Selasa, 11 Mei 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Bahan Pangan dan Alat Kesehatan Dominasi Transaksi e-Commerce

Posted by: 30-04-2021 15:08 WIB 109 viewer

Bahan Pangan dan Alat Kesehatan Dominasi Transaksi e-Commerce
Transaksi B2B e-commerce marketplace Bhinneka.com.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Ramadan tahun ini memang masih dibatasi oleh pandemi Covid-19. Meski demikian, masyarakat Indonesia telah beradaptasi dan makin terbiasa dengan gaya hidup digital. Mulai dari bekerja dan bersekolah, berbelanja kebutuhan sehari-hari, hingga bersilaturahmi.

Data transaksi Bhinneka.Com, B2B e-commerce, sepanjang Ramadan 2021. Dibanding Ramadan tahun lalu, peningkatan signifikan terjadi pada beberapa kategori produk. Terutama pada Makanan & Kebutuhan Harian, Alat Kesehatan, Produk Digital, dan Peralatan Kantor. Tercatat, peningkatan transaksi di dua minggu pertama Ramadan mencapai 30 persen. Kenaikan ini diprediksi akan meningkat mendekati Lebaran.

Chief of Commercial and Omni Channel Bhinneka.Com, Vensia Tjhin mengatakan, gelombang digitalisasi mendorong banyak pelaku UMKM untuk memperluas pasarnya. Bantuan yang diberikan diharapkan dapat meringankan dampak ekonomi dari pandemi.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Detidaknya bagi ribuan merchant yang ada di Bhinneka.Com,” tutur Chief of Commercial and Omni Channel Bhinneka.Com, Vensia Tjhin, melalui siaran media, Jumat (30/4/2021).

Jika tahun lalu memasuki Ramadan masyarakat sibuk melakukan adaptasi bekerja, sekolah dan beribadah dari rumah, dengan lonjakan transaksi pada produk komputer, aksesori gadget terutama produk webcam, dan suplemen kesehatan; maka di dua pekan pertama Ramadan tahun ini diiringi optimisme kegiatan bisnis di segmen B2B. Bhinneka.Com mencatat tingginya permintaan perangkat tes usap Covid-19 untuk keperluan korporasi dan suplemen kesehatan, serta bahan pangan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara pengiriman belanja terjauh tercatat ke Kota Jayapura dan Merauke, yang memberi gambaran pada kita pada perubahan kebiasaan konsumen dan pemerataan akses internet di seluruh Indonesia. Data-data ini menandakan roda bisnis yang terus berjalan dan beradaptasi di era kenormalan baru.

Hal ini sejalan pula dengan hasil studi yang diterbitkan oleh iPrice tahun lalu , yang menunjukkan peningkatan 1.572 persen untuk produk webcam untuk menunjang kegiatan belajar dan bekerja dari rumah. Disusul perangkat elektronik (45%), kebutuhan rumah tangga dan grocery (41%), hingga produk kesehatan (30%).

IKLAN INFOBRAND.ID

Secara garis besar, pertumbuhan di Bhinneka.Com ini merupakan bagian dari proses yang telah berjalan sejak pertengahan 2020 lalu. Dimulai dengan dukungan Bhinneka.Com pada gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia (BBI), peluncuran program #BangkitLagi, laman khusus kurasi produk dalam negeri terbaik Indonesia di Selasar Nusantara, rangkaian on-boarding dan pendampingan pada UMKM di berbagai daerah, keterlibatan Bhinneka.Com dalam penyiapan dan peluncuran platform Belanja Langsung Pengadaan (BeLa Pengadaan) dari LKPP RI, di mana Bhinneka.Com sebagai business super ecosystem juga menjadi salah satu mitranya.

Yang terbaru, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggandeng Bhinneka.Com untuk menyediakan teknologi dan platform digital bagi para pelaku UMKM setempat. Selain demi memenuhi kebutuhan warga Kota Mojokerto dan sekitarnya; memenuhi kebutuhan pengadaan instansi pemerintah, bahkan juga untuk bisa dijangkau seluruh Indonesia. Dengan semangat lokal untuk lokal, diharapkan produk lokal jadi juara di daerahnya masing-masing untuk kemudian merambah ke daerah lain di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selama setahun terakhir, e-commerce menjadi garda terdepan dalam pemenuhan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat terutama pelaku bisnis. Bhinneka.Com selaku B2B e-commerce terdepan di Indonesia mencatat pertumbuhan Merchant atau penjual platform Bhinneka.Com yang mencapai 6 kali (y-o-y), dan penambahan produk yang mencapai 5 kali (y-o-y). Selebihnya, rata-rata nilai belanja yang dilakukan berada di atas Rp1.200.000.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Masyarakat Semakin Melek Digital, Begini Cara Tetap Aman dalam Tatanan Digital Baru

Masyarakat Semakin Melek Digital, Begini Cara Tetap Aman dalam Tatanan Digital Baru
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menurut laporan 2021 Consumer Security Mindset: Travel Edition dari McAfee, Walaupun pembatasan kegiatan masyarakat...


95% Masyarakat akan Menghabiskan Waktu Libur Lebaran di Rumah

95% Masyarakat akan Menghabiskan Waktu Libur Lebaran di Rumah
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mengingat banyaknya masyarakat yang tidak melakukan mudik, kebutuhan akan produk dan layanan hiburan diprediksi meningkat jela...


Belanja Iklan TV Capai Rp4,4 triliun di Minggu Pertama Ramadhan

Belanja Iklan TV Capai Rp4,4 triliun di Minggu Pertama Ramadhan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Aktivitas tetap di rumah selama bulan Ramadhan di masa Pandemi Covid-19 mendorong meningkatnya penonton TV. Kondisi itu membaw...


Mengintip Resta Pendopo KM 456 Rest Area dengan Konsep Wisata

Mengintip Resta Pendopo KM 456 Rest Area dengan Konsep Wisata
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mulai beroperasi pada awal tahun 2020, Resta Pendopo memberikan pengalaman baru para pengguna jalan tol Trans Jawa ruas Semara...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS








Index
Elnusa