Jum'at, 19 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bisnis Online dan Digital Branding

Posted by: 4739 viewer

Penulis: Dr. Dita Amanah, MBA Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Bisnis Online dan Digital Branding
Digital branding. (Foto: Unsplash)

Tren pembelian online di masa new normal memicu perkembangan bisnis online di Indonesia. Di balik kondisi ekonomi yang menurun, justeru ada titik terang yang menciptakan peluang baru yaitu perdagangan elektronik yang semakin pesat berkembang akibat berkembangnya teknologi.

Transaksi pembelian secara online terus meningkat sejak pandemi hingga saat ini disebabkan munculnya konsumen baru yang beralih dari berbelanja secara konvensional (offline) ke online. Fenomena belanja online yang semakin disenangi konsumen menjadikan pelaku bisnis juga merubah bisnis mereka menjadi online, yang sebelumnya memasarkan produk secara konvensional. Pelaku bisnis saat ini bukan saja dikuasai kelompok, tetapi individu juga sudah banyak menjalankan bisnis online yang artinya persaingan di dalam perdagangan elektronik semakin ketat.    

Terkait dengan itu, kata kunci pada persaingan saat ini adalah strategi. Setiap pelaku bisnis harus memiliki strategi bersaing yang tepat agar dapat bertahan dan menjadi unggul dibanding yang lain. Salah satunya adalah dengan melakukan digital branding. Digital branding adalah pemilihan identitas oleh toko online yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen yang menjadikannya berbeda dengan pesaing.

Jadi harus dibuat menarik dan unik agar konsumen ingat dan terus tertanam di benak mereka. Aspek seperti logo, slogan, nama, warna, desain website, konten dan yang lainnya pada bisnis yang dijalankan harus diciptakan untuk memenuhi keunikan dan kemenarikan tersebut. Dominasi pasar saat ini sangat dipengaruhi oleh kekuatan digital yang wajib dibangun oleh setiap pelaku bisnis. Pemanfaatan kekuatan digital dalam mencipakan merek menjadi keberhasilan pelaku bisnis saat ini.

Bagaimana membentuk digital branding? Diawali dengan menyadarkan konsumen akan merek yang sudah diciptakan (brand awareness) kemudian membentuk citra merek tersebut (brand image) diakhiri dengan menempatkan merek pada sebanyak mungkin media sosial yang tersedia saat ini agar dapat dilihat dan dikenal oleh masyarakat luas. Jadi, media sosial merupakan salah satu wadahnya, dimana pelaku bisnis mengkomunikasikan identitas (nilai-nilai merek) yang jika dilakukan dengan tepat maka akan menghasilkan kebermaknaan hubungan dengan konsumen.  

IKLAN INFOBRAND.ID

Era digital mewajibkan para pelaku bisnis mengadopsi strategi pemasaran digital agar dapat menang di pasar digital. Keunggulan-keunggulan produk dikomunikasikan secara online sehingga menunjukkan kepada banyak orang bahwa bisnis yang sedang dijalani ada di dunia digital. Oleh karena itu penting bagi pelaku bisnis untuk benar-benar memahami dan menerapkan digital branding dengan memanfaatkan teknologi internet agar dapat tercipta interaksi yang bermanfaat dengan masyarakat pada umumnya dan konsumen secara khusus karena hubungan yang dibina dengan baik oleh pelaku bisnis pasti akan membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...