Senin, 04 Juli 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp4,3 Triliun, United Tractors Sukses di Triwulan Pertama 2022

Posted by: 28-04-2022 10:19 WIB 331 viewer

Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp4,3 Triliun, United Tractors Sukses di Triwulan Pertama 2022
Foto dari United Tractors

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT United Tractors Tbk (”Perseroan”) pada hari ini mengumumkan laporan keuangan konsolidasian triwulan pertama tahun 2022. Perseroan membukukan pendapatan bersih sebesar Rp28,0 triliun atau naik sebesar 56% dari Rp17,9 triliun pada periode yang sama tahun 2021. Seiring dengan peningkatan pendapatan bersih, laba bersih Perseroan meningkat 131% menjadi Rp4,3 triliun dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp1,9 triliun.

Masing-masing segmen usaha, yaitu: Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan, Pertambangan Batu Bara, Pertambangan Emas dan Industri Konstruksi secara berturut-turut memberikan kontribusi sebesar 35%, 30%, 27%, 7% dan 1% terhadap total pendapatan bersih konsolidasian.

Segmen Usaha Mesin Konstruksi

 Segmen usaha Mesin Konstruksi mencatat peningkatan penjualan alat berat Komatsu sebesar 146% menjadi 1.694 unit dibandingkan tahun lalu sebesar 688 unit. Berdasarkan riset pasar internal, Komatsu memimpin pangsa pasar alat berat sebesar 29%. Pendapatan Perseroan dari penjualan suku cadang dan jasa pemeliharaan alat juga mengalami peningkatan sebesar 49% menjadi Rp2,4 triliun.

Penjualan UD Trucks mengalami penurunan dari 129 unit menjadi 127 unit, dan penjualan produk Scania turun dari 126 unit menjadi 62 unit. Penurunan penjualan pada kedua merek tersebut disebabkan oleh adanya kendala pasokan produk. Secara total, pendapatan bersih dari segmen usaha Mesin Konstruksi naik sebesar 122% menjadi Rp9,7 triliun dibandingkan pada periode yang sama tahun 2021.

Segmen Usaha Kontraktor Penambangan

Segmen usaha Kontraktor Penambangan dioperasikan oleh PT Pamapersada Nusantara (PAMA). Sampai dengan bulan Maret 2022, Kontraktor Penambangan membukukan pendapatan bersih sebesar Rp8,5 triliun, naik 22% dari Rp7,0 triliun. PAMA mencatat penurunan volume produksi batu bara sebesar 12% dari 27 juta ton menjadi 24 juta ton, dan peningkatan volume pekerjaan pemindahan tanah (overburden removal) sebesar 9% dari 190 juta bcm menjadi 207 juta bcm.

Segmen Usaha Pertambangan Batu Bara

Segmen usaha Pertambangan Batu Bara dijalankan oleh PT Tuah Turangga Agung (TTA). Sampai dengan bulan Maret 2022 total penjualan batu bara mencapai 2,9 juta ton, termasuk 611 ribu ton batu bara metalurgi, atau turun 21% apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 sebesar 3,7 juta ton, dikarenakan adanya larangan ekspor sementara pada bulan Januari 2022. Namun demikian pendapatan segmen usaha Pertambangan Batu Bara meningkat sebesar 92% menjadi Rp7,6 triliun dikarenakan peningkatan rata-rata harga jual batu bara.            .

Segmen Usaha Pertambangan Emas

Segmen usaha Pertambangan Emas dijalankan oleh PT Agincourt Resources (PTAR) yang mengoperasikan tambang emas Martabe di Sumatera Utara. Sampai dengan bulan Maret 2022, total penjualan setara emas dari Martabe mencapai 74 ribu ons, turun 22% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 sebanyak 95 ribu  ons, karena adanya penurunan kadar emas yang ditambang. Pendapatan bersih segmen usaha Pertambangan Emas turun 11% dari Rp2,2 triliun menjadi Rp2,0 triliun. Rata-rata harga jual emas pada triwulan pertama tahun 2022 sebesar USD1.871 per ons meningkat sebesar 13% dari USD1.659 per ons.

