Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

BTS Meal : Gebrakan McDonald’s di Tengah Pandemi

Posted by: 4290 viewer

Dr. Dita Amanah, MBA Dosen Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia

BTS Meal : Gebrakan McDonald’s di Tengah Pandemi
Antrian pembelian BTS Meal di outlet McDonald's

Kehebohan tiba-tiba melihat antrian panjang di hampir seluruh outlet McDonald’s di Indonesia bahkan negara lain di dunia mengundang untuk menganalisis apa sebenarnya yang telah terjadi di salah satu restoran cepat saji terbesar di dunia itu. Ternyata McD sedang menerapkan salah satu strategi pemasarannya. McD sedang ingin meraup keuntungan banyak di tengah pandemi melalui Army, nama fans club salah satu boy band K-Pop yang luar biasa sangat diminati banyak anak muda saat ini yang berasal dari Korea Selatan yaitu BTS. Strategi pemasaran adalah cara yang digunakan perusahaan untuk memperkenalkan produk (barang atau jasa) kepada masyarakat secara terus menerus yang bertujuan untuk memenangkan persaingan.

Banyak konsep dalam strategi pemasaran, dapat melalui produk, harga, promosi, distribusi atau kombinasinya. Lazimnya konsep ini disebut dengan bauran pemasaran. Mari kita diskusikan strategi pemasaran apa yang diterapkan McD dengan melibatkan BTS sebagai influencer. Influencer dalam pemasaran adalah individu atau kelompok yang memiliki follower dalam jumlah yang banyak pada media sosial sehingga dianggap dapat mempengaruhi banyak orang pada skala besar. Mereka sengaja digandeng suatu perusahaan untuk menciptakan kesadaran merek (brand awareness) konsumen yang menjadi target pasar dengan tujuan meningkatkan keuntungan.

Strategi pemasaran McD kali ini yang dianggap kreatif adalah ditujukan kepada Army, penggemar BTS dengan merek BTS Meal. Berbagai referensi menyatakan BTS dijadikan Army sebagai acuan dalam fashion, film, food, fun (4F) sehingga McD yang bergerak di industri makanan mengambil momen acuan food dari 4F tersebut. BTS dijadikan influencer oleh McD karena dianggap memiliki banyak sekali penggemar di berbagai negara di dunia yang menjadikan McD berfikir untuk menggandengnya, seperti konsep influencer yang sudah diuraikan sebelumnya. Selain itu McD juga merubah warna yang tidak biasa pada kemasannya dari merah menjadi ungu sehingga dianggap eye catcing dan memberi kesan yang berbeda pada McD yang selama ini kita ketahui. 

IKLAN INFOBRAND.ID

McD memanfaatkan media sosial dengan menyebarkan informasi BTS Meal dengan sangat gencar sehingga dengan waktu yang singkat menjadi viral dan diketahui banyak orang di dunia. Penerapan konsep komunitas merek (brand community) yang sudah dibentuk BTS dengan jumlah Army-nya yang sangat besar ditambah dengan pemasaran yang gencar di media sosial menjadikan McD mudah mendapatkan pembeli untuk BTS Meal. Jumlah pembeli dan keuntungan yang sangat signifikan dalam beberapa hari. Ini menunjukkan bahwa McD terus berupaya meningkatkan brand awareness pelanggannya dengan penyesuaian strategi secara berkesinambungan dan diharapkan Indonesia memiliki smart customer yang dapat memilih produk yang memang bermanfaat baginya. Semoga!

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...