Kamis, 12 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Astra Financial Dukung Peningkatan Literasi Keuangan di GIIAS 2024 Melalui Media Trivia 

Posted by: 1355 viewer

Astra Financial Dukung Peningkatan Literasi Keuangan di GIIAS 2024 Melalui Media Trivia 
Sesi foto bersama para peserta Media Trivia yang dilaksanakan di Main Booth Astra Financial Hall 7 ICE BSD GIIAS 2024 pada Sabtu (20/07).

INFOBRAND.ID - Masih dalam rangkaian kegiatan GIIAS Jakarta,  Astra Financial mengajak insan jurnalis dalam agenda bertajuk Media Trivia dalam upaya mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 20 Juli 2024 di Main Booth Astra Financial, Hall 7 ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten. 

Media Trivia adalah kompetisi untuk mengadu pengetahuan seputar finansial bagi para jurnalis, di mana para peserta berkompetisi dalam berbagai tantangan games yang dirancang untuk menguji pemahaman mereka tentang konsep-konsep finansial, asuransi dan digitalisasi keuangan. Keikutsertaan jurnalis dalam Media Trivia tidak hanya menjadi bentuk kolaborasi dengan media, tetapi juga berperan penting sebagai agen penyebarluasan informasi, sehingga pengetahuan finansial dapat menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan program yang digaungkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dengan peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia. Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 49,68% dari target 65% di tahun 2027. Hal ini berarti masih banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam pengetahuan dan pemahaman mengenai produk dan layanan jasa keuangan. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang terjebak dalam berbagai masalah keuangan.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Selain untuk meningkatkan kolaborasi dengan jurnalis, melalui kegiatan ini, kami berupaya ikut mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia, salah satunya melalui kalangan pekerja media. Kegiatan ini juga sejalan dengan program yang digaungkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti yang diungkapan oleh Komisioner OJK, Agusman saat peresmian booth Rabu lalu,” ungkap Yulian Warman selaku Co-Project Director Astra Financial GIIAS 2024, dalam keterangan media, 

Suasana kompetisi yang diikuti oleh lebih dari 15 jurnalis ini begitu kompetitif dengan saling adu kecepatan dan pengetahuan dalam menjawab setiap soal yang diberikan. Tidak hanya memperebutkan hadiah menarik, para peserta juga memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan dan berinteraksi dengan sesama profesional media serta perwakilan Astra Financial yang turut hadir.

Salah satu peserta Lidya, jurnalis JKTOne.com mengatakan, “Ini media trivia-nya seru sekali. Kebetulan saya juga menjadi salah satu pengguna produk-produk keuangan, jadi kurang lebih familiar dengan istilah-istilah financial. Tapi ternyata banyak juga pengetahuan financial yang saya belum tahu,” ujarnya seraya tertawa. 

Iwan Sagi, salah satu peserta jurnalis lainnya yang mengikuti Media Trivia ini menyampaikan “Saya sangat antusias mengikuti kompetisi ini, karena selain menjadi wadah interaksi dengan jurnalis lainnya, acara ini juga menjadi refreshment bagi kami untuk mengingat kembali materi maupun istilah-istilah di dunia keuangan. Seperti salah satu pertanyaan kuis yang cukup simpel tapi ternyata tidak banyak orang tau, yaitu kepanjangan TLO ternyata Total Loss Only.

Selain itu, peserta lainnya Reza Agis. menambahkan “Acaranya seru banget, hadiahnya menarik, apalagi pertanyaan yang dilempar juga dasar-dasar semua jadi peserta saling rebutan. Contohnya, istilah untuk periode waktu tertentu di mana pembayaran pinjaman harus dilakukan, yaitu tenor. Ini yang bikin para peserta maupun penonton makin antusias menonton Media Trivia. Semoga tahun depan acara ini semakin meriah lagi.” 

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya, Astra Financial tidak hanya fokus pada aspek bisnis, tetapi juga berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang literasi keuangan. Acara Media Trivia ini menjadi wujud nyata dari komitmen Astra Financial, di mana melalui pendekatan yang menarik dan edukatif, Astra Financial berharap dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak di kalangan masyarakat luas.

Co-Leader Communication & Environmental, Social, dan Governance (ESG) Astra Financial GIIAS 2024, Laurentius Iwan Pranoto mengatakan "Astra Financial berkomitmen untuk mendukung peningkatan literasi keuangan di kalangan masyarakat dan juga para jurnalis yang berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Melalui Media Trivia, kami ingin menciptakan suasana yang mengedukasi namun juga menghibur." 
 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta

FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta
INFOBRAND.ID - Memasuki hari keempat, pameran tanaman hias Floriculture Indonesia International (FLOII) Expo 2024 semakin meriah dan dipadati pengunju...


RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun

RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun
INFOBRAND.ID-Pelemahan daya beli masyarakat saat ini berimbas pada berbagai industri di Indonesia, termasuk industri pariwisata. RedDoorz, platform te...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif

INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif
INFOBRAND.ID - Dalam perjalanan waktu, hanya sedikit merek yang mampu bertahan dan terus berkembang, melintasi dekade demi dekade. Merek-merek ini tid...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 

INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 
INFOBRAND.ID - Customer satisfaction, atau kepuasan pelanggan menjadi prasarat agar produk atau layanan dari sebuah brand dipilih kembali, atau bahkan...