Senin, 24 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

BCA Resmikan Pojok UMKM Pertama di Indonesia Sebagai Dukungan Aktif untuk Pertumbuhan dan Kemajuan Pelaku UMKM

Posted by: 373 viewer

BCA Resmikan Pojok UMKM Pertama di Indonesia Sebagai Dukungan Aktif untuk Pertumbuhan dan Kemajuan Pelaku UMKM
BCA Resmikan Pojok UMKM Pertama di Indonesia

INFOBRAND.ID-PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus memperkuat komitmennya dalam mendukung para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan meluncurkan Pojok UMKM BCA. Peresmian Pojok UMKM BCA pertama secara nasional diadakan pada 30 Januari 2024, di Kantor Cabang Utama BCA Padang. Acara ini diresmikan oleh Kepala BCA Kantor Cabang Utama Padang, Robert Siahaan, dan Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Barat, Endrizal.

Pojok UMKM BCA ini, yang berlokasi di Banking Hall KCU Padang, akan menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produknya kepada nasabah BCA. Langkah ini diharapkan tidak hanya meningkatkan omzet UMKM tetapi juga membuka akses pasar yang lebih luas bagi mereka.

Menurut Robert Siahaan, Kepala KCU BCA Padang, Pojok UMKM BCA bukan hanya sebagai tempat penjualan, tetapi juga sebagai ruang untuk meningkatkan visibilitas bisnis dan menciptakan peluang untuk membangun jaringan serta kolaborasi antar pelaku usaha. “Kami harap Pojok UMKM dapat menjadi bagian integral dari ekosistem yang mendukung pertumbuhan dan kemajuan UMKM, serta menjadi fondasi bagi pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya,” ungkapnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pelaku UMKM yang produknya dipasarkan di Pojok UMKM BCA telah menjalani pelatihan pengemasan produk, bekerja sama dengan Indonesian Design Development Center (IDDC) Kementerian Perdagangan. Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada pelaku usaha tentang cara mengemas produk yang menarik dan praktis dari segi desain, sehingga dapat meningkatkan nilai jual produk dan membuatnya layak untuk diekspor.

Adapun produk yang dipasarkan di Pojok UMKM BCA mencakup makanan, minuman, dan kerajinan tangan. Untuk menjaga keberagaman dan kualitas produk, barang yang dijual akan secara berkala diganti dengan karya pelaku usaha lain yang akan dikurasi terlebih dahulu.

Pojok UMKM BCA di KCU Padang merupakan kelanjutan dari acara Sertifikasi Halal UMKM di Sumatera Barat pada 12 Desember 2023, yang melibatkan lebih dari 400 UMKM. Pilot project ini bertujuan untuk membangun ekosistem yang memberikan akses pasar lebih luas kepada UMKM guna mendukung pertumbuhan usaha mereka.

Dalam mendukung perkembangan UMKM, BCA telah mengimplementasikan berbagai inisiatif, termasuk fasilitasi penerbitan 967 sertifikat halal di berbagai daerah, pelatihan ekspor bagi 60 UMKM di Yogyakarta dan Semarang, serta memfasilitasi 10 UMKM terpilih untuk berpartisipasi pada ajang Trade Expo Indonesia yang diadakan Kementerian Perdagangan pada 2023 lalu. Selama tahun 2023, BCA mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit UMKM sebesar 13,4% Year-on-Year (YoY) mencapai Rp116,0 triliun.

Dengan Pojok UMKM BCA, diharapkan BCA dapat terus menjadi motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi di sektor UMKM, memberikan peluang lebih luas bagi pelaku usaha kecil untuk berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...