Rabu, 24 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

BSI: Teknologi QRIS Dorong Inklusi Keuangan

Posted by: 3045 viewer

BSI: Teknologi QRIS Dorong Inklusi Keuangan
Ilustrasi QRIS/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyatakan pihaknya aktif mendorong inklusi keuangan melalui digitalisasi yang salah satunya melalui penggunaan teknologi QR Code Indonesia Standard (QRIS).

Group Head Digital Banking Business &Islamic Ecosystem Wijayanto menjelaskan, pengguna BSI Mobile dapat dengan mudah melakukan transaksi nontunai menggunakan QRIS BSI, baik untuk transaksi belanja maupun bersedekah. 

"Layanan QRIS BSI untuk sedekah merupakan bentuk dukungan BSI dalam mendigitalisasi keuangan masjid," kata dia dalam siaran persnya, Selasa (19/10/2021).

IKLAN INFOBRAND.ID

Saat ini, ada sekitar 32.000 merchant yang menerima transaksi menggunakan QRIS BSI. Jumlah itu meningkat 60 persen dari jumlah merchant pada 2020 lalu.

"Dari total itu, 70 persen merupakan merchant bisnia dan 30 persen adalah merchant donasi seperti layanan sedekah masjid," kata Wijayanto.

Sementara berdasarkan jumlah transaksi, QRIS BSI mencatatkan peningkatan signifikan QRIS di bulan September 2021 sebesar 447 persen dibandingkan jumlah transaksi pada September 2020. 

Jumlah transaksi QRIS BSI yang berasal dari masjid dan donasi juga melesat hingga 430 persen dibandingkan jumlah transaksi pada September 2020

Volume transaksi QRIS BSI juga melonjak 500 persen dibandingkan volume transaksi pada September 2020. Volume transaksi QRIS BSI yang berasal dari masjid dan donasi juga naik 447 persen dibandingkan volume transaksi pada September 2020.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Wijayanto lagi, peningkatan jumlah dan volume transaksi QRIS BSI dari masjid dan donasi tak lepas dari kolaborasi BSI dengan berbagai pihak, di antaranya Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta. 

BSI berkerja sama dengan DMI Jakarta sejak Juni 2021 lalu.

Ada sekitar 5.000 masjid di Jakarta dan sekitar 1.900 masjid di antaranya siap dibukakan rekening dan QRIS BSI dalam waktu dekat ini. 

"Melalui QRIS BSI, masjid-masjid Insyaa Allah lebih mudah menerima pembayaran zakat, sedekah, infak, dan wakaf (ziswaf). Terlebih di masa pandemi seperti saat ini," jelasnya.

Kemudahan yang sama juga dapat dirasakan nasabah. Nasabah dapat dengan mudah menyalurkan ziswaf secara nontunai menggunakan fitur QRIS BSI di aplikasi BSI Mobile. Apalagi, BSI Mobile menyuguhkan berbagai program menarik, salah satunya Hujan Rezeki.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagai informasi, QRIS diluncurkan Bank Indonesia pada pertengahan 2019 yang tujuannya untuk memudahkan merchat maupun konsumen melakukan transaksi nontunai.

Pasalnya, satu QR code milik merchant dapat dipindai menggunakan berbagai aplikasi pembayaran berbasis QR code seperi QRIS BSI.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Catat, Halal Fair Jakarta akan Digelar Agustus Ini

Catat, Halal Fair Jakarta akan Digelar Agustus Ini
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sebagai bentuk komitmen memajukan ekonomi syariah dan gaya hidup halal, WPCitra kembali akan menggelar Halal Fair pada Agustus...


Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka

Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pameran dagang internasional tahunan untuk industri makanan dan minuman, perhotelan dan pariwisata paling komperhensif di Indo...


Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM

Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Global CEO Indonesia dan Jawa Pos sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung perkembangan olah r...


Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital

Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital
INFOBRAND.ID - Aplikasi digital dapat membantu dalam pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis secara lebih efisien. Astra Financial melalui sejumlah pr...