JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sebuah perusahaan tentunya memiliki visi dan misi yang baik demi kemajuannya untuk bertahan dan bersaing dengan para kompetitornya, salah satunya adalah perusahaan terkenal satu ini. Perusahaan yang memiliki visi sebagai perusahaan Intelegent dan Agile yang berfokus pada masyarakat dan pelanggan. Serta misi yang dihadirkannya pun cukup apik dengan menjadi sejahtera bersama bangsa serta memberikan yang terbaik kepada pemangku kepentingan.
Hal itulah yang menjadikannya bertahan di situasi yang sulit karena pandemic yang melanda hampir satu setengah tahun di Indonesia, banyak para pesaingnya pun yang tidak bertahan karena pendapatan yang sedikit. Namun tidak bagi perusahaan satu ini, perusahaan perdagangan ini meraup pendapatan perusahaan hingga Rp. 175,04 triliun dengan laba mencapai Rp. 18,5 triliun.
Didirikan di Jakarta pada tahun 1957, PT. Astra International dikenal sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, telah dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII. Nilai kapitalisasi pasar Astra pada akhir tahun 2020 adalah sebesar Rp244 triliun.
Sesuai anggaran dasar Perseroan, kegiatan usaha yang dapat dijalankan oleh Perusahaan mencakup perdagangan umum, perindustrian, pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan, jasa dan konsultasi. Hingga tahun 2020, Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: Otomotif, Jasa Keuangan., Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi, Properti.
Dengan bisnis yang beragam, Astra telah menyentuh berbagai aspek kehidupan bangsa melalui produk dan layanan yang dihasilkan. Dalam keseharian hidup, masyarakat Indonesia menggunakan sepeda motor dan mobil, jalan tol, printer, hingga layanan pembiayaan, perbankan dan asuransi milik Astra. Pelaku bisnis bermitra dengan Astra memanfaatkan berbagai kendaraan komersial, alat berat, layanan logistik, sistem teknologi informasi dan jasa pertambangan dari Astra. Berbagai produk yang dihasilkan, antara lain minyak kelapa sawit, batu bara dan kendaraan bermotor, senantiasa diekspor sehingga Astra dapat berkontribusi dalam menyumbangkan devisa bagi negara.
Dengan berbagai macam produk serta layanan tersebut, Astra International membuktikan bahwa perusahaannya bisa meraih penghargaan di acara Top Corporate Award 2021 yang diselenggarakan oleh TRAS N CO Indonesia dan InfoBrand.Id secara E-Awarding pada (15/7).
Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Tri Raharjo selaku CEO TRAS N CO Indonesia, ia mengucapkan selamat atas keberhasilan PT. Astra International Tbk. atas pencapaian yang tetap stabil di masa pandemic ini.
“Selamat kepada Astra International, sukses selalu” ujar Tri.
Selanjutnya, Tri juga menambahkan, Penghargaan TOP CORPORATE AWARD merupakan penghargaan yang diberikan kepada Perusahaan-Perusahaan Emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan tersebut dinilal berhasil membangun corporate brand dan mernbangun kinerja keuangan yang unggul dan positif di Indonesia.
TOP CORPORATE AWARD diberikan kepada perusahaan - perusahaan terpilih herdasarkan hasil riset TOP CORPORATE INDEX, dengan mengacu kepada 3 aspek penilaian, yaitu: Digital Corporate Brand, Awareness Aspect, Revenue Aspect, dan Net Profit Aspect.