Jum'at, 29 September 2023

Follow us:

infobrand

9th Spirit INFOBRAND

Bank Danamon Sabet Predikat Highly Commended dari RBI

Posted by: 1976 viewer

Bank Danamon Sabet Predikat Highly Commended dari RBI
Bank Danamon.

INFOBRAND.ID - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) berhasil meraih penghargaan Best Retail Bank Indonesia dan Best Open Banking Initiative, serta predikat Highly Commended untuk kategori Best Fintech Partnership dalam ajang Retail Banker International Asia Trailblazer Awards ke-13 yang diumumkan pada bulan Juni 2022. Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Danamon untuk memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan mereka.

Ajang Annual Asia Trailblazer Awards yang diselenggarakan oleh Retail Banker International (RBI) memberi apresiasi terhadap standar baru atau best practices di industri perbankan, serta terhadap lembaga perbankan ritel dan pembiayaan konsumen terbaik di kawasan Asia atas inisiatif-inisiatif layanan inovatif dan komitmen mereka dalam memberikan layanan terbaik yang berorientasi pada nasabah (customer-centric).

Tahun lalu, pandemi menimbulkan berbagai tantangan bagi masyarakat, termasuk bagi perbankan Indonesia. Persaingan juga menjadi semakin ketat akibat munculnya perbankan digital dan fintech karena lembaga-lembaga ini memberikan akses mudah ke layanan keuangan keuangan dan membangun ekosistem mereka sendiri, ditambah dengan pergeseran pola transaksi masyarakat dari konvensional ke digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lanny Hendra, Consumer Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengatakan, terlepas dari berbagai tantangan akibat pandemi, Danamon berhasil meningkatkan basis nasabah ritelnya melalui strategi yang berpusat pada nasabah (customer-centric) dan pemanfaatan yang efektif atas berbagai channel digital. Danamon juga mampu untuk terus menghadirkan produk yang dibutuhkan nasabah melalui solusi dan kemitraan yang inovatif, salah satunya yaitu Kartu Kredit Danamon Grab, yang diluncurkan di akhir tahun 2021.

“Selain itu, kami juga didukung oleh pertumbuhan yang kuat dari berbagai lini bisnis di Danamon,” jelas Lanny Hendra, dalam keterangan media, Kamis (4/8/2022).

Pertumbuhan yang Mengesankan di segmen Basis Nasabah, Akuisisi Digital, Wealth Management, dan CASA Salah satu prestasi Danamon dalam kategori Best Retail Bank di Indonesia adalah keberhasilan dalam tingkat pertumbuhan jumlah atau basis nasabah yang mencapai double digit di tengah situasi menantang akibat pandemi.

Strategi Danamon yang komprehensif dan berorientasi pada nasabah berhasil membukukan banyak  nasabah baru. Akuisisi digital, yang meningkat lebih dari tiga kali lipat dari tahun sebelumnya, turut mendorong pertumbuhan ini. Segmen Wealth Management (WM) Danamon mencapai pertumbuhan dua kali lipat dibandingkan tahun 2019 dengan terus menawarkan berbagai inovasi melalui kemitraan dengan lembaga pihak ketiga terkemuka. Giro Tabungan (CASA) juga mengalami percepatan melalui implementasi program yang secara konsisten disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Sementara itu, jumlah Kredit Pemilikan Rumah meningkat lebih dari 1,5 kali lipat pada tahun 2021 berkat kolaborasi yang kuat dengan MUFG, perusahaan induk Danamon. Consumer Banking Danamon juga telah meluncurkan kartu kredit co-brand Danamon Grab yang menargetkan generasi milenial.

Dalam rangka percepatan transisi digital untuk mewujudkan layanan perbankan mandiri dan contactless, Danamon memperkenalkan serangkaian kemampuan dan fitur digital seperti pembaruan platform omnichannel D-Bank PRO. Dengan tambahan fitur-fitur terkini, platform ini menyediakan Customer Experience (CX) yang terintegrasi melalui penggunaan mobile banking dan internet banking. Layanan lainnya termasuk D-Bank PRO QRIS yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan pembayaran untuk transaksi di berbagai merchant dan D-Billink yang mengelola beragam transaksi berkala.

