Jum'at, 19 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Astragraphia ubah Kegiatan Pemasaran dari Konvensional ke Digital Marketing

Posted by: 944 viewer

Astragraphia ubah Kegiatan Pemasaran dari Konvensional ke Digital Marketing
astragraphia-tbk

INFOBRAND.ID-Pandemi Covid-19 mendorong PT Astragraphia Tbk. mengubah kegiatan pemasaran, dari yang bersifat konvensional ke digital marketing untuk mendapatkan potential customer. Meski demikian, anak usaha Grup Astra yang berfokus pada ruang lingkup bisnis printinganddigital services untuk segmen B2B ini sebelumnya telah menganalisis situasi internal untuk mengetahui tantangan yang dihadapinya.

“Perusahaan memiliki aset teknologi digital, tetapi aset yang dimiliki belum dapat menunjang jalannya aktivasi digital marketing dan optimalisasi telemarketing,” kata Putra Pratama, Social Media Marketing Specialist - Corporate Communication Astragraphia.

Tantangan tersebut, dia menjelaskan, antara lain tidak adanya person in charge (PIC) yang dedicated untuk menangani permintaan yang masuk melalui kanal digital, dari segi metode database digital marketing belum optimal berjalan karena tidak terlacak dengan baik. Kemudian, customer journey pada website juga belum memudahkan potential customer, serta belum adanya campaign digital marketing yang dijalankan untuk mendapatkan database.

IKLAN INFOBRAND.ID

Maka, sejak 2020, menurut Putra, Astragraphia melakukan perencanaan perbaikan dengan meningkatkan pencapaian pendapatan melalui digital marketing dan telemarketing. Tujuannya, mendapatkan pelanggan baru melalui kampanye digital marketing dan mengoptimalisasi telemarketing untuk mem-follow updatabase.

Langkah yang diambil, antara lain, menentukan PIC yang dedicated di telemarketing, melakukan perbaikan dari sisi back end, memperluas jangkauan website dengan memperbaiki setting DNS, menambah landing page, dan menjalankan digital marketing campaign melalui Google dan Facebook Ads.

Dengan adanya PIC telemarketing, Putra mengungkapkan, database potential customer dapat terkelola dengan baik secara real time, sehingga optimalisasi mendapatkan new customer dan revenue dapat tercapai. Kemudian, aktifnya landing page membuat database ter-record secara baik pada sistem, sehingga bisa langsung di-follow up oleh telemarketing.

Tersedianya landing page “talk to product expert” juga memudahkan potential customer mengisi data demi mendapatkan layanan konsultasi seputar produk Astragraphia Document Solution sesuai dengan kebutuhan. Dan terakhir, potential customer sudah dapat terpapar iklan yang dijalankan pada Google dan Facebook dari berbagai wilayah, sehingga traffic ke website dan potensi mendapatkan leads lebih besar.

Putra menyampaikan, dalam kurun Mei 2020 - Mei 2022, hasil perbaikan dari transformasi digital yang dijalankan Astragraphia antara lain peningkatan database hingga 1.789 database, yang kemudian dapat dikonversi ke dalam 49 transaksi dengan additional revenue yang dihasilkan dari optimalisasi digital marketing sebesar Rp 3,4 miliar.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Dari sini kami bisa melihat bahwa peran digital marketing yang dijalankan perusahaan dapat turut andil membantu sales kami mendapat potential leads hingga closing deals,” kata Putra. Dan, dampaknya secara jangka panjang bagi Astragraphia, tercipta standardisasi baru yang dijalankan di internal perusahaan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...


Kimia Farma Dukung Kelancaran Mudik 2024 Melalui Layanan Kesehatan

Kimia Farma Dukung Kelancaran Mudik 2024 Melalui Layanan Kesehatan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bersama dengan anak usaha PT Kimia Farma Apotek (KFA) dan PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) mendukung...


BNI Hadirkan UMKM Binaan di Pameran Indonesia in SG

BNI Hadirkan UMKM Binaan di Pameran Indonesia in SG
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkolaborasi dengan KBRI Singapura dan Bank Indonesia menyelenggarakan pamera...


Hankook iON Race Tampil Memukau pada Double Header Formula E di Italia

Hankook iON Race Tampil Memukau pada Double Header Formula E di Italia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sirkuit Misano di pesisir Laut Adriatik untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah double-header Kejuaraan Dunia Formula E ABB F...