Jum'at, 21 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

BRI Kawal Desa Nepo Kembangkan Potensi Ekonomi

Posted by: 849 viewer

BRI Kawal Desa Nepo Kembangkan Potensi Ekonomi
Bank Rakyat Indonesia/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Regional Office (RO) Makassar siap mengawal Desa Nepo, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan untuk mengembangkan potensi ekonomi di daerah tersebut.

Nepo merupakan salah satu desa wisata di Sulawesi Selatan yang memiliki keunggulan dengan berbagai potensi, mulai dari ekonomi pertanian dan peternakan, hingga budi daya madu, serta sektor pariwisata.

"Kami siap selalu mendukung apa yang dibutuhkan Desa Nepo, seperti perbaikan administrasi, permodalan, keuangan, termasuk pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan UMKM," kata Pimpinan Cabang BRI Barru David Ricardo dikutip Antara, Rabu (25/10/2023).

IKLAN INFOBRAND.ID

Guna mengeksplorasi potensi yang ada di desa-desa, BRI menghadirkan satu mantri di setiap desa. Mereka hadir untuk berkolaborasi dengan pemerintah desa dalam memaksimalkan pemanfaatan potensi desa.

Seperti di Desa Nepo, kehadiran mantri sebagai tenaga militan BRI di tingkat desa terus mendorong desa bisa bertumbuh kembang dan bersaing dalam kompetisi nasional, salah satunya Nugraha Karya Desa Brilian 2023.

Melalui Program Revitalisais Mantri, desa brilian hadir seiring dengan perbaikan desa, mulai dari ekosistem dalam desa. Jadi, melalui mantri yang harus rutin ke desa, BRI terus hadir untuk meningkatkan potensi desa bersama pemerintah desa.

Hal ini juga menjadi wujud BRI memberi makna untuk Indonesia, dengan komitmen hadir mendampingi desa-desa di seluruh negeri. Salah satunya di Kabupaten Barru, Mantri BRI hadir untuk dapat melahirkan Desa Brilian, seperti Desa Nepo yang juga disebut Desa Wisata Kampung Habibie Kecil.

Alhasil, Desa Nepo Barru menjadi satu-satunya desa di Sulawesi Selatan yang berhasil lolos dalam 15 besar Pemilihan Desa Brilian Batch 3 oleh BRI di 2023.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pemerintah Kabupaten Barru mengapresiasi kehadiran BRI dalam mendukung pengembangan desa, khususnya Desa Nepo, yang dinilai memiliki potensi besar dalam menggerakkan ekonomi di Kabupaten Barru, khususnya mendorong UMKM maju.

Desa Nepo sebagai salah satu finalis Desa Brilian diharapkan mampu menjadi pionir bagi desa-desa lain di Kabupaten Barru untuk pengembangan desa melalui bumdesa dan berlandaskan kearifan lokal.

Desa Nepo menjadi salah satu finalis di batch 3 bersama Desa Puubunga di Kolaka sebagai wilayah kerja BRI Regional Office (RO) Makassar, yang meliputi Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sebanyak 45 desa dari batch 1-3 di 2023 akan bersaing memperebutkan penghargaan Nugraha Karya Desa Brilian 2023. Selain Desa Nepo, Desa Paccelekang, Kabupaten Gowa, juga menjadi finalis pada ajang bergengsi tersebut dari Sulawesi Selatan.

Melewati 40 besar, Desa Nepo berhak memperoleh hadiah berupa uang tunai sebesar Rp10 juta, sebagai modal untuk mendukung pengembangan desa.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selanjutnya, sebagai desa yang lolos menjadi finalis 15 besar Nugraha Karya Desa Brilian 2023, desa berpenduduk sekitar 3.500 jiwa itu juga berhak mendapatkan pendampingan dari akademisi, yaitu Universitas Padjajaran Bandung, sebagai mitra strategis BRI dalam program New Desa Brilian.

Tujuan Desa Brilian adalah memperkuat jalinan kerja sama BRI dengan desa. BRI Barru, salah satunya melakukan pendampingan secara langsung dan mendukung kegiatan-kegiatan Desa Brilian, sekaligus mendukung pertumbuhan bisnis di desa itu.

Desa dapat memanfaatkan layanan keuangan perbankan BRI dan pengetahuan terkait penyusunan laporan keuangan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...