Segmen Usaha Industri Konstruksi

Segmen usaha Industri Konstruksi dijalankan oleh PT Acset Indonusa Tbk (ACSET). Sampai dengan bulan Maret 2022, Industri Konstruksi membukukan pendapatan bersih sebesar Rp274 miliar, dari sebelumnya sebesar Rp380 miliar pada periode yang sama tahun 2021. ACSET membukukan rugi bersih sebesar Rp25 miliar, turun dibandingkan rugi bersih pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp80 miliar. Kerugian bersih terutama disebabkan oleh perlambatan beberapa proyek yang sedang berlangsung dan berkurangnya kontrak baru yang diperoleh akibat dampak pandemi.

Segmen Usaha Energi

Sejalan dengan strategi pengembangan usaha di sektor energi yang ramah lingkungan, Perseroan telah menetapkan bisnis Energi Baru dan Terbarukan sebagai salah satu strategi transisi Perseroan. Untuk mempercepat pengembangan EBT, pada akhir tahun 2021 seluruh bisnis energi dalam grup dikonsolidasikan melalui PT Energia Prima Nusantara (EPN). Sampai dengan bulan Maret 2022, EPN telah memasang Rooftop Solar PV di sejumlah fasilitas dalam grup Perseroan dan Astra mencapai 4,7 MWp. Sepanjang tahun 2022, ditargetkan akan ada penambahan instalasi baru Rooftop Solar PV sebesar 15 MWp dan akan meningkat di tahun berikutnya.

Perseroan saat ini mengoperasikan satu pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTMH) yaitu PLTMH Kalipelus berkapasitas 0,5 MW di Jawa Tengah, dan sedang membangun pembangkit listrik tenaga minihidro lainnya yakni PLTMH Besai Kemu di Lampung, Sumatra. PLTMH Besai Kemu memiliki kapasitas sebesar 7 MW dan diperkirakan akan beroperasi pada tahun 2023. Selain itu, Perseroan juga menargetkan beberapa proyek pembangkit listrik  tenaga minihidro di area Sumatra dengan total potensial kapasitas lebih dari 20 MW.

Perseroan juga aktif melakukan studi dan tinjauan pada energi terbarukan lainnya seperti proyek hydropower skala besar, floating solar PV, geothermalwind power dan waste-to-energy. Proyek-proyek ini konsisten dengan strategi UT untuk meningkatkan kompetensi di berbagai potensi energi terbarukan dalam rangka mencapai portofolio bisnis yang berkelanjutan.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


IHATEC Bentuk Divisi Marketing Research Produk Halal Pertama di Indonesia

IHATEC Bentuk Divisi Marketing Research Produk Halal Pertama di Indonesia
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Potensi pasar halal di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat. State of Global Islamic Economy Report 2020/2021 yang meng...


DPR Dukung Potensi dan Peluang BPR untuk Go Public

DPR Dukung Potensi dan Peluang BPR untuk Go Public
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Potensi dan peluang Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk mendapatkan pendanaan dari pasar modal melalui skema go public mulai t...


Usung Tema Inspiring The Future, Pameran Megabuild Indonesia 2022 Dibuka Kementerian PUPR

Usung Tema Inspiring The Future, Pameran Megabuild Indonesia 2022 Dibuka Kementerian PUPR
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pameran arsitektur, desain interior dan konstruksi, Megabuild Indonesia 2022 kembali digelar mulai Kamis 16 Juni 2022-Minggu 1...


Kominfo Dorong Startup Digital Raih Peluang

Kominfo Dorong Startup Digital Raih Peluang
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pemerintah terus melakukan langkah strategis untuk percepatan transformasi digital nasional. Melalui program HUB.ID Accelerato...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index