Kamis, 28 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Berhasil Bangkit Pasca Pandemi, Presdir Dharma Polimetal Sabet Top Executive Award 2022

Posted by: 1548 viewer

Berhasil Bangkit Pasca Pandemi, Presdir Dharma Polimetal Sabet Top Executive Award 2022
Presdir Dharma Polimetal Sabet Top Executive Award 2022

INFOBRAND.ID, Jakarta – PT Dharma Polimetal Tbk, perusahaan yang bergerak di bidang komponen otomotif berhasil memanfaatkan momentum kebangkitan ekonomi pasca pandemi dengan mangantongi laba Rp215 miliar, melesat 25% di tahun 2021. Melanjutkan pertumbuhannya, tahun ini emiten berkode DRMA ini manargetkan laba Rp300 miliar.

President Director PT Dharma Polimetal Tbk, Irianto Santoso mengungkapkan, pertumbuhan bisnis perusahaan bagian dari Triputra Group ini didorong oleh membaiknya penjualan otomotif di dalam negeri, sebanyak 850 ribu unit untuk kendaraan roda 4 dan 3,9 juta unit untuk sepeda motor. Meskipun penjualan otomotif di tahun 2021 masih di bawah tahun 2019 atau sebelum pandemi, mencapai 1,05 juta untuk mobil dan 5,2 juta untuk sepeda motor Honda, tapi telah berhasil dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

Dengan peningkatan tersebut, kondisi DRMA sudah menjadi jauh lebih baik. Dimana perusahaan berhasil menorehkan pendapatan Rp2,9 triliun, lebih tinggi dari tahun 2019 yang hanya Rp2,7 triliun. Dan melesat dibanding tahun 2020, yang sempat anjlok menjadi Rp1,9 triliun.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dari pendapatan tersebut, perusahaan pun berhasil membukukan laba sebesar Rp215 miliar, sudah lebih tinggi dibanding laba tahun 2019 yang hanya Rp170 miliar, dan melesat dari laba tahun di tahun 2020 yang hanya Rp8 miliar. Itu baru laba dari core bisnis, jika ditambah dengan hasil penjualan fix aset berupa tanah dan pabrik yang sudah tidak digunakan, di Balajara, laba perusahaan sebesar Rp308 miliar.

Di tahun 2022, menurut Irianto, pertumbuhan kinerja perusahaan pun kian melesat, dimana hingga bulan September atau Q3 2022, perusahaan telah berhasil mencatatkan penjualan Rp2,7 triliun, sudah sama dengan tahun tahun 2019, dan kurang sedikit dibanding tahun 2021 sebesar Rp2,9 triliun.

”Padahal masih ada 3 bulan lagi. Saat ini sudah di bulan Desember, kita sudah tahun di Bulan Oktober berapa, November berapa, kami dengan angka-angka yang ada, maka kami yakin dan mempunyai target sampai bulan Desember ini, target kita bisa di atas 3,5 triliun rupiah, ada kenaikan hampir 20% dari tahun lalu,” jelasnya.

Dan untuk laba, juga sampai bulan September 2022, telah sebesar Rp250 miliar. Kalau dibanding tahun 2021, dari core bisnis sebesar Rp215 miliar, sudah ada kenaikan. Dan sampai akhir Desember, diyakini akan mencapai di atas Rp300 miliar.

Pertumbuhan kinerja keuangan yang melesat, menurut Irianto, berkat kebijakan yang terapkan perusahaan tahun pertama pandemi di tahun 2020. Dimana perusahaan banyak melakukan improvement dari segi proses, pemakaian material, tenaga kerja, dan mesin. Di tambah sudah terbiasa, melakukan dengan efisiensi dan produktivity yang jauh lebih tinggi, pada masa pandemi 2020.

IKLAN INFOBRAND.ID

”Itu menjadi standar baru di tahun 2021 dan 2022, dan satu lagi, dengan kenaikan revenue yang luar biasa, tentunya akan membuat fix cost yang jauh lebih kecil,” ungkap Irianto.  

Selain itu, keberhasilan perusahaan juga tidak lepas dari arahan President Director, yang selalu menanamkan prinsip nothing is imposible, bahwa tidak ada hal yang mustahil jika mau melakukan dan melaksanakannya. Kemudian dengan DNA Triputra, DNA Dhamra yang nomor dua yaitu Excellence, bahwa kita harus menghasilkan karya yang lebih dari yang diharapkan dalam situasi apapun.

Sehingga kita selalu berpikir, bagaimana kita bisa mencapai target kita, bahkan melebihinya. Dan itu saya selalu berharap, menyampaikan kepada seluruh insan Dharma, agar menjadi benar-benar menjadi DNA seluruh karyawan yang ada di Dharma Group.

Kemudian tahun depan, tahun 2022 kita juga punya moto, Play to Win in the New Era, karena menjadi perusahaan publik mulai Desember 2021 lalu, yang membuat tahun 2022 berada dalam situasi yang baru, dimana performance perusahaan akan dilihat banyak orang, oleh banyak pihak, sehingga perusahaan harus menunjukkan, kinerja atau performance yang benar-benar bisa memuaskan semua.

”Nah itu baru bisa dicapai kalau kita punya prinsip bahwa kita harus menghasilkan karya yang lebih dari yang diharapkan,” jelas Irianto.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berkat keberhasilan Irianto Santoso dalam memimpin perusahaan dalam pertumbuhan bisnis, dirinya berhasil menyabet penghargaan Top Executive Award 2022 dengan predikat Great Leader of The Year. Top Executive Award 2022, sebuah apresiasi dan penghargaan kepada pemimpin perusahaan dengan kinerja terbaik dalam memimpin dan mengelola perusahaan sehingga mampu menciptakan revenue, profit dan image positif perusahaan.

Top Executive Award 2022, dihadirkan oleh INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, sebuah perusahaan consulting yang fokus pada perkembangan brand dan perusahaan. Penghargaan ini diharapkan menjadi bukti keberhasilan pemimpin perusahaan membawa kinerja secara positif hingga memiliki performa perusahaan yang baik, yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik/masyarakat terhadap perusahaan. Dan memacu pemimpin perusahaan-perusahaan lainnya bekerja lebih baik.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Popular di Ranah Digital, Simba Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Popular di Ranah Digital, Simba Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand sereal yang berada di bawah naungan PT Simba Indosnack Makmur, Simba, berhasil menyabet penghargaan Indonesia Digi...


Hadirkan Produk Andal, Cosmos Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Hadirkan Produk Andal, Cosmos Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand produk peralatan rumah tangga Cosmos berhasil memperoleh penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA)...


Hadirkan Konten Relevan, Hansaplast Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Hadirkan Konten Relevan, Hansaplast Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand plester luka Hansaplast sukses meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand 2024 dari media INFOBRAND.ID bek...


Untuk ke-32 Kalinya, INFOBRAND.ID Sukses Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Untuk ke-32 Kalinya, INFOBRAND.ID Sukses Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah persaingan yang semakin sengit, tingkat popularitas brand menjadi salah satu kunci sukses penjualan produk seb...