Asuransi Astra Gelar Perayaan Loyalitas Pelanggan dan Komitmen Lingkungan di Batam
Posted by: Agus Aryanto | 23-06-2025 10:55 WIB | 374 views

INFOBRAND.ID - Selama tiga dekade, Garda Oto, produk asuransi mobil unggulan dari Asuransi Astra, telah berperan penting dalam memberikan perlindungan dan rasa aman bagi jutaan pelanggannya di Indonesia. Garda Oto terus berupaya menghadirkan layanan prima untuk memenuhi kebutuhan akan kenyamanan dan keamanan berkendara.
Perjalanan panjang ini tentu didukung penuh oleh loyalitas para pelanggan setia. Oleh karena itu, sebagai bentuk apresiasi atas kesetiaan pelanggan dan perayaan tiga dekade operasionalnya, Garda Oto berkolaborasi dengan Agung Toyota mengadakan acara "Customer Gathering Garda Oto 30th Anniversary" di Batam pada 22 Juni 2025. Acara ini melibatkan pelanggan dan keluarga dalam penanaman 3.000 bibit pohon Mangrove serta pembuatan kerajinan dari UMKM lokal di Kampung Berseri Astra (KBA) Tua Bakau Serip. Bibit Mangrove yang ditanam berasal dari donasi pelanggan melalui program berkelanjutan "Beli Polis Garda Oto = Donasi 1 Pohon" yang berlangsung pada 1–31 Mei 2025.
Menginjak usia dewasa, Garda Oto telah menjadi saksi dan bagian dari berbagai dinamika dan perubahan zaman, termasuk perkembangan teknologi, transformasi gaya hidup, dan tantangan mobilitas yang terus berkembang. Dengan komitmen peace of mind, Garda Oto setia menemani perjalanan pelanggan, menjadikannya lebih dari sekadar produk perlindungan kendaraan, tetapi juga mitra terpercaya di setiap perjalanan.
Selain memberikan perlindungan asuransi, Garda Oto juga berkomitmen menciptakan dampak positif bagi lingkungan. Sebanyak 3.000 bibit pohon Mangrove—terdiri dari 2.000 bibit dari Garda Oto dan 1.000 bibit dari Agung Toyota—ditanam di KBA Tua Bakau Serip, Batam. Proses penanaman ini melibatkan pelanggan, Koordinator Wilayah Grup Astra, perwakilan ACC, TAFS, FIFGROUP, serta rekan media. Kegiatan ini merupakan wujud nyata dukungan Asuransi Astra terhadap target Astra Net Zero Scope 1 dan 2 pada 2050, serta sejalan dengan SDGs poin 13: Penanganan Perubahan Iklim (Climate Action).
Data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam menunjukkan penurunan luas hutan Mangrove dari 6.527 hektare pada 2015 menjadi 4.820 hektare pada 2023, dengan Tua Bakau Serip sebagai salah satu area yang terdampak akibat pembangunan. Kondisi ini menekankan pentingnya pelestarian Mangrove sebagai upaya penyerapan dan penyimpanan karbon dalam jumlah besar, perlindungan iklim, pencegah abrasi, serta penopang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pesisir yang bergantung pada ekosistem ini.
Kolaborasi untuk Keberlanjutan Lingkungan
Daning Nursilasari, General Marketing Manager Agung Toyota, menyatakan, melihat banyaknya manfaat pelestarian Mangrove, Agung Toyota sangat terbuka untuk menjalin kolaborasi penanaman bibit pohon Mangrove dengan Garda Oto. Hal yang mendasari kolaborasi ini adalah keselarasan tujuan penanaman bibit Mangrove dengan program CSR Agung Toyota sebagai anggota Agung Concern Group, yang tidak hanya berfokus pada bisnis, tetapi juga ingin mewujudkan kepedulian sosial melalui program CSR yang tertuang dalam empat pilar utama perusahaan: kesehatan, sosial, pendidikan, dan lingkungan.
“Kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif Agung Concern Group yang menyasar pelestarian lingkungan. Untuk itu, kami mengajak seluruh pihak untuk terus merawat apa yang telah ditanam, dan menjaga apa yang telah dimulai. Semoga kolaborasi ini menjadi awal dari lebih banyak inisiatif serupa di masa depan, demi keberlangsungan lingkungan yang lebih baik,” ujar Daning.
Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pembuatan kerajinan tangan berupa piring anyaman, hasil karya salah satu pelaku UMKM lokal dari KBA Tua Bakau Serip. Dalam sesi ini, peserta diajak terlibat langsung dalam proses kreatif yang mengedepankan prinsip keberlanjutan, sekaligus mendukung praktik ramah lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.
Melalui kegiatan ini, diharapkan akan tumbuh kesadaran kolektif akan pentingnya kontribusi individu dalam menjaga bumi, serta mengapresiasi potensi lokal yang berkelanjutan. Sejalan dengan komitmen Garda Oto dalam menciptakan pengalaman yang berkesan di setiap titik kontak dengan pelanggan, acara ini juga dilengkapi dengan aktivitas di Elite Seasport, Batam, di mana para pelanggan diajak menikmati berbagai kegiatan seru bersama keluarga di tepi laut, seperti olahraga air, permainan pantai, dan bersantai sambil menikmati hidangan.
Sementara itu, Laurentius Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm, and Event Asuransi Astra mengatakan, tiga puluh tahun bukan hanya sekadar angka, melainkan simbol kepercayaan yang telah diberikan oleh jutaan pelanggan dan dukungan luar biasa dari rekan media. Karena itu Asuransi Astra selalu menghargai setiap cerita yang menginspirasi, setiap masukan, dan setiap dukungan untuk terus tumbuh dan berkembang.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran pelanggan pada kegiatan hari ini. Semoga kolaborasi ini dapat memberikan manfaat nyata secara berkesinambungan bagi berbagai pihak dan mewujudkan lingkungan berkelanjutan di KBA Tua Bakau Serip, Batam. Karena di mana pun kami berada, kami ingin selalu berbagi, memberikan manfaat baik dari generasi ke generasi,” ujar Iwan.