Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Asuransi Astra Tanam 5.000 Bibit Pohon Mangrove di Surabaya

Posted by: 536 viewer

Asuransi Astra Tanam 5.000 Bibit Pohon Mangrove di Surabaya
CSR Asuransi Astra

INFOBRAND.ID-Bumi dihuni oleh makhluk hidup dan dikelilingi lingkungan sekitar yang terus berubah seiring dengan berkembangnya waktu. Perubahan-perubahan ini tentunya menciptakan dampak positif dan negatif terhadap bumi yang kita semua tinggali. Berupaya mengurangi dampak negatif merupakan tanggung jawab masyarakat dengan ikut berkontribusi menciptakan hal baik dan bermanfaat sehingga bumi aman dan nyaman untuk ditinggali secara berkepanjangan.

Tak terkecuali Asuransi Astra, sebagai warga usaha yang turut aktif melaksanakan tanggung jawab sosial dan mengelola lingkungan hidup secara berkesinambungan. Melanjutkan rangkaian perwujudan aspirasi keberlanjutan Estafet Peduli Bumi (EPB) di Surabaya. Aspirasi keberlanjutan ini dibagi menjadi tiga kegiatan, yakni penanaman 5.000 bibit pohon mangrove, pengelolaan sampah yang berkolaborasi dengan Bank Sampah, dan penyaluran beasiswa hingga edukasi dan literasi keuangan berkelanjutan bagi sekolah vokasi Indonesia yang digelar pada 13 & 14 Juni 2023.

Estafet Peduli Bumi sampai di Surabaya yang merupakan pemberhentian kedua setelah Cianjur, guna meneruskan tujuan mewujudkan aksi sosial nyata melalui program kepedulian terhadap Bumi dan segala aspek di dalamnya. Mengusung pada pilar lingkungan, Asuransi Astra melakukan penyerahan 5.000 bibit pohon mangrove di Ekowisata Mangrove Wonorejo, Surabaya. Penanaman ini bertujuan untuk membantu para masyarakat sekitar untuk terhindar dari ancaman besar perubahan iklim seperti abrasi hingga angin topan yang merugikan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, pohon mangrove juga dipercaya sebagai penyerap karbon yang sangat efektif, mengunci karbon dalam jumlah besar dan menghentikannya memasuki dan merusak lapisan atmosfer. Tidak hanya melindungi dari bencana, pohon mangrove memiliki sumber daya yang beragam dan merupakan tempat hidup biota laut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Asuransi Astra atas bantuan ribuan bibit yang telah diberikan dengan semangat menjaga lingkungan. Memang belum banyak masyarakat yang teredukasi mengenai pohon mangrove yang memiliki peran penting dalam mitigasi perubahan iklim serta melindungi mereka dari bencana alam, namun dengan semakin lestarinya wilayah mangrove, semoga dapat mendorong mereka untuk mulai datang dan mengamati, bukan hanya keindahannya saja namun juga manfaatnya.

Karena itu merupakan langkah kecil pertama yang diperlukan, agar mereka dapat terus belajar dan memahami kebutuhan lingkungan serta menjaganya untuk anak hingga cucu nantinya,” Ujar Ketua Pengelola Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Masih dalam aksi menyejahterakan lingkungan sekitar Surabaya, melalui kolaborasi dengan Bank Sampah, Asuransi Astra menyerahkan sejumlah bantuan untuk kegiatan operasional seperti timbangan sampah, laptop, dan printer. Penyerahan bantuan ini guna mendorong produktivitas pengelolaan sampah masyarakat dan mengurangi pembuangan sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang mencemari lingkungan.

Asuransi Astra juga melanjutkan aspirasi bersama para karyawan perusahaan dengan melakukan peresmian instalasi solar panel dengan kapasitas 8,7 kWp di ketiga kantor cabang Asuransi Astra yaitu Surabaya, Medan, dan Palembang. Inisiasi gerakan pemanfaatan energi bersih ramah lingkungan bertujuan untuk melestarikan lingkungan, mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) serta mengurangi dampak pemanasan global dengan mengalihkan energi lama ke energi terbarukan dengan pengembangan energi surya secara masif.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tak hanya itu, guna melakukan pengelolaan sampah dan manajemen air bagi para insan Asuransi Asuransi Astra juga menetapkan kebijakan sebagai dorongan untuk Astra di seluruh kantor cabang yang berguna tidak hanya melindungi lingkungan dari kontaminasi limbah tetapi juga menghemat biaya hingga mengurangi pengeluaran untuk pembuangan.

Menggunakan kembali limbah yang dihasilkan juga bermanfaat bagi lingkungan dengan mengurangi kebutuhan untuk mengekstrak sumber daya dan menurunkan potensi kontaminasi.

Melengkapi aspirasi keberlanjutan dengan pilar pendidikan sekaligus mendukung kebijakan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna meningkatkan literasi keuangan masyarakat, Asuransi Astra memberikan literasi keuangan melalui materi pemahaman manajemen keuangan kepada para murid yang dibawakan secara langsung oleh President Director Asuransi Astra, Christopher Pangestu, demi mewujudkan insan-insan penggerak bangsa dengan meningkatkan SDM yang berkualitas agar dapat terus tumbuh dan berkembang.

Pada kesempatan ini, Asuransi Astra juga meningkatkan inklusi keuangan dengan mengajak para murid melakukan aktivasi mandiri asuransi kecelakaan diri, yakni Garda Me Micro serta menyalurkan beasiswa kepada sejumlah murid serta penyerahan bantuan komputer dan laptop kepada sekolah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

“Melindungi lingkungan adalah fondasi untuk mempertahankan bukan hanya planet Bumi namun juga seluruh aspek kehidupannya. Seperti yang kita ketahui, ekosistem dalam lingkungan dengan seluruh makhluk hidup saling terhubung karena bagaimanapun juga kita semua mengandalkan alam untuk menyediakan kebutuhan dasar keberlangsungan hidup.

IKLAN INFOBRAND.ID

Asuransi Astra menyadari tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan seluruh sumber yang ada di Bumi untuk generasi hari ini dan mendatang melalui aspirasi keberlanjutan Estafet Peduli Bumi. Melalui EPB, kami menyerahkan 5.000 bibit pohon mangrove untuk ditanam serta berkolaborasi dengan Bank Sampah yang mana kami wujudkan juga untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup. Harapannya EPB beserta rangkaian dan komitmen kami dapat diteruskan ke banyak kota di Indonesia agar dapat memberikan kebermanfaatan secara menyeluruh dan merata,” Ucap President Director Asuransi Astra, Christopher Pangestu.

Rangkaian kegiatan Estafet Peduli Bumi diwujudkan guna menyejahterakan Indonesia melalui program-program yang berkesinambungan dengan mempertimbangkan berbagai aspek untuk menyejahterakan Bumi dan kehidupan di dalamnya demi pembangunan berkelanjutan bersama.

Pada tahun 2022 dan telah berhasil menjalankan upaya sustainability serta menyebarkan kebermanfaatannya di 7 kota yakni Medan, Semarang, DKI Jakarta, Balikpapan, Makassar, Denpasar, dan Sumba. Dalam menjalankan misinya, Asuransi Astra mengusung pada keempat pilar, antara lain pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan kewirausahaan.

Tahun ini, Asuransi Astra akan terus berkontribusi di kota-kota selanjutnya guna memberikan dampak berkelanjutan demi memberikan peace of mind bagi jutaan masyarakat Indonesia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...