Selasa, 17 September 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Posted by: 947 viewer

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic
gojek-tokopedia

INFOBRAND.ID- Garibaldi "Boy" Thohir, Bos PT Adaro Energy Tbk (ADRO) sekaligus Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah fundamental yang terjaga sehingga mampu mencetak profit. Hal ini berlaku bagi semua perusahaan termasuk yang berbasis tech company seperti GOTO.

"Orang bilang future, story line pada tech company. Berbeda dengan sekarang di mana harus bottom line-nya dulu. Karena era saat ini bukan hanya growth yang dipentingkan dan kembali back to basic, bahwa fundamentalnya harus bagus," jelasnya kepada Investor Daily, Kamis (26/1/23).

Ia mengatakan sudah mewanti-wanti hal tersebut dari jauh-jauh hari bahwa dalam berbisnis diharuskan menerapkan operasional yang efisien sehingga bisa mengantongi untung. "Kalau fundamentalnya bagus, kita ekspansi tidak tergantung dari investor, bisa dari cashflow sendiri sehingga company-nya sehat," ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih lanjut, kepada GOTO ia menyarankan untuk menata bisnis lebih baik lagi salah satunya dengan menerapkan efisiensi, mencetak untung dan bisnisnya mampu bertahan. "Imbauan saya sebagai yang lebih senior dari startup-startup itu pokoknya sekarang harus pikirin bisnis, go back to business. Namanya bisnis harus efisien, harus make profit, sehingga bisa sustain," pungkasnya.

Manajemen GOTO melaporkan total nilai transaksi (gross transaction value/GTV) kuartal III 2022 naik 33% mencapai Rp 161 triliun dari periode yang sama tahun sebelumnya dan melewati target kinerja yang telah ditetapkan antara Rp 151 triliun hingga Rp156 triliun. Sepanjang 9 bulan tahun ini, GTV GoTo mencapai Rp 451,47 triliun dari periode yang sama tahun tahun lalu Rp 324,94 triliun (proforma), meningkat 38,94%.

Sementara itu, pendapatan bruto Q3-2022 juga naik 30% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya mencapai Rp5,9 triliun, mencapai batas atas pedoman yang ditetapkan antara Rp5,7 triliun hingga Rp 6,0 triliun. Pendapatan kotor dalam 9 bulan tahun ini juga naik 42,01% menjadi Rp 16,63 triliun dari sebelumnya Rp 11,71 triliun (proforma). Sementara itu, pendapatan bersih selama 9 bulan juga melesat 134,41% menjadi Rp 7,97 triliun periode yang sama tahun lalu Rp 3,40 triliun.

Sementara itu, rugi EBITDA yang disesuaikan sebesar Rp 3,7 triliun di kuartal III-2022, turun 11% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dan 10% lebih kecil dibanding kuartal II-2022.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Inisiatif Tower Bersama Perangi Stuntung di Daerah 3T

Inisiatif Tower Bersama Perangi Stuntung di Daerah 3T
INFOBRAND.ID - Hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 yang menunjukkan bahwa stunting masih menjadi masalah serius di Indonesia dengan prevalen...


Bukukan Kinerja Positif Setiap Tahun, Asuransi Astra Sabet Tiga Penghargaan

Bukukan Kinerja Positif Setiap Tahun, Asuransi Astra Sabet Tiga Penghargaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perkembangan dan perubahan terkini secara signifikan memengaruhi lanskap ekonomi Indonesia, menandai pertumbuhan di berbagai a...


Berkat Inovasi, Brand Lokal Mercon Merah Putih Makin Diminati Konsumen

Berkat Inovasi, Brand Lokal Mercon Merah Putih Makin Diminati Konsumen
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah tantangan globalisasi dan persaingan pasar yang ketat, brand lokal Indonesia tampil sebagai simbol kekuatan da...


Ramaikan Pasar Ponsel Rp1 Juta-an di Indonesia, Itel Resmi Rilis A80

Ramaikan Pasar Ponsel Rp1 Juta-an di Indonesia, Itel Resmi Rilis A80
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Itel, salah satu merek ponsel pintar yang terkenal, baru saja memperkenalkan produk terbaru mereka, Itel A80, yang dirancang u...