Di industri bata ringan, nama Bricon tentu sudah tak asing lagi di telinga. Sejak pertama kali hadir pada 2013 lalu, merek yang berkibar di bawah bendera CV. Building Material Construction ini terus menunjukkan performa yang apik dari tahun ke tahun, baik untuk proyek-proyek skala besar maupun masyarakat umum.
Sejauh ini sudah terbentuk persepsi di kalangan masyarakat tentang Bricon, bahwa Bricon merupakan salah satu pabrikan yang diakui telah menghasilkan produk yang berkualitas diatas ratarata.
Kualitas produk bata ringan yang ditawarkan Bricon memang patut diacungi jempol. Tentunya, hal ini tak lepas dari pengawasan yang dilakukan secara detail untuk setiap fase proses produksinya yang membuat produk menjadi sempurna sesuai dengan standar mutu Bricon.
“Komitmen kami terhadap mutu produk Bricon dilakukan dengan maksimal sejak dari pemilihan bahan baku yang berkualitas terbaik sampai dengan tahap akhir produksi. Sehingga Bricon menjamin setiap aspek telah melalui kontrol kualitas yang ketat,” kata Direktur CV Building Material Construction, Djunaedy Widjaja.
Djunaedy mengungkapkan, pihaknya telah melakukan produksi bata ringan Bricon menggunakan teknologi terbaru dengan dukungan tenaga kerja ahli dibidangnya sehingga menciptakan produk bata ringan yang lebih unggul dengan kestabilan suhu yang dapat menahan panas api dan efek gempa.
“Keunggulan lainnya adalah bata ringan Bricon ini memiliki daya serap air yang rendah, kedap suara, bebas dari hama serta ramah lingkungan. Produk sekuat beton namun relatif ringan dan presisi ini tentu saja dapat membuat pengerjaan lebih rapi dan cepat,” jelasnya.
Djunaedy meyakini, menancapkan image pada brand merupakan hal penting yang perlu disiapkan oleh perusahaan. Untuk itu, pihaknya tak henti memaintain brand dengan melakukan edukasi produk ke pasar serta bekerjasama dengan para customer dan berupaya menjaga kestabilan kualitas serta menjaga suplai produk yang didukung dengan metode pemasaran rantai distribusi yang saling menguntungkan.
Meski penjualan Bricon belum sepenuhnya mencapai target yang dibidik, tapi setidaknya penjualan Bricon tahun ini mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Target penjualan Bricon di tahun 2020 dipastikan akan lebih tinggi 50% dari target tahun 2019,” ujarnya.
Demi bisa mendongkrak penjualan, kata Djunaedy, Bricon telah melancarkan berbagai langkah strategis seperti menambah jumlah sales yang sudah diberikan pelatihan khusus, memaksimalkan branding melalui sosial media serta meningkatkan jumlah distributor di Indonesia guna memudahkan konsumen dalam mengakses produk Bricon.
Lebih lanjut Djunaedy mengatakan, era pembangunan yang sedang hangat di Indonesia telah membuka peluang bisnis produksi bata ringan yang semakin tinggi. Hal inilah yang membuat persaingan pasar semakin ketat. Meski begitu, kata dia, Bricon tetap optimis produknya masih diterima baik oleh pasar.
“Untuk itulah kami selalu menjaga komitmen dalam memberikan produk dan service yang terbaik. Kami juga rutin melakukan research dalam rangka peningkatan kualitas produk dan service untuk pelanggan,” kata Djunaedy.
Tak hanya itu, kesuksesan Bricon juga ditandai dengan diraihnya sederet penghargaan bergengsi baik dari media maupun pemerintah serta instansi terkait. Salah satunya adalah 500 Brand Champions tahun 2019 persembahan TRAS N CO Indonesia yang bekerjasama dengan media INFOBRAND.ID.
Untuk dapat meraih penghargaan tersebut, Bricon memiliki upaya tersendiri. Salah satunya adalah upaya untuk fokus dengan kualitas produk dan kepuasan pelanggan, sehingga Bricon dapat tetap bertahan dari beberapa kompetitor di kategori bisnisnya.
Dalam berstrategi digital, Bricon juga mulai concern mengembangkan dan memaksimalkan fungsi kanal digital untuk kegiatan branding. Selain itu, konten yang terdapat di kanal digital Bricon juga menghadirkan edukasi dan informasi terkait produk bata ringan.
“Kami aktif menyajikan konten-konten menarik yang memberikan pengetahuan untum mengenai bata ringan. Dengan aktif di media digital memudahkan kami untuk berinteraksi dengan calon pelanggan,” jelasnya.
Hingga saat ini, pemasaran Bricon sudah tersebar luas di seluruh Indonesia tanpa mengekspor ke negara manapun. “Produk bata ringan Bricon saat ini kami fokuskan untuk pemenuhan pasar dalam negeri terlebih dahulu. Karena kami ingin Bricon tetap menjadi bata ringan terbaik di Indonesia,” pungkasnya.[]