Selasa, 19 Oktober 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Bareng BEI dan Fine Aja, Laznas BSMU Naikkan Literasi Syariah ke Millenial

Posted by: 13-10-2021 11:13 WIB 149 viewer

Bareng BEI dan Fine Aja, Laznas BSMU Naikkan Literasi Syariah ke Millenial
Webinar LIKES Talk dengan tema “Millenial Jago Atur Duit” Sabtu (9/10)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk berkomitmen meningkatkan literasi dan edukasi mengenai ekonomi syariah ke berbagai lini masyarakat. Golongan masyarakat yang paling potensial untuk menggerakkan ekonomi syariah adalah masyarakat milenial.

Untuk mencapai hal tersebut Laznas BSMU bersama BSI menyelenggarakan webinar LIKES Talk dengan tema “Millenial Jago Atur Duit” Sabtu (9/10). Hadir dalam acara ini Kepala Divisi Pasar Modal Syariah BEI, Irwan Abdalloh; CFO Fineaja, Zahra Nabila Kurnia; dan perwakilan Likes & Educational Group Manager Laznas BSMU.  

Dalam kesempatan terpisah Likes & Educational Group Manager Laznas BSMU, Aprilia Eviyanti berharap dengan  webinar LIKES Talk ini milenial bisa belajar tidak hanya bagaimana mengelola keuangan tetapi juga bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.  “Dalam acara ini kami berkolaborasi dengan penerima beasiswa Laznas BSMU dari Universitas Andalas Padang Sumatera Barat,” kata Aprilia.  

CFO Fineaja, Zahra Nabila Kurnia memberikan tips dalam mengelola keuangan untuk milenial pertama harus mempunyai spesifik tujuannya. “Harus jelas untuk apa, mengapa, dan kapan targetnya,” kata Zahra.  

Kedua adalah harus terukur tujuan dan perencanaan keuangannya. Ketiga adalah bisa dicapai, jangan sampai tujuan pengelolaan keuangan ini terlalu jauh sehingga tidak bisa dicapai.  Keempat adalah relevant artinya mempunyai tujuan yang tepat dan kelima adalah dapat diikuti secara waktu kapan bisa mencapai tujuan tersebut.  

Untuk pengelolaan budget, Zahra memberikan tips bisa menggunakan rule 50/30/20. Dalam mekanisme pengelolaan keuangan ini, disarankan mengalokasikan 50% uang yang dimiliki untuk keperluan essentials seperti rumah, tagihan, transportasi dan asuransi. Untuk 30% sisanya bisa digunakan untuk budget entertainment yaitu belanja dan hobi. Sedangkan 20% sisanya digunakan untuk tujuan keuangan, dan tabungan masa tua.  

Dalam tipsnya, Zahra juga memberikan penekanan selalu menyisihkan uang yang dimiliki untuk dana darurat. Untuk jumlah dana darurat disesuaikan dengan kondisi misal lajang sebanyak 3-6 dari pengeluaran per bulan; yang sudah menikah antara 6-12 kali pengeluaran per bulan. Untuk instrumennya dana darurat ini harus mempunyai kriteria yaitu aman, likuid dan mudah diakses.   

Kepala Divisi Pasar Modal Syariah BEI, Irwan Abdalloh menjelaskan bahwa dalam mengelola keuangan disarankan mengikuti jejak Rasulullah SAW yaitu siddiq/benar, amanah/jujur, dan fathonah atau cerdas. “Yang membedakan pengelolaan keuangan syariah adalah perhatian kepada tujuan akhir yaitu akhirat melalui instrumen ZISWAF atau Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf,” kata Irwan.  

Secara umum, ada beberapa instrumen investasi syariah yang bisa dipilih milenial misalkan jika yang mempunyai profil risiko rendah bisa mengambil produk sukuk atau surat utang syariah. Sedangkan jika yang mempunyai profil risiko high risk bisa mengambil investasi saham.  


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Adaro Hadir Bersama Masyarakat untuk Menjadi Pemenang

Adaro Hadir Bersama Masyarakat untuk Menjadi Pemenang
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak 2020 lalu belum jua berakhir. Di negeri kita, peningkatan kasus Covid-19 pada perten...


Gesitkan Herd Immunity, MECCAYA Dukung Vaksinasi ke WNI Ekspatriat

Gesitkan Herd Immunity, MECCAYA Dukung Vaksinasi ke WNI Ekspatriat
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Upaya penanggulangan pandemi covid-19 terus dilakukan. Tidak hanya pemerintah, berbagai stakeholder termasuk perusahaan turut...


Hari Pangan Sedunia, Frisian Flag Bagikan 100 Ribu Kotak Susu Cair

Hari Pangan Sedunia, Frisian Flag Bagikan 100 Ribu Kotak Susu Cair
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Frisian Flag Indonesia (FFI) bersama PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) menyerahkan 100 ribu kotak susu cair anak Fr...


Sentra Vaksinasi Prudential Jangkau 22 Ribu Lebih Peserta Dalam 6 Bulan!

Sentra Vaksinasi Prudential Jangkau 22 Ribu Lebih Peserta Dalam 6 Bulan!
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Prudential Life Assurance mengambil peran aktif dengan membuka sentra vaksinasi yang bertempat di area kantor Prudential In...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR






Index