Selasa, 21 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bridgestone Indonesia Menanam 10 Ribu Pohon Mangrove

Posted by: 870 viewer

Bridgestone Indonesia Menanam 10 Ribu Pohon Mangrove
Bridgestone menananm 10.000 pohon mangrove dikawasan pesisir Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi

 INFO BRAND.ID-Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) menanam 10.000 pohon mangrove di lahan seluas satu hektar di kawasan pesisir Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada akhir pekan lalu. Human Resources & General Affairs (HRGA) Director Bridgestone Indonesia Yunus Triyonggo mengatakan, penanaman mangrove di Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia ini merupakan kelanjutan dari program yang sama pada 2016 silam.

Tahun ini, Bridgestone Indonesia memperluas kegiatan itu. “Selain berkontribusi terhadap lingkungan dengan menghambat abrasi dan pengurangan karbon, buah, daun, dan akar mangrove serta nantinya bisa diolah menjadi bahan baku produk makanan dan juga pewarna alami produk wastra, sehingga berdampak secara ekonomi terhadap warga di sini,” ujar Yunus dalam siaran pers yang dikutip pada Rabu (09/08/2023).

Yunus mengatakan kegiatan penanaman 10.000 pohon mangrove ini sejalan dengan Bridgestone E8 Commitment dalam hal Ecology atau lingkungan. Kegiatan penanaman mangrove ini disambut dengan antusias oleh para karyawan perusahaan dan tercatat lebih dari seratus karyawan ikut serta sebagai volunteer dalam kegiatan ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, perwakilan dari mitra perusahaan, perwakilan masyarakat dan perwakilan warga Kampung Beting turut berpartisipasi di kegiatan penanaman mangrove ini. Program penanaman mangrove di Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi diawali pada 2016, saat Bridgestone Indonesia merayakan hari ulang tahun ke-40 dengan menanam 16.040 mangrove.

Untuk memastikan kelestariannya, setiap tahunnya Bridgestone Indonesia kemudian juga melakukan pemantauan pertumbuhan mangrove. Sekretaris Desa Pantai Bahagia, Ahmad Qurtubi, mengapresiasi perhatian Bridgestone Indonesia terhadap lingkungan dan pemberdayaan warga desa.

Selain melakukan monitoring mangrove, Bridgestone Indonesia juga berkolaborasi dengan organisasi lokal Kebaya dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Alipbata untuk mengelola hasil mangrove menjadi produk yang ekonomis dan berdaya guna. Lebih lanjut, Bridgestone Indonesia juga melakukan langkah empowerment ke kelompok ibu-ibu Kampung Beting untuk meningkatkan ekonomi keluarganya dengan pelatihan membatik dan memproduksi produk makanan olahan dari tanaman mangrove. "Fondasi program keberlanjutan di Bridgstone pada dasarnya mengacu pada strategi lima pilar, yaitu carbon neutral, ekonomi sirkular, solusi dan inovasi produk, pemberdayaan komunitas, serta pola pikir dan budaya berkelanjutan,” tutur Yunus.

 

 

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia merupakan pemilik 23% atau 3,36 juta hektar dari luas total mangrove dunia. Indonesia memiliki 43 jenis mangrove tropis atau mewakili 80% dari mangrove tropis dunia. Oleh karena itu, Indonesia memiliki keanekaragaman spesiesmangrove tertinggi di dunia di mana penyebaran terbesar adalah di wilayah pesisir Sumatera, Kalimantan, Papua dan Jawa. Ekosistem mangrove yang terjaga dengan baik dapat menyimpan karbon 3-5 kali lebih banyak dari hutan biasa. Karbon yang tersimpan di ekosistem mangrove Indonesia diperkirakan mencapai 3,0 Gton CO2e.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gandeng EcoTouch, Blibli Hasilkan Kain dari Limbah Fesyen

Gandeng EcoTouch, Blibli Hasilkan Kain dari Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli Tiket Action bersama EcoTouch berhasil mengumpulkan 391,96 kg limbah fesyen untuk diolah menjadi kain baru melalui prog...


Kolaborasi, Garuda Indonesia-Allianz Berikan Perlindungan Penumpang Pesawat

Kolaborasi, Garuda Indonesia-Allianz Berikan Perlindungan Penumpang Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. berkolaborasi dengan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) dalam memberikan p...


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...