Kamis, 30 November 2023

Follow us:

infobrand

9th Spirit INFOBRAND

Bosch Automotive Aftermarket Perluas Jangkauan Care for Life ke Indonesia Timur

Posted by: 489 viewer

Bosch Automotive Aftermarket Perluas Jangkauan Care for Life ke Indonesia Timur
Ilustrasi Bosch

INFOBRAND.ID-Bosch Automotive Aftermarket (AA) perluas jangkauan kampanye “Care for Life” ke Indonesia Timur dengan menggandeng Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN) untuk membantu memulihkan kesehatan mata anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan. Implementasi kampanye dipusatkan di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, hari ini (19/5), dalam bentuk pemeriksaan mata kepada 250 anak dan warga, serta tindakan operasi katarak secara gratis bagi 40 orang dari kalangan membutuhkan. 

Laporan InfoDATIN: “Situasi Gangguan Penglihatan” (2018) yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan menyebut hanya ada empat dokter spesialis mata di Nusa Tenggara Timur. Dengan demikian, setiap dokter harus menangani 871.510 penduduk - menjadikan NTT sebagai provinsi dengan rasio perbandingan dokter dengan pasien tertinggi di Indonesia. Padahal, berdasarkan target nasional, idealnya satu dokter spesialis mata maksimal hanya melayani 250.000 penduduk.

“Melalui inisiatif ‘Care for Life’, Bosch AA berupaya untuk menciptakan dampak yang mengubah kehidupan anak-anak Indonesia. Inisiatif ‘Care for Life’ di Indonesia berfokus pada #CareForSight untuk meningkatkan kualitas penglihatan anak. Melalui pemeriksaan mata yang kami jalankan, kondisi pandangan anak-anak dapat terdeteksi sedini mungkin. Artinya, jika gangguan pandangan segera diketahui, potensi perbaikan dan kesembuhannya pun semakin tinggi. Dengan mata yang sehat, anak-anak bisa beraktivitas dengan optimal. Tak terkecuali untuk mobilitasnya, seperti berkendara ketika mereka dewasa kelak,” papar Agung Sinulingga, Sales Manager Automotive Aftermarket, Bosch di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

#CareForSight tahap kedua di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara ini dapat terselenggara berkat keterlibatan masyarakat yang turut memberikan donasi melalui halaman galang dana secara online. Selain itu, Bosch Automotive Aftermarket juga mengundang partisipasi pelanggan dan distributor, di mana setiap pembelian sepasang produk wiper Bosch Aerotwin Wiper, konsumen turut menyumbangkan Rp10.000 untuk pendanaan #CareForSight pada 20 Oktober s.d. 30 Desember 2022 lalu. Pada akhir periode tersebut, Bosch Automotive Aftermarket berhasil mengumpulkan dana dukungan sebesar Rp 200 juta yang sepenuhnya diserahkan kepada YTBN.

Sebelumnya, pelaksanaan #CareForSight tahap awal telah sukses dilangsungkan Oktober 2022 lalu di Jakarta dengan mengikutsertakan 120 anak sebagai penerima manfaat dalam bentuk pemeriksaan mata dan pemberian kacamata korektif.  

“Tak ingin berhenti di tahapan awal, kami di Bosch Automotive Aftermarket bertekad meneruskan #CareForSight agar bisa memberikan dampak yang lebih besar. Utamanya, bagi mereka yang berada di kawasan terpencil dengan akses terhadap fasilitas kesehatan - terlebih kesehatan mata - yang sangat terbatas,” lanjut Agung.

YTBN sendiri merupakan organisasi penggagas gerakan sosial Bakti Nusantara sejak 2016 yang bertujuan mendorong pembangunan di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) Indonesia melalui upaya pemenuhan hak pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Teguh mengatakan, “Daerah-daerah di perbatasan negara, seringkali luput dari perhatian berbagai pihak sehingga terjadi ketimpangan pembangunan di berbagai sektor, termasuk kesehatan. Karenanya, kami dari Yayasan Tunas Bakti Nusantara sangat mengapresiasi Bosch AA yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjadi mitra dalam perluasan inisiatif #CareForSight.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kami percaya kepedulian Bosch AA untuk meningkatkan kesehatan mata ini akan berdampak bagi anak-anak di Indonesia yang kelak akan menjadi penerus masa depan,” jelas dr. Teguh Dwi Nugroho, SpB., Subsp.BVE(K) selaku Ketua Yayasan Tunas Bakti Nusantara.

