Bank Capital Sukses Membangun Tim PR yang Capable dengan Era Digital
Posted by: Agus Aryanto | 13-02-2025 09:28 WIB | 678 views

INFOBRAND.ID - PT Bank Capital Indonesia Tbk, atau dikenal dengan brand Bank Capital, merupakan salah satu lembaga keuangan di Indonesia yang menjalankan kegiatan usaha di bidang perbankan. Sejak tahun 2007 PT Bank Capital Indonesia Tbk telah mencatatkan sahamnya di Pasar Modal, dan hingga saat ini Bank Capital memiliki 71 Jaringan Kantor Operasional yang tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, Kupang dan Medan.
Dalam tiga tahun terakhir, perusahaan memiliki kinerja ciamik, dengan pertumbuhan laba bersih dari Rp32,13 miliar di tahun 2022, menjadi Rp101,77 miliar di tahun 2023, dan Rp109,38 miliar di tahun 2024. Pertumbuhan tersebut didorong oleh penyaluran kredit yang terus naik, dari Rp2,88 triliun di tahun 2022, menjadi Rp7,05 triliun di tahun 2023, dan Rp7,83 triliun di tahun 2024.
Budi Setiadi, Corporate Secretary PT Bank Capital Indonesia Tbk mengungkapkan, kinerja positif perusahaan tentunya berkat sejumlah strategi yang dijalankan, terutama dalam aktivitas Public Relations. Bagi perusahaan, Public Relations berperan penting dalam membangun citra positif dan brand image, sebagai sarana promosi, dan memberikan informasi untuk nasabah, dan stakeholder, terkait perkembangan Bank Capital.
“Dalam era teknologi dan layanan perbankan digital, website dan sosial media dimanfaatkan untuk membangun citra positif bagi perusahaan serta para pihak yang memiliki kepentingan terhadap Bank serta memperkuat brand image Bank,” jelas Budi.
Untuk aktivitas digital Public Relations, menurutnya, Bank Capital sudah membangun Website Bank Capital sejak lama, dan untuk media sosial mulai aktif pada tahun 2019. Itu dilakukan untuk menjawab tantangan utama yang dihadapi, berupa kecepatan penyebaran dan ketepatan informasi yang disampaikan kepada publik.
“Kami memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan LinkedIn untuk menginformasikan produk & marketing communication serta memperkuat brand image,” imbuh Budi.
Menurutnya, keberhasilan menjalankan Digital PR tentu juga tidak lepas dari peran Tim Divisi PR. Perusahaan membangun Tim Digital PR agar capable serta mampu memahami visi dan misi Bank guna mendukung penyampaian informasi terkait perusahaan, produk, program dan tata kelola yang baik untuk mendukung management.
“Ada banyak hal yang dilakukan dalam membangun Tim PR yang capable, dan kunci kesuksesan Digital PR di Bank Capital, antara lain, menggunakan data presentasi dan insight yang jelas. Menggunakan media sosial secara efektif. Membangun media dan community relationship. Pengaturan SEO. Dan key person atau komite manajemen krisis,” jelas Budi.
Lebih lanjut Budi menjelaskan, sejalan dengan visi Perusahaan yaitu “Menjadi Bank Retail yang sehat dan terpercaya dengan tumbuh secara stabil, inklusif dan berkelanjutan”, Bank Capital terus berupaya menyediakan layanan keuangan dengan pendekatan personal, layanan digital, serta memberikan nilai tambah dan hasil yang optimal kepada para pihak yang berkepentingan dengan Bank Capital. Pengembangan produk dan layanan keuangan yang inovatif menjadi prioritas dalam strategi keberlanjutan Bank Capital.
Bank Capital terus berinovasi untuk menyediakan solusi keuangan yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan pasar yang semakin kompleks. Selain itu, Bank Capital juga fokus pada pengembangan digital banking services, seperti layanan Virtual Account, fitur Internet Banking Bisnis, pengembangan Open Banking (API), partnership cross selling, dan berbagai fitur Mobile Banking yang mendukung layanan digitalisasi. Selain itu, dukungan pembiayaan pada debitur yang menjalankan kegiatan usaha berwawasan lingkungan juga menjadi langkah strategis Bank Capital dalam mendukung kelestarian lingkungan.
Bank Capital menempatkan perhatian khusus pada peningkatan kualitas produk dan layanan serta kualitas aktiva dan talenta. Dengan mengutamakan inovasi dan nilai tambah bagi nasabah di era digital, Bank Capital lebih siap memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah dalam bertransaksi dan menggunakan layanan keuangan. Selanjutnya, Bank Capital terus menjalin kemitraan dengan mitra dan ekosistem pihak ketiga. Hal ini tidak hanya untuk memperluas jangkauan bisnis, tetapi juga untuk meningkatkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.
“Dengan strategi yang dijalankan secara berkesinambungan, per 31 Desember 2024 Bank Capital berhasil naik kelas ke KBMI 2 dengan total modal inti sebesar Rp6,5T dan optimis akan dapat terus tumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi serta masyarakat secara luas di tahun 2025 dan ke depannya,” tutup Budi.(***)
Baca berita lainnya di Google News