Kamis, 23 Januari 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Brand Adalah Doa

Posted by: 05-08-2019 09:05 WIB 520 viewer

Brand Adalah Doa
H. Erie Riza Nugraha, Ketua Inkubator Bisnis Teknologi Usakti

Seorang pujangga kelas dunia, William Shakespeare (1564 – 1616) pernah mengatakan “What is in a name” , apalah arti sebuah nama.

Namun bagi kebanyakan kita, apapun suku dan agamanya, nama selalu mengandung makna tertentu, yang merupakan sebuah doa yang disematkan orang tua untuk anaknya.

Bisakah 'nama adalah doa' dijelaskan secara ilmiah?

Dalam sebuah artikel di merdeka.com tanggal 4 Maret 2017  https://buff.ly/2YpgcBQ menyatakan, bahwa ternyata hal ini cukup erat kaitannya dengan sains, di mana penamaan anak punya dampak yang cukup serius dalam jangka panjang. Berbagai riset ternyata telah menunjukkan kalau sebuah nama saja bisa mempengaruhi berbagai hal seperti kesuksesan hingga popularitasnya di masa depan.

Dilansir dari Medical Daily, seorang profesor yang meneliti tentang hal ini menyatakan bahwa ada 4 kategori sebuah nama dipandang masyarakat: dipandang sebagai nama yang beretika dan perhatian, nama yang menyenangkan dan populer, nama feminin, serta nama maskulin. Menurut sang profesor, sebuah nama bisa dianalisa bagaimana nama tersebut masuk dalam kategori apa sebuah nama bisa mencetak angka tinggi di sebuah kategori, namun bisa sangat rendah di kategori lain.

Sebagai contoh, sang profesor menemukan kesimpulan dari riset bahwa guru akan memberi nilai lebih baik pada seorang siswa dengan nama yang terdengar pintar. Selain itu, para pemilih untuk ajang kontes kecantikan akan cenderung memilih kontestan dengan nama yang feminin.

Jadi dalam memberi nama anak, jika Anda memberi nama anak dengan nama yang terdengar jenius, dia bisa jadi akan benar-benar pintar. Begitupun dengan memberi nama anak dengan nama yang sangat feminin, dia akan tumbuh jadi anak yang cantik.

Identik dengan penamaan seorang anak oleh orang tuanya, penamaan sebuah bisnis melalui brand / merek haruslah mengandung makna tertentu, yang merupakan sebuah doa yang disematkan pendiri (founder) untuk bisnisnya.

Pengertian brand / merek sangat banyak sekali, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Philip Kotler

Salah satu guru marketing yang banyak berjasa dalam pengembangan ilmu marketing di dunia : brand / merek merupakan nama, istilah, simbol, disain atau kombinasi dari seluruhnya, yang memberi identitas pada produk/jasa dari penjual dan untuk membedakan produk/jasa dari pesaing.

Alycia Perry

Penulis buku Before the Brand: Creating the Unique DNA of an Enduring Brand Identity : brand / merek merupakan janji atas sebuah kualitas yang membentuk hubungan antara perusahaan dan konsumen.

Hermawan Kartajaya

Pakar pemasaran sekelas Philip Kotler dari Indonesia : setiap produk harus memiliki brand / merek, sehingga konsumen tidak mengalami kesulitan dalam mencari kembali produk tersebut. Selain itu, juga berfungsi untuk membedakan kualitas produk yang satu dengan lainnya, dan merupakan jaminan dari produsen atas kualitas dari produk yang dihasilkan. 

Pada saat saya membangun sebuah brand / merek Raja Motor, secara sekilas bentuk merek yang tercermin dalam logo perusahaan adalah gambar motor yang sedang melaju kencang, melompat atau sedang berakselerasi.

Raja Motor diharapkan bisa melebarkan bisnisnya dan berkembang pesat / berakselerasi.

Logo Raja Motor juga mencerminkan bentuk huruf R dan M yang merupakan inisial Raja Motor, yang terlihat sebagai bahasa isyarat “OK” atau “Setuju” yang menggambarkan kepuasan pelanggan atas mutu pelayanan seluruh karyawan dan pimpinan Raja Motor.

Jadi, brand / merek merupakan nama, simbol, disain atau kombinasi seluruhnya yang memberikan identitas sebagai pembeda dengan pesaing dan berisi janji atas sebuah kualitas tertentu. Sehingga sebuah merek akan memberikan asosiasi/persepsi kepada konsumen terhadap produk / jasa yang akan dibeli. Juga merupakan harapan dan doa dari sang pendiri (founder).

Erie Riza Nugraha                                                                                                 

Ketua Pusat Inkubator Bisnis Teknologi Usakti, Dosen Tetap D3 Akuntansi Sektor Publik FEB Usakti (NIDN 0320116201), Founder dan Owner www.rajamotoronline.com , mantan karyawan PT IBM Indonesia


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Marketing Harus Bisa Memanfaatkan Big Data

Marketing Harus Bisa Memanfaatkan Big Data
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Memanfaatkan data besar atau big data untuk melihat perilaku konsumen merupakan salah satu kunci manajemen pemasaran di era di...


Pentingnya Dukungan Komunitas Untuk Branding

Pentingnya Dukungan Komunitas Untuk Branding
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Komunitas sepertinya telah berhasil menjadi senjata ampuh untuk membangun strategi bisnis pada sebuah perusahaan di era digita...


3 Kunci Manajemen Pemasaran di Era Digital

3 Kunci Manajemen Pemasaran di Era Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Digitalisasi telah menimbulkan suatu fenomena yang disebut dengan Digital Darwinism, yaitu ketika perkembangan teknologi lebih...


Pelaku Brand Wajib Tahu! 5 Teknik Branding yang Efektif Lewat Instagram

Pelaku Brand Wajib Tahu! 5 Teknik Branding yang Efektif Lewat Instagram
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kepopuleran Instagram sebagai salah satu sosial media sekarang ini sangat tinggi. Tak heran kalau banyak pelaku brand yang men...