Dalam pelaksanaan #CareForSight di Kefamenanu, Timor Tengah Utara, Bosch AA dan YTBN menggandeng Rumah Sakit Umum Leona, Kefamenanu yang menyediakan tenaga kesehatan sekaligus fasilitas untuk pemeriksaan mata dan operasi katarak. Sementara, di lapangan, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Republik Demokrasi Timur Leste Sektor Barat Batalyon Kavaleri 10 Mendagiri (Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 10/Mendagiri) turut terlibat langsung dalam menjaring masyarakat setempat sebagai penerima manfaat program #CareForSight.

“Di RSU Leona, tiga kategori gangguan mata yang terbanyak kami tangani adalah katarak, kelainan refraksi dan infeksi mata. Penanganan gangguan mata seringkali terkendala lantaran pasien datang dalam kondisi yang sudah memburuk. Pemeriksaan mata sejak dini oleh dokter mata menjadi kunci! Karenanya, kami mendukung sepenuhnya program #CareForSight yang Bosch gagas ini. Harapan kami, inisiatif Bosch ini dapat memfasilitasi anak-anak untuk mendapatkan penanganan terhadap gangguan penglihatan seawal mungkin sehingga kualitas hidup mereka tidak terpengaruhi,” tukas drg. Rizky Anugrah Dewati selaku Direktur RS Umum Leona, Kefamenanu

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 10/Mendagiri Letkol Kav. Dody S. Simanjuntak, S.I.P. menyatakan apresiasinya, “Keterlibatan kami dalam program ini merupakan bakti TNI kepada negara. Kami yang terjun langsung di tengah masyarakat, melihat sendiri masih banyak warga Timor Tengah Utara yang mengalami kendala penglihatan sehingga mengganggu aktivitas mereka sehari-hari. Untuk menuntaskan itu, kolaborasi banyak pihak sangat penting untuk digiatkan. Melalui inisiatif Bosch bersama YTBN, RSU Leona dan TNI, kami optimistis dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat yang membutuhkan di Timor Tengah Utara.”  


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Perbesar Fanbase Jakmania, Macan Kemayoran Rilis Persija Apps

Perbesar Fanbase Jakmania, Macan Kemayoran Rilis Persija Apps
INFOBRAND.ID-Dalam rangka menyambut ulang tahun Persija Jakarta ke-95 dan membangun kedekatan dengan para fans, Macan Kemayoran (julukan Persija) melu...


Sinar Mas Land Gelar Festival UMKM 2023 di The Breeze BSD City

Sinar Mas Land Gelar Festival UMKM 2023 di The Breeze BSD City
INFOBRAND.ID-Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah menjadi roda penggerak perekonomian Indonesia karena memberikan dampak sign...


HUT Ke-45, NutriSari Hadirkan Produk Kemasan Jadul Botol Kaca

HUT Ke-45, NutriSari Hadirkan Produk Kemasan Jadul Botol Kaca
INFOBRAND.ID-Sebagai merek yang telah hadir selama 45 tahun di Indonesia, NutriSari ikut menemani perjalanan keluarga Indonesia melalui serangkaian pr...


Beby Tsabina Jadi Brand Ambassador, barenbliss Luncurkan Mousse Tint Terbaru

Beby Tsabina Jadi Brand Ambassador, barenbliss Luncurkan Mousse Tint Terbaru
INFOBRAND.ID-Brand kosmetik barenbliss (BNB) resmi memperkenalkan brand ambassador terbarunya, Beby Tsabina, pada November ini. Pada kesempatan itu, B...