Ahad, 20 April 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Berinovasi Hadirkan Susu Nabati dari Kacang Mede Arummi Sabet Top Innovation Choice Award

Posted by: Agus Aryanto | 20-08-2024 11:59 WIB | 3230 views

Berinovasi Hadirkan Susu Nabati dari Kacang Mede Arummi Sabet Top Innovation Choice Award Penyerahan penghargaan Top Innovation Choice Award 2024 untuk Arummi, dalam kegiatan Exclusive Appreciation Ceremony, Senin (19/8/2024).

INFOBRAND.ID - Arummi merek di bawah naungan PT Teknologi Nutrimen Sehat berinovasi menghadirkan produk inovatif susu kacang mede. Susu ini diklaim sebagai susu kacang mede lokal pertama di Indonesia yang aman dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa karena rendah kalori, rendah gula, dan tidak mengandung kolesterol.

Raja Aulia Rezza Abdalla, Co-Founder dan Chief Operating Officer Arummi Foods menjelaskan, inovasi tersebut muncul dari pengalaman pribadi yang tidak bisa mengkonsumsi susu sapi karena alergi. Karena itu dicarilah alternatif susu berbahan nabati. Dan dari proses pencarian bahan dasar yang dilakukan, ditemukan fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu penghasil kacang mede terbesar di Asia Tenggara.

“Arummi hadir untuk memberikan alternatif yang sehat, ramah lingkungan dan aman dikonsumsi oleh semua kalangan terutama mereka yang lactose intolerance maupun alergi susu hewani,” jelas Raja.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pemilihan kacang mede sebagai alternatif pengganti susu sapi, karena memiliki kandungan asam amino esensial yang penting sebagai bahan penyusun protein yang tidak dapat disintesis sendiri oleh tubuh. Kacang mede juga kaya akan copper (tembaga) dan magnesium, Tembaga berperan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh, Magnesium penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang tulang, Asam folat bermanfaat untuk mencegah anemia, serta mencegah cacat lahir.

“Apalagi selama hamil dan menyusui terdapat tambahan kebutuhan asam folat dibanding wanita dewasa pada umumnya, yaitu 200 mikrogram selama hamil dan 100 mikrogram selama menyusui. Asam folat juga terdapat dalam kacang mede, namun untuk memenuhi kebutuhan untuk mendukung kesehatan wanita, ibu hamil, dan menyusui kita tambahkan asam folat (fortifikasi) sehingga dapat mencukupi 30% dari kebutuhan asam folat harian,” jelas Raja.

Dari inovasi yang dilakukan, Arummi saat ini telah menghasilkan dua varian produk yakni; Arummi Cashew Milk saat ini memiliki 2 varian yaitu Arummi Cashew Milk Classic dan Arummi Cashew Milk Barista. Dan Arummi Classic cocok untuk diminum langsung, dicampur cereal, atau oat. Sedangkan, varian Barista cocok untuk dicampur minuman, makanan dan banyak kreasi lainnya.

Adapun kandungan yang terdapat dari dua varian produk tersebut antara lain; untuk varian Classic mengandung 100 kkal/serving sedangkan varian Barista mengandung 80 kkal/serving. Dan rendah gula, dimana untuk varian Classic lebih rendah gula dibanding susu plant-based lain, sedangkan varian Barista tergolong rendah gula berdasarkan kategori klaim pangan BPOM.

“Produk Arummi Cashew Milk juga rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, sehingga aman bahkan sehat untuk dikonsumsi setiap hari,” jelas Raja.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Raja, Arummi Cashew Milk dapat dikonsumsi semua kalangan mulai dari anak diatas 2 tahun, hingga dewasa. Susu ini dapat dikonsumsi 2-3 gelas/hari, namun juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tiap individu yang mungkin berbeda-beda. Dan karena bebas susu hewani, bebas laktosa, bebas glutten, bebas kolesterol, sehingga cenderung aman dikonsumsi oleh orang dengan kondisi khusus seperti lactose intolerance, alergi susu sapi, hingga mereka yang mau mencari alternatif produk yang sehat.

Dengan segudang manfaat yang dimiliki, namun diakui Arummi Cashew Milk merupakan produk baru, sehingga perlu melakukan edukasi pasar dan marketing yang gencar. Karena itu saat ini perusahaan fokus pada edukasi konsumen tentang manfaat kesehatan dari Arummi Cashew Milk, seperti rendah kalori, bebas kolesterol, dan aman bagi mereka yang lactose intoleran.

“Di berbagai platform (social media, website) juga kami berkolaborasi dengan ahli gizi, dokter, dan influencer kesehatan untuk menyoroti pentingnya memilih produk yang mendukung gaya hidup sehat,” jelas Raja.

Untuk pemasaran, Arummi kini tersedia di lebih dari 700 supermarket di Indonesia, ecommerce dan e-groceries. Arummi Foods juga telah menjalin berbagai kolaborasi dengan mitra horeca (hotel, restaurant, dan cafe) seperti Titik Temu Coffee, Anomali Coffee, Two Thrds, BGS Bali, dan Baker’s Corner. Diikuti dengan beberapa kolaborasi mendatang diantaranya yaitu, Bloomery Cake & Patisserie, Feel Matcha, Shell Deli2go, Kopi Nako, dan NOB.

“Respon masyarakat terkait produk kami maupun kolaborasi dengan berbagai horeca partner sejauh ini sangat positif, sehingga mendorong kami untuk terus berinovasi untuk dapat menjawab permintaan masyarakat sehingga arummi bisa dinikmati lebih banyak orang,” tutup Raja.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berkat inovasi yang dihadirkan, Arummi juga berhasil menyabet Top Innovation Choice Award 2024, untuk inovasi Arummi Cashew Milk “Revolutionizing Indonesia Dairy Alternative”. Top Innovation Choice Award sendiri merupakan penghargaan bergengsi di bidang inovasi yang dianugerahkan TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID kepada perusahaan/brand atas keberhasilan mereka menciptakan inovasi atas produk atau layanan.

“Kami meyakini inovasi yang dihadirkan oleh Arummi tidak hanya jawaban atas kebutuhan konsumen, tapi juga perkembangan bisnis perusahaan yang terus tumbuh dan bergerak dengan persaingan yang sangat kompetitif. Inovasi juga merupakan strategi perusahaan untuk dapat bertahan, bahkan berkembang, dan memenangkan persaingan di industrinya,” ujar Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID dalam Exclusive Appreciation Ceremony, Senin (19/8/2024).(***)

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!