Kamis, 12 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Cara Citi Indonesia Tingkatkan Inklusi Keuangan Digital Kalangan Pengusaha Perempuan

Posted by: 1758 viewer

Cara Citi Indonesia Tingkatkan Inklusi Keuangan Digital Kalangan Pengusaha Perempuan
Cara Citi Indonesia Tingkatkan Inklusi Keuangan Digital Kalangan Pengusaha Perempuan.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Citi Indonesia bekerjasama dengan Mercy Corps Indonesia meluncurkan Program SEED 4 sebagai upaya meningkatkan inklusi keuangan bagi pengusaha perempuan di Malang, khususnya dalam mengakses layanan keuangan berbasis digital. 

Dari sekitar 60 juta usaha di Indonesia, 99% di antaranya adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Usaha Mikro dan Kecil (UMK) menyumbang sekitar 80% dari lapangan kerja nasional dan memberikan kontribusi penting bagi perekonomian Indonesia. Berdasarkan laporan dari Bank Indonesia tahun 2018, 37 juta UMK atau 60% di antaranya merupakan usaha kecil yang dipimpin oleh perempuan.

Meski memiliki persentase lebih banyak, data dari The World Bank Global Index tahun 2017 menunjukkan bahwa akses perempuan terhadap inklusi keuangan 7% di bawah laki-laki, sedangkan menurut data Global Woman Financial Literacy Index, akses keuangan perempuan di Indonesia 4% di bawah laki-laki.

IKLAN INFOBRAND.ID

Banyak hal yang menghambat perempuan dalam mencapai inklusi keuangan dan akses ke layanan keuangan, diantaranya budaya dan kelembagaan, tingkat melek huruf dan pendidikan yang rendah, peraturan perundang-undang dan praktik yang masih diskriminatif, dan kendala waktu.

Kurangnya inklusi dan akses ini menghambat partisipasi para perempuan dalam perekonomian, menghalangi mereka untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, kesejahteraan keluarga serta komunitas. Inklusi keuangan sangat penting tidak hanya bagi individu, tetapi juga bagi sebuah usaha untuk berkembang. Penggunaan layanan keuangan digital (yang ditawarkan oleh lembaga keuangan formal) kepada perempuan pengusaha kecil juga masih sangat rendah.

Pemerintah Indonesia menyadari pentingnya memahami dimensi gender dari inklusi keuangan dan mencanangkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif. Strategi ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan gender dengan mengembangkan program dan intervensi yang secara khusus menargetkan perempuan yang tidak memiliki rekening bank dan tidak memiliki akses terhadap layanan perbankan lain. Pada 9 Juni 2020, Pemerintah mencanangkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif-Perempuan (SNKI-P), yang bertujuan untuk mendorong akses keuangan bagi perempuan Indonesia dengan mengakomodasi berbagai kebutuhan, minat, dan latar belakang para perempuan.

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki menjelaskan, inklusi dan akses keuangan bagi pelaku usaha perempuan harus mendapat perhatian secara khusus. Kemenkop tidak ingin UMKM hanya sekadar memenuhi kebutuhan rumah tangga atau hanya sebagai bumper ekonomi nasional. Pemerintah saat ini ingin menjadikan UMKM khususnya yang dipimpin oleh perempuan naik kelas.

“Dengan program ini, nantinya diharapkan masalah akses pembiayaan, masalah pemasaran, hingga pengembangan SDM UMKM dapat kita kolaborasikan bersama,” ujar Teten Masduki, dalam siaran media, Selasa (28/6/2022).

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara itu, dalam sambutannya, Ade Soekadis, Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia mengatakan, setelah berhasil melaksanakan berbagai program kewirausahaan yang bersinggungan langsung dengan UMKM, Mercy Corps Indonesia dan Citi Indonesia melihat bahwa pelatihan dan pendampingan sangat dibutuhkan oleh UMKM, terlebih dalam hal literasi keuangan untuk para pengusaha perempuan. Tujuannya adalah tidak hanya membekali bisnis milik perempuan ini dengan keterampilan dan pengetahuan untuk bertahan hidup, tetapi juga untuk dapat berkembang di era serba digital seperti saat ini.

“Oleh sebab itu, Mercy Corps Indonesia berupaya untuk terus mendorong UMKM, khususnya UMKM yang dipimpin oleh perempuan agar lebih memahami tentang literasi keuangan serta dapat menjangkau akses inklusi keuangan,” jelas Ade Soekadis.

Pada kesempatan yang sama, Batara Sianturi, selaku CEO Citi Indonesia berkata, bangga dapat bermitra dengan Mercy Corps Indonesia melalui program SEED4Women karena program ini dapat membantu para pengusaha perempuan dalam memanfaatkan akses layanan keuangan berbasis teknologi digital untuk memajukan usahanya. Hal ini juga sejalan dengan komitmen Citi untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat di mana kami beroperasi, serta berperan aktif dalam upaya kesetaraan jender.

Di kesempatan sebelumnya, Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia sudah menjalin kerja sama dalam agenda Global Community Day yang bertajuk “Webinar Series Festival for Women-led Small Entrepreneurs.” Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 10 Juni 2022 tersebut diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) serentak di 4 kota besar, yakni Malang, Bandung, Surabaya, dan Solo. Sedangkan, pada tanggal 13, 15, 17 Juni 2022, Webinar Series Festival for Women-led Small Entrepreneurs dilaksanakan secara online melalui Zoom dan diikuti oleh peserta dari berbagai kota, diantaranya Kota dan Kabupaten Malang, Denpasar, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Solo, Batam, Binjai, Kupang dan Semarang.

Dari kerja sama yang dilakukan antara Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia, diharapkan dapat ikut serta berperan aktif dalam memajukan UMKM Indonesia khususnya usaha yang dipimpin oleh perempuan melalui peningkatan akses ke layanan keuangan digital dan pendampingan digital.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta

FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta
INFOBRAND.ID - Memasuki hari keempat, pameran tanaman hias Floriculture Indonesia International (FLOII) Expo 2024 semakin meriah dan dipadati pengunju...


RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun

RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun
INFOBRAND.ID-Pelemahan daya beli masyarakat saat ini berimbas pada berbagai industri di Indonesia, termasuk industri pariwisata. RedDoorz, platform te...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif

INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif
INFOBRAND.ID - Dalam perjalanan waktu, hanya sedikit merek yang mampu bertahan dan terus berkembang, melintasi dekade demi dekade. Merek-merek ini tid...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 

INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 
INFOBRAND.ID - Customer satisfaction, atau kepuasan pelanggan menjadi prasarat agar produk atau layanan dari sebuah brand dipilih kembali, atau bahkan...