keluarga sampai pentingnya kesadaran menjaga lingkungan dengan memilah sampah yang memiliki nilai ekonomis melalui bank sampah.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagian besar peserta merupakan generasi muda dan mahasiswa yang berasal dari Universitas Ngurah Rai, Universitas Mahendradatta, dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Poltik (Stispol) Wira Bhakti. Para mahasiswa ini khusus dijadikan target utama dari edukasi literasi keuangan kali ini, mengingat generasi milenial dan generasi Z merupakan kelompok yang mendominasi pasar Indonesia (lebih dari 60% jumlah populasi ) dan akan menjadi pengambil keputusan terhadap produk finansial yang berpengaruh di masa depan.

“Tingkat literasi keuangan yang relatif rendah menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat  yang belum memahami produk dan layanan jasa keuangan dengan baik, termasuk produk proteksi asuransi. Ketidakpahaman akan pentingnya proteksi asuransi akan merugikan masyarakat itu sendiri.

Sehingga, OJK bersama para pelaku jasa keuangan terus melaksanakan program edukasi demi meningkatkan literasi keuangan secara berkesinambungan, salah satunya seperti yang dilaksanakan pada kesempatan ini bersama Allianz Indonesia,” ujar Yan Jimmy Hendrik Simarmata, Deputi Direktur Pengawasan LJK 2 dan Perizinan, OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara yang hadir untuk membuka webinar.  

Sesi pertama disampaikan oleh Afiffah Rizki, Community Activation Allianz Indonesia yang membahas dasar-dasar pengelolaan keuangan di antaranya tentang pentingnya memiliki tujuan keuangan, rencana pensiun, serta manajemen risiko finansial melalui produk keuangan misalnya asuransi jiwa dan kesehatan.

Sesi kedua membahas peluang karir di industri asuransi yang disampaikan oleh Yeny Dewi K. S.S, AFA, AIAM, Allianz Life Changer untuk memberikan inspirasi bagi para peserta yang ingin memulai usaha dan membangkitkan jiwa entreprenurial sebagai langkah mencapai financial freedom. Peluang menjalankan bisnis sebagai Allianz Life Changer dapat dilakukan oleh anak muda yang tertarik bekerja untuk perusahaan yang menerapkan prinsip keberlanjutan layaknya Allianz.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemudian sesi terakhir disampaikan oleh I Gusti Ketut Wira Widiana, Ketua Bank Sampah Vijasukma Bali yang membahas akan pentingnya kesadaran peduli lingkungan dan pengelolaan sampah melalui bank sampah.

“Indonesia masuk ke dalam 10 negara dengan jumlah sampah terbesar di dunia. Hal ini yang mendorong kami dari Bank Sampah Vijasukma untuk menghadirkan solusi daur ulang dan pemilahan sampah menjadi pundi-pundi rupiah. Dengan pengolahan sampah yang baik dan benar, sampah bisa menjadi berkah dan tidak hanya sebagai masalah,” ujar I Gusti Ketut Wira Widiana, Ketua Bank Sampah Vijasukma Bali.

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bekerja sama dengan Bank Sampah Vijasukma Bali untuk menghadirkan bank sampah di Kantor OJK Regional 8 Bali & Nusa Tenggara. Harapannya, bank sampah ini dapat memotivasi lebih banyak lagi masyarakat untuk peduli lingkungan dengan memilah sampah yang dapat kemudian didaur ulang dan menghasilkan nilai ekonomis.

Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli, menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen Allianz terhadap keberlanjutan yang dilakukan melalui 4 pilar, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan bencana & lingkungan.

“Kami menyambut hangat dukungan dari OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara atas kerja samanya dalam menjalankan kegiatan ini yang termasuk dalam pilar pendidikan dan lingkungan. Dengan melaksanakan webinar ini, kami berharap dapat terus membantu mencerdaskan masyarakat terkait produk dan layanan keuangan termasuk asuransi serta pentingnya melindungi lingkungan dengan mengelola sampah,” ujar Ni Made Daryanti.

IKLAN INFOBRAND.ID

Webinar ini juga menjadi rangkaian acara Global Money Week 2022 dengan tema “Build Your Future, Be Smart about Money” yang turut didukung oleh Allianz Indonesia dalam mengedukasi lebih banyak anak muda dan masyarakat terkait perencanaan serta pengelolaan keuangan untuk masa depan yang berkelanjutan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...