Kamis, 22 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Ashmore Jadi Manajer Investasi Pertama yang Melantai di Bursa Saham

Posted by: 2871 viewer

Ashmore Jadi Manajer Investasi Pertama yang Melantai di Bursa Saham
dok. BEI

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk resmi mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui skema penawaran umum perdana saham atau initial public offering/IPO hari ini, Selasa (14/1). Ashmore adalah manajer investasi (MI) murni pertama yang melantai di BEI.

Dengan kode saham AMOR, Ashmore menjadi perusahaan kelima yang mencatatkan sahamnya di BEI sepanjang 2020 dan perusahaan ke-673 yang tercatat di BEI. Ashmore menawarkan 111,11 juta saham atau setara 10% saham dengan harga penawaran Rp1.900 per saham. Dalam gelaran IPO ini, perseroan meraup dana Rp211,11 miliar.

Pada perdagangan perdana, saham AMOR langsung melesat 50% ke level Rp2.850 per saham. AMOR ditransaksikan sebanyak 123 kali dengan volume 871 ribu lot saham. Nilai kapitalisasi pasar AMOR mencapai Rp 3,17 triliun. Saham AMOR pun langsung menduduki posisi top gainers saham untuk saat ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Direktur Perusahaan Arief Cahyadi Wana mengatakan aksi pencatatan saham ini merupakan batu loncatan (milestone) perusahaan untuk lebih berkembang. Dana segar dari aksi ini akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur teknologi informasi (TI) dan memperkuat sumber pendanaan untuk membentuk produk baru.
 
“Masih banyak capaian prestasi dari perusahaan kami. Dengan pencatatan ini milestone untuk berkembang lebih jauh lagi di masa depan,” kata Arief, di Gedung BEI Jakarta pada wartawan.

Adapun susunan kepemilikan saham AMOR setelah resmi melantai di pasar modal yakni 60% dimiliki oleh Ashmore Investment Management, sebanyak 12,9% dikuasai oleh PT Adiraksa Sarana, manajemen Ashmore yang terdiri dari Ir. Ronaldus Gandahusada 6,30%, Arief Cahyadi Wana 5,40%, dan FX Eddy Hartanto 5,40%, dan sisanya sebanyak 10% dimiliki oleh publik.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Pokemon

Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Pokemon
INFOBRAND.ID - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, secara resmi mengumumkan peluncuran livery terbarunya yakni kartun Pokemon yang lucu pa...


Lindungi Pengguna, WhatsApp akan Batasi Screenshot Foto Profil

Lindungi Pengguna, WhatsApp akan Batasi Screenshot Foto Profil
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Aplikasi pesan instan, WhatsApp, tengah melakukan pengetesan untuk pembatasan tangkapan layar atau screenshot pada foto profil...


Garuda Indonesia Laksanakan CNY Sales Blitz di Kuala Lumpur

Garuda Indonesia Laksanakan CNY Sales Blitz di Kuala Lumpur
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Maskapai nasional Garuda Indonesia menggelar "Chinese New Year (CNY) Sales Blitz 2024" selama empat hari sejak 19 Fe...


Analisis Ekonomi: Tahan BI-Rate di level 6% dapat Menekan Inflasi jelang Ramadhan

Analisis Ekonomi: Tahan BI-Rate di level 6% dapat Menekan Inflasi jelang Ramadhan
INFOBRAND.ID - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 20-21 Februari 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI-Rate sebesar 6,00%, suku bunga De...