Sabtu, 16 Januari 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Berdayakan Ibu-Ibu, Omset UKM Binaan Ninja Xpress Meningkat 5 Kali Lipat

Posted by: 18-11-2020 11:17 WIB 334 viewer

Berdayakan Ibu-Ibu, Omset UKM Binaan Ninja Xpress Meningkat 5 Kali Lipat
Kurir Ninja Express. (Foto: Ninja Xpress)

JAKARTA - Melalui program AKSILERASI gagasan Ninja Xpress, Hody.id jadi UKM yang berhasil menerapkan jurus Aikido sehingga dapat naik kelas dan go digital dengan berhasil meningkatkan omzet hingga lima kali lipat. UKM perlu memahami beberapa hal, seperti kemampuan membaca trend pasar, menganalisa data, hingga mengolah laporan keuangan yang tepat agar dapat meraih Quick Win di tengah arus krisis pandemi COVID-19.

Sama seperti yang dilakukan Hody.id, jurus Aikido dari para mentor profesional AKSILERASI tersebut menjadi penting untuk diterapkan UKM supaya bisnis dapat bertahan dan selamat dari situasi krisis. Dalam situasi terdesak dan berbahaya, punya kemampuan bela diri seperti Aikido jadi keuntungan tersendiri supaya kita bisa bertahan, melawan, dan keluar dari marabahaya dalam kondisi sehat walafiat.

Mira Nur pendiri Hody.id melalui siaran media mengatakan, sejak mengalami penurunan daya beli dari bisnis utamanya yaitu Zola Leather. Mira pun memutar otak untuk tetap dapat mengoperasikan bisnisnya dan dapat mempertahankan SDM untuk tetap berpenghasilan di tengah krisis pandemi COVID-19.

Hody.id dengan tas berbahan sintetis ini dapat dikatakan sebagai produk pandemi yang sukses setelah menerapkan berbagai jurus Aikido yang didapatkan dari kelas AKSILERASI. Pasalnya, produk yang baru lahir di tengah pandemi ini, dan dalam waktu kurang dari satu tahun, reseller Hody.id berhasil merangkak naik hingga 27 persen, diikuti dengan follower Instagram yang juga merangkak naik 8 persen hingga saat ini.

Mira melalui Hody.id juga berhasil memberdayakan ibu-ibu “Jago Jualan” yang datang dari seluruh pelosok daerah yang tersebar di Indonesia untuk bergabung menjadi reseller Hody.id. Dengan menerapkan sistem sharing profit untuk para reseller dan juga melakukan kampanye kreatif melalui media sosial.

Mira berhasil merapkan secara langsung materi creative campaign dan public speaking yang didapat dari kelas AKSILERASI ke dalam bisnis. Mira mengaku materi tersebut sebagai materi kelas yang paling menjadi perhatian Mira dalam bimbel intensif  AKSILERASI.

Tidak hanya itu, belum lama ini, Hody.id juga telah meluncurkan produk baru dan berhasil terjual 120 ribu pcs oleh para reseller hanya dalam waktu 25 jam. Hal ini tentu hasil dari penerapan ilmu dari bimbel intensif AKSILERASI.

Ligwina Hananto selaku Lead Financial Trainer @QM_Financial yang juga sebagai mentor AKSILERASI mengatakan, Omzet naik berlipat merupakan sebuah prestasi bagi UKM itu sendiri. Akan tetapi, seorang pemilik bisnis tidak bisa lengah dan harus segera memeriksa laporan keuangannya, dengan cara memastikan variable cost harus sudah dikunci dan fixed cost dalam keadaan terpantau. Hal lain yang perlu diingat bagi para pegiat UKM, Omzet naik merupakan sebuah prestasi. Tapi lebih dari itu, profit jadi prestasi utama yang harus diraih oleh UKM.

“Lebih dari 70% UKM yang saya temui dalam berbagai workshop bisnis hasil berkeliling Indonesia, memang masih butuh pendampingan. Terutama di bidang pengelolaan finansial,” ucap Ligwina.

Pada kelas AKSILERASI gagasan Ninja Xpress ini Ligwina membagikan 2 hal yang harus segera diperbaiki oleh UKM di Indonesia. Pertama, dalam hal mindset untuk berpikir dengan analisis, UKM perlu memiliki data untuk dapat menganalisa terhadap bisnis apapun, sehingga keputusan yang dibuat hasil dari pemikiran analisis dengan data yang tepat.

“Keputusan yang baik akan muncul jika pemilik bisnis mengkombinasikan daya analisisnya melalui data dan insting yang seimbang,” ucap Ligwina.

Kedua, tidak kalah penting yaitu pengetahuan finansial. UKM harus punya  pengetahuan finansial yang memadai. Pegiat UKM harus memiliki laporan keuangan yang jelas dan dapat dipahami.

Ligwina menambahkan, laporan keuangan akan membuat pegiat UKM mengerti hal yang sedang terjadi di dalam bisnis dan dapat lebih cermat dalam menjalankan bisnis. Program AKSILERASI batch pertama oleh Ninja Xpress ini berhasil mempertemukan 20 UKM dari berbagai industri dengan 12 mentor yang ahli dibidangnya.

Mira, salah satu peserta UKM AKSILERASI ini merasa beruntung dapat mengikuti Bimbel intensif dari Ninja Xpress. Sehingga UKM di Indonesia dapat naik kelas di tengah krisis pandemi COVID-19. Tidak hanya mendapatkan ilmu yang langsung dapat diterapkan pada bisnis. AKSILERASI itu dinilai sebagai tempat memperluas networking.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Investree Philippines Jadi Platform Crowdfunding Pertama untuk Pembiayaan UKM di Filipina

Investree Philippines Jadi Platform Crowdfunding Pertama untuk Pembiayaan UKM di Filipina
JAKARTA - Perusahaan joint venture berbasis fintech antara Filinvest Development Corp (FDC) resmi menerima persetujuan dari Komisi Sekuritas dan Bursa...


Telurkan Bibit Unggul Atlet Esport Indonesia, Garena Resmikan Free Fire Master League Season III

Telurkan Bibit Unggul Atlet Esport Indonesia, Garena Resmikan Free Fire Master League Season III
JAKARTA - Garena, perusahaan platform internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia, akan menggelar Free Fire Master League Season III (FFML Season II...


Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan, BlueBird akan Luncurkan Versi Terbaru Aplikasi MyBlueBird

Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan, BlueBird akan Luncurkan Versi Terbaru Aplikasi MyBlueBird
JAKARTA - Blue Bird, perusahaan transporasi terkemuka di Indonesia berencana meluncurkan versi terbaru dari aplikasi MyBlueBird. Dalam waktu dekat ver...


MSI Kenalkan Laptop Gaming GE76 Raider Dragon Edisi Tiamat

MSI Kenalkan Laptop Gaming GE76 Raider Dragon Edisi Tiamat
JAKARTA - Menjelang ulang tahun MSI ke-35, perusahaan ini memperkenalkan standar terbaru untuk sebuah laptop gaming, yakni GE76 Raider Dragon Edition...