Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Balanja Online Masih Kuat, Belanja Offline Mulai Menggeliat

Posted by: 2524 viewer

Balanja Online Masih Kuat, Belanja Offline Mulai Menggeliat
Kebiasaan Belanja Online dan Offline.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2021 membawa berkah bagi pelaku bisnis dan menjadi momentum kebangkitan ekonomi Indonesia dari pandemi covid-19. Meningkatnya pendapatan dan kebutuhan di hari raya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas belanja baik online maupun offline.

Riset Continuum Data Indonesia mengungkapkan, aktivitas belanja online pengguna media sosial di Indonesia selama 1-25 April 2021 meningkat 3 kali lipat, dan indeks konsumsi masyarakat meningkat 17% dari sebelum bulan Ramadhan.

Survei Perilaku Belanja Ramadhan 2021 juga dilakukan ShopBack, aplikasi cashback, reward, voucher dan perbandingan harga, juga menemukan adanya perubahan perilaku belanja konsumen serta tren selama Ramadhan 2021.

IKLAN INFOBRAND.ID

Galuh Chandra Kirana, Country General Manager of ShopBack Indonesia mengatakan, masa pandemi yang memutarbalikkan kondisi ekonomi dan kehidupan sejak 2020. Dengan mempelajari perilaku konsumen secara terus menerus, dapat memetakan di mana posisi dan kekuatan ekonomi masyarakat saat ini sehingga para pelaku bisnis dapat membuat perencanaan pemasaran yang paling strategis dan relevan.

Dari survei tersebut terungkap, Tunjangan Hari Raya cenderung menjadi kunci utama peningkatan konsumsi belanja pada bulan Ramadan. Dari total responden, 36% responden menyatakan yang menerima THR penuh. Karena pandemi memberikan pengaruh besar pada menurunnya kondisi ekonomi, 15% responden tidak menerima THR penuh dan 13% tidak menerima THR sama sekali, dua-duanya disebabkan kondisi ekonomi perusahaan yang sedang tidak baik. 36% responden lainnya tidak menerima THR karena belum/tidak bekerja/baru masuk kerja.

Di masa pandemi yang masih terjadi, belanja online masih menjadi metode belanja favorit yang dipilih 73% responden selama Ramadan. Dari mereka yang berbelanja online, lebih dari 60% responden berbelanja 1x dalam seminggu atau lebih.

Puncak periode belanja online terjadi di minggu ke-3 Ramadan (26 April - 2 Mei) dengan waktu belanja favorit pukul 19.00 - 23.00. ShopBack juga mencatat 98% responden lebih menyukai belanja melalui aplikasi dibanding website/desktop. Namun demikian, kegiatan belanja offline terlihat mulai menggeliat. 24% responden mengaku berbelanja offline dan online sama seringnya.

Nampaknya ada perbedaan dalam kategori produk yang dibeli responden pada belanja online dan offline. Kategori produk utama yang dibeli secara online selama Ramadan adalah produk fashion, kecantikan (make up dan skin care), sementara responden lebih memilih membeli produk makanan dan minuman serta kebutuhan rumah tangga/groceries secara offline.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengapa responden masih berbelanja offline? Ada tiga alasan utama yang muncul adalah kebutuhan untuk melihat barang secara langsung, kepraktisan untuk sekaligus belanja banyak barang di satu tempat tanpa harus menunggu kurir, dan yang terakhir berhubungan dengan pandemic fatigue atau rasa lelah terhadap pandemi yang mengharuskan masyarakat terus-terusan berdiam di rumah: adanya kebutuhan untuk refreshing setelah satu tahun pandemi berjalan.

Shopee, Tokopedia, dan Lazada disebut sebagai tiga e-commerce yang paling sering dikunjungi selama Ramadan. Banyaknya promo menarik dan gratis ongkos kirim tetap menjadi dua faktor teratas yang mempengaruhi pilihan responden. Alasan ketiga yang dipilih adalah luasnya ragam produk yang tersedia pada e-commerce sehingga responden bisa menemukan apa saja yang mereka cari.

Terkait promosi online, 74% responden mengaku memilih untuk menunggu adanya promo online sebelum berbelanja, dan 56% dari responden rela begadang untuk menunggu promo online yang terjadi di tengah malam. Sementara itu, dompet digital (e-wallet), Cash on Delivery (CoD), dan transfer via internet/mobile banking masih menjadi tiga metode pembayaran favorit responden.

Merujuk ke survei yang ShopBack lakukan pada Maret 2021 lalu, tiga metode pembayaran favorit ini memang masih menjadi juara bertahan, menunjukkan kebiasaan penggunaan dompet digital yang semakin kuat dan belum ada disrupsi atau perubahan dari metode pembayaran baru.

Ramadan dan Idul Fitri identik dengan momen mudik, liburan, buka puasa bersama, dan kumpul dengan teman-teman serta keluarga. Keterbatasan untuk melakukan pertemuan fisik dengan orang-orang terdekat selama pandemi kerap terefleksikan dalam bentuk pengiriman hampers sebagai pengganti silaturahmi yang terhalang.

IKLAN INFOBRAND.ID

Memasuki tahun kedua pandemi, ShopBack menemukan bahwa 90% responden tetap memilih untuk tidak mudik. 61% responden memilih untuk berlebaran dengan saling mengunjungi keluarga di dalam kota, 23% berlebaran di rumah saja, 3% memutuskan staycation selama libur Lebaran. 13% responden yang tidak berlebaran memilih staycation atau berlibur di rumah/dalam kota.

Namun bagaimana dengan perilaku travel dan staycation responden secara umum selama pandemi? Lebih dari 50% responden mengaku pernah bepergian ke luar kota dalam setahun terakhir, dan 43% mengaku melakukan staycation dalam satu tahun terakhir.

Tren hampers yang meningkat pada 2020 masih berlanjut di tahun 2021. 34% responden memesan hampers untuk kerabat dan keluarga: masa pemesanan tertinggi terjadi satu minggu sebelum Ramadan dengan budget rata-rata di bawah IDR 500 ribu. Tiga bentuk hampers favorit yang menjadi pilihan responden adalah: makanan dan minuman, saldo dompet digital/e-wallet, dan pernak-pernik lainnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...