INFOBRAND.ID, JAKARTA – Konsep Creating Shared Value (CSV) telah berkembang menjadi kunci strategis yang tidak hanya menguntungkan perusahaan tetapi juga memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat dan lingkungan.
Berbeda dengan Corporate Social Responsibility (CSR) yang lebih fokus pada tanggung jawab sosial, CSV berfokus pada penciptaan nilai bersama yang mengintegrasikan kepentingan perusahaan dengan kebutuhan masyarakat secara holistik.
Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID. mengungkapkan konsep CSV akan menjadi pendekatan strategis yang dapat menghubungkan inovasi bisnis dengan solusi sosial, yang mampu memberikan dampak positif baik bagi masyarakat, lingkungan dan juga perusahaan.
“Perusahaan-perusahaan saat ini semakin menyadari bahwa untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, mereka harus menciptakan nilai yang tidak hanya menguntungkan bagi Perusahaan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,” kata dia.
Sebagai bentuk apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan CSV, INFOBRAND.ID kembali menggandeng TRAS N CO Indonesia untuk menyelenggarakan Top CSV Award 2024.
Susi menjelaskan, tahun ini adalah tahun ketiga penyelenggaraan TOP CSV Award. Pihaknya bersyukur, perusahan penerima penghargaan TOP CSV AWARD telah memperoleh dampak positif dari pengahrgaan ini, tidak hanya meningkatkan citra perusahaan tetapi juga membantu menarik pelanggan dan investor yang mencari perusahaan dengan tujuan yang selaras dengan nilai-nilai mereka.
“Selain bentuk apresiasi, Perusahaan yang menjalankan program CSV merupakan perusahaan untuk berkontribusi pada pengembangan sosial dan lingkungan, sambil memperkuat daya saing dan meningkatkan loyalitas pelanggan,” kata Susi lagi.
Dengan kata lain, kata Susi lagi, TOP CSV Award merupakan identitas bagi Perusahaan yang berkomitmen mengatasi tantangan-tantangan sosial dan lingkungan dengan tetap memikirkan mengenai pertumbuhan bisnis perusahaan.
“Inisiatif seperti peningkatan akses pendidikan, pengembangan komunitas, dan pelestarian lingkungan adalah contoh bagaimana perusahaan dapat menciptakan dampak positif yang nyata,” ungkapnya lebih jauh.
Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengungkapkan, pihaknya bersama INFOBRAND.ID kembali menggelar proses registrasi serta penilaian penjurian sebagai bentuk dukungan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan dedikasi dalam menciptakan nilai bersama melalui praktik bisnis yang inovatif dan berkelanjutan.
“Top CSV Award 2024 adalah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen terhadap program CSV serta lolos penilaian penjurian yang telah dilakukan dengan mengacu kepada 3 metodologi pendekatan riset, yaitu: CSV Concept Aspect, CSV Impact Aspect dan CSV Branding Aspect,” jelasnya.
Puncak acara Top CSV Award 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 25 September 2024 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan Jakarta. Acara ini juga akan diintegrasikan dengan INFOBRAND FORUM 2024, yang menghadirkan Ibu. Suryani S Motik sebagai narasumber seminar dengan tema "Aligning CSV Strategies with Business Growth and Community Impact".
TRAS N CO Indonesia masih membuka registrasi sekaligus penilaian penjurian program Creating Shared Value melalui tautan berikut ini: https://forms.gle/XH7U7bwDowhEhvWD7 .