Jum'at, 23 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Begini Cerita Dibalik Harbolnas, Penggila Diskon Wajib Tahu!

Posted by: 2061 viewer

Begini Cerita Dibalik Harbolnas, Penggila Diskon Wajib Tahu!
Ilustrasi belanja online (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bagi penggila diskon, tentunya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada hari ini, Senin (11/11) menjadi hari yang paling dinanti-nantikan. Kenapa? Karena banyak promo menarik yang ditawarkan oleh sejumlah pelaku bisnis online. Mereka berlomba-lomba memberikan promo demi bisa menggaet hati calon konsumennya.

Tapi tahukah anda cerita di balik Harbolnas yang sesungguhnya? Berikut ulasan yang INFOBRAND.ID rangkum dari berbagai sumber. Cekidot..

Diperingati di China

Harbolnas disebut juga sebagai Hari Single Day. Awalnya diperingati di China oleh perusahaan belanja online Alibaba, hingga akhirnya kini menjalar ke sejumlah negara Asia lainnya, termasuk Indonesia yang hari ini sedang ramai.

IKLAN INFOBRAND.ID

Single Day yang dicetuskan oleh Chief Executive Alibaba, Daniel Zhang ini menjadi salah satu strategi jitu yang diluncurkan para pemilik bisnis online. Karena antusias masyarakat cukup tinggi, akhirnya banyak pelaku bisnis online lainnya menerapkan hal demikian sebagai bagian dari strategi penjualan mereka. Tak heran kalau banyak penjual menjajakan barang dagangannya di media sosial bahkan hingga setengah harga agar bisa menggaet banyak pembeli.

Baca juga: 6 E-Commerce Ini Ikut Meriahkan Harbolnas 11.11, Mana Lebih Menarik?

11.11 Hari anti-Valentine

Tanggal 11.11 boleh dibilang sebagai Hari anti-Valentine atau Hari Jomblo yang jadi kesempatan bagi para bujangan di China untuk berbelanja sendiri. Promosi ini berkontribusi untuk menjadikan perusahaan Alibaba paling bernilai dengan sekitar dua pertiga pasar e-commerce negara tersebut.

Di tahun 2018, penjualan Single Day mencapai 30 miliar dolar AS atau naik 27 persen dari tahun 2017 dan melebihi dari hari belanja online di AS yakni Black Friday dan Cyber Monday bila digabungkan.

Berebut Turunkan Diskon

Menurut orang yang akrab dengan masalah ini, tahun ini Alibaba menargetkan bisa meraup hingga 15 miliar dolar AS dalam daftar sekunder di Hongkong. Begitu juga dengan pengecer lain yang tak ingin ketinggalan. Mereka memangkas harga hingga 50 persen atau bahkan lebih.

IKLAN INFOBRAND.ID

Direktur pelaksana Asia untuk Edge by Ascential, perusahaan data dan analitik e-commerce, Declan Kearney merekomendasikan bahwa perusahaan terkenal membatasi diskon sebesar 15 persen sampai 20 persen.

“Jika anda memiliki merek seperti Nike, anda terpaksa menawarkan diskon, tetapi kuncinya adalah tidak terlibat dalam perang harga dan tidak merendahkan citra premium anda,” katanya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Pokemon

Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Pokemon
INFOBRAND.ID - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, secara resmi mengumumkan peluncuran livery terbarunya yakni kartun Pokemon yang lucu pa...


Lindungi Pengguna, WhatsApp akan Batasi Screenshot Foto Profil

Lindungi Pengguna, WhatsApp akan Batasi Screenshot Foto Profil
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Aplikasi pesan instan, WhatsApp, tengah melakukan pengetesan untuk pembatasan tangkapan layar atau screenshot pada foto profil...


Garuda Indonesia Laksanakan CNY Sales Blitz di Kuala Lumpur

Garuda Indonesia Laksanakan CNY Sales Blitz di Kuala Lumpur
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Maskapai nasional Garuda Indonesia menggelar "Chinese New Year (CNY) Sales Blitz 2024" selama empat hari sejak 19 Fe...


Analisis Ekonomi: Tahan BI-Rate di level 6% dapat Menekan Inflasi jelang Ramadhan

Analisis Ekonomi: Tahan BI-Rate di level 6% dapat Menekan Inflasi jelang Ramadhan
INFOBRAND.ID - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 20-21 Februari 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI-Rate sebesar 6,00%, suku bunga De...