Jum'at, 21 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bata Tutup Pabrik, Begini Kata Kemenperin

Posted by: 547 viewer

Bata Tutup Pabrik, Begini Kata Kemenperin
Penutupan pabrik Sepatu Bata Purwakarta/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan penutupan pabrik sepatu Bata tersebut menunjukkan pentingnya investasi demi mendukung industri yang berkelanjutan di Indonesia.

Hal itu diutareakan Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Eko Cahyanto, menurut dia, menekankan pentingnya tiga pilar utama dalam mendukung keberlangsungan industri, yaitu investasi, teknologi dan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten.

“Industri membutuhkan investasi yang harus terus-menerus mereka lakukan untuk perbaikan dan pengembangan,” katanya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain investasi, teknologi juga memainkan peran penting dalam menjaga daya saing industri. Menurut Eko, industri harus terus memperbaharui teknologinya agar dapat menghasilkan produk inovatif, efisien, sehingga bisa bersaing di pasaran.

Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting adalah SDM yang kompeten. Eko menyebut tenaga kerja yang terampil adalah kunci menjalankan industri secara efektif.

Kementerian Perindustrian menyadari pentingnya tiga pilar ini untuk mendukung industri nasional.

"Kami menyediakan berbagai program pembinaan, standardisasi dan kebijakan industri yang bisa membantu industri dalam meningkatkan teknologinya … termasuk juga badan pengembangan sumber daya manusia industri,” ujarnya.

Sebelumnya, pabrik sepatu milik PT Sepatu Bata Tbk (BATA) di Purwakarta, yang telah berdiri sejak 1994, resmi ditutup per 30 April 2024 .

IKLAN INFOBRAND.ID

Penghentian produksi pabrik sepatu yang berlokasi di Jalan Raya Cibening, Kecamatan Bungursari, Purwakarta itu diumumkan melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2 Mei 2024.

Director and Corporate Secretary BATA Hatta Tutuko dalam keterangannya kepada BEI pada 2 Mei 2024 menjelaskan alasan dari penutupan pabrik di Purwakarta karena perusahaan tak mampu lagi melanjutkan produksi di pabrik sepatu Purwakarta.

Hatta menjelaskan permintaan pelanggan terhadap jenis produk yang dibuat di pabrik juga terus menurun. Menurutnya sepatu Bata Tbk telah melakukan berbagai upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan industri akibat pandemi dan perubahan perilaku konsumen yang begitu cepat.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...