IKLAN INFOBRAND.ID

Inisiatif Open Banking dengan Platform Fintech Lending melalui Kolaborasi Fintech yang Efektif untuk Pembukaan dan Pengelolaan Rekening Dana Lender dalam kategori Best Open Banking Initiative, Danamon meraih penghargaan melalui keberhasilan kemitraan dengan Investree, pionir fintech lending di Indonesia, melalui kerja sama Application Programming Interfaces (API) terbuka yang memungkinkan pengguna berbagi data secara aman di seluruh ekosistem digital dan mendukung berbagai program co-creation.

Kemitraan Onboarding API ini memungkinkan 53 ribu Lender Investree (angka pengguna unik, kumulatif sejak berdiri pada 2015) untuk membuka rekening tabungan Danamon dengan mudah dan cepat, serta mengelola Rekening Dana Lender (RDL) Danamon baru dengan penawaran menarik. Koneksi API yang aman menghadirkan inovasi transfer data dan proses verifikasi tanpa harus mendatangi kantor cabang, yang dilengkapi dengan seluruh prosedur Know Your Customer (KYC) melalui fungsi registrasi built-in sehingga verifikasi dapat dilakukan melalui video call.

Proses ini ke depannya akan disempurnakan menjadi pembubuhan tanda tangan digital untuk e-KYC. Produk tabungan digital Danamon Save dilengkapi dengan transfer BI Fast gratis tanpa biaya administrasi, penarikan tunai ATM bebas biaya dan fitur-fitur menarik lainnya.

Kemitraan di atas juga membuat Danamon mendapatkan predikat Highly Commended untuk kategori Best Fintech Partnership dalam ajang ini. Adapun kerja sama antara Danamon dan Investree sudah dirintis sejak 2016 dengan menjadi salah satu mitra pelopor dalam mendukung solusi manajemen kas fintech atau peer-to-peer lending. Pada tahun 2020, kemitraan ini semakin kokoh dan strategis dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama terkait penyaluran kredit usaha atau loan channeling dan perluasan kanal pembayaran dengan solusi Direct Debit API yang memungkinkan Lender Ritel atau peminjam perorangan di platform Investree dengan mudah menggunakan akun Danamon mereka sebagai sumber dana.

“Kami akan terus berinovasi guna mewujudkan komitmen kami untuk mengembangkan organisasi yang memprioritaskan nasabah, antara lain dengan mengupayakan user experience (UX) terbaik, untuk memudahkan nasabah memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” imbuh Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

IKLAN INFOBRAND.ID

Retail Banker International (RBI) adalah layanan briefing editorial independen yang telah menjadi sumber daya penting di seluruh ekosistem perbankan ritel dan pembiayaan konsumen global. Program tahun ini mencatat rekor jumlah entri berkualitas dari seluruh bidang perbankan ritel yang mencakup praktik-praktik terbaik dan kisah-kisah sukses dari para pemain paling inovatif di kawasan ini.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


TIKI Raih Indonesia Original Brands Award 2023

TIKI Raih Indonesia Original Brands Award 2023
INFOBRAND.ID-PT. Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak 53 tahun di Indone...


Andalkan Kualitas Premium, Noera Collagen Drink Raih Top Brand 2022 dan 2023

Andalkan Kualitas Premium, Noera Collagen Drink Raih Top Brand 2022 dan 2023
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk kecantikan dan perawatan tubuh, Noera berhasil berhasil menyabet penghargaan Top Brand 2022 dan 2023 berkat produ...


Andalkan Gaya dan Fungsi, American Tourister Jadi Pilihan Konsumen di Ranah Digital

Andalkan Gaya dan Fungsi, American Tourister Jadi Pilihan Konsumen di Ranah Digital
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand koper lifestyle yang dinamis, andalan dari generasi Z dan Milenial, American Tourister baru-baru ini berhasil mera...


3 Tahun Hadir di Indonesia, Grace And Glow Torehkan Prestasi Lewat Ajang Brand Choice Award 2023

3 Tahun Hadir di Indonesia, Grace And Glow Torehkan Prestasi Lewat Ajang Brand Choice Award 2023
INFOBRAND.ID- Pasar bisnis kecantikan di Indonesia saat ini sangat marak di pasaran. Hal ini membuat para pebisnis skincare berlomba-lomba untuk merai...