Selasa, 08 Oktober 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Begini Cerita Dibalik Harbolnas, Penggila Diskon Wajib Tahu!

Posted by: 2526 viewer

Begini Cerita Dibalik Harbolnas, Penggila Diskon Wajib Tahu!
Ilustrasi belanja online (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bagi penggila diskon, tentunya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada hari ini, Senin (11/11) menjadi hari yang paling dinanti-nantikan. Kenapa? Karena banyak promo menarik yang ditawarkan oleh sejumlah pelaku bisnis online. Mereka berlomba-lomba memberikan promo demi bisa menggaet hati calon konsumennya.

Tapi tahukah anda cerita di balik Harbolnas yang sesungguhnya? Berikut ulasan yang INFOBRAND.ID rangkum dari berbagai sumber. Cekidot..

Diperingati di China

Harbolnas disebut juga sebagai Hari Single Day. Awalnya diperingati di China oleh perusahaan belanja online Alibaba, hingga akhirnya kini menjalar ke sejumlah negara Asia lainnya, termasuk Indonesia yang hari ini sedang ramai.

IKLAN INFOBRAND.ID

Single Day yang dicetuskan oleh Chief Executive Alibaba, Daniel Zhang ini menjadi salah satu strategi jitu yang diluncurkan para pemilik bisnis online. Karena antusias masyarakat cukup tinggi, akhirnya banyak pelaku bisnis online lainnya menerapkan hal demikian sebagai bagian dari strategi penjualan mereka. Tak heran kalau banyak penjual menjajakan barang dagangannya di media sosial bahkan hingga setengah harga agar bisa menggaet banyak pembeli.

Baca juga: 6 E-Commerce Ini Ikut Meriahkan Harbolnas 11.11, Mana Lebih Menarik?

11.11 Hari anti-Valentine

Tanggal 11.11 boleh dibilang sebagai Hari anti-Valentine atau Hari Jomblo yang jadi kesempatan bagi para bujangan di China untuk berbelanja sendiri. Promosi ini berkontribusi untuk menjadikan perusahaan Alibaba paling bernilai dengan sekitar dua pertiga pasar e-commerce negara tersebut.

Di tahun 2018, penjualan Single Day mencapai 30 miliar dolar AS atau naik 27 persen dari tahun 2017 dan melebihi dari hari belanja online di AS yakni Black Friday dan Cyber Monday bila digabungkan.

Berebut Turunkan Diskon

Menurut orang yang akrab dengan masalah ini, tahun ini Alibaba menargetkan bisa meraup hingga 15 miliar dolar AS dalam daftar sekunder di Hongkong. Begitu juga dengan pengecer lain yang tak ingin ketinggalan. Mereka memangkas harga hingga 50 persen atau bahkan lebih.

IKLAN INFOBRAND.ID

Direktur pelaksana Asia untuk Edge by Ascential, perusahaan data dan analitik e-commerce, Declan Kearney merekomendasikan bahwa perusahaan terkenal membatasi diskon sebesar 15 persen sampai 20 persen.

“Jika anda memiliki merek seperti Nike, anda terpaksa menawarkan diskon, tetapi kuncinya adalah tidak terlibat dalam perang harga dan tidak merendahkan citra premium anda,” katanya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Catat, Ini Jadwal Peluncuran realme 13 Series 5G di Indonesia

Catat, Ini Jadwal Peluncuran realme 13 Series 5G di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - realme tengah bersiap melengkapi rangkaian produk 13 series-nya di Indonesia dengan mempersiapkan peluncuran dari realme 13 se...


TRIV Kantongi Izin Perdagangan Aset Crypto BAPPEBTI

TRIV Kantongi Izin Perdagangan Aset Crypto BAPPEBTI
INFOBRAND.ID - TRIV, salah satu platform perdagangan aset crypto terkemuka di Indonesia yang berdiri sejak 2015, mendapatkan izin penuh Perdagangan Fi...


Lakukan Pembaruan, Durasi Shorts di YouTube Kini bisa 3 Menit

Lakukan Pembaruan, Durasi Shorts di YouTube Kini bisa 3 Menit
INFOBRAND.ID, JAKARTA - YouTube kembali melakukan pembaruan signifikan pada layanan video pendeknya yaitu Shorts dengan memberikan perpanjangan durasi...


Royal Enfield Boyong Motor Custom Phoenix di Kustomfest 2024

Royal Enfield Boyong Motor Custom Phoenix di Kustomfest 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Royal Enfield memperkenalkan Phoenix – sepeda motor kustomisasi pertama yang dibangun bersama AMS Garage pada Kustomfest...