Rabu, 10 Agustus 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Cara Membangun Merek Pemenang di Era Digital

Posted by: 04-07-2022 15:38 WIB 433 viewer

Cara Membangun Merek Pemenang di Era Digital
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia memberikan webinar berjudul Build A Winning Brand, dalam webinar series, dalam event Brand Choice Award 2022.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Membangun brand menjadi pemenang telah menjadi tujuan dari sebuah perusahaan sejak era bisnis mulai berkembang. Namun seiring perkembangan teknologi digital, bagaimana menjadi brand pemenang, telah mengalami sejumlah perubahan. Dihadapkan pada situasi tersebut, brand lama maupun brand baru, sama-sama dituntut untuk beradaptasi dan menjalankan strategi baru.  

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, dalam webinar series berjudul Build A Winning Brand yang disampaikan dalam kegiatan Brand Choice Award 2022, Kamis (30/6/2022) mengungkapkan, perkembangan teknologi digital saat ini bisa dilihat berdasarkan laporan We Are Social, yang mencatat pengguna internet di Indonesia Februari 2022, pengguna internet di Indonesia mencapai 204,7 juta atau sebanyak 73,7% dari total jumlah penduduk Indonesia 277,7 juta.

Penggunaan teknologi internet yang sangat masiv dalam kehidupan sehari-hari juga telah melahirkan habit baru masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satu kebiasaan itu antara lain, kebiasaan mencari produk di halaman internet. Dengan kebiasaa itu tentunya brand dituntut untuk hadir di halaman internet.

Karena itu sangat penting bagi sebuah brand untuk mendominasi mesin pencari. Setelah itu, yang tidak kalah penting adalah, ketika brand mendominasi halaman internet, kemana masyarkat akan diarahkan, apakah ke marketplace, marketing, website, atau media sosial.

Menurut Tri Raharjo, media sosial memiliki peran penting dan menjadi platform yang sangat efektif untuk meningkatkan engagement dengan masyarakat atau konsumen. Sebab aktivitas masyarakat dalam menggunakan media sosial saat ini juga sangat tinggi. Masih berdasarkan We Are Social, pengguna whatsapp 31,4 jam per bulan, 26,4 jam per bulan, 15,2 jam per bulan, 16 jam per bulan, dan TikTok 23,1 jam per bulan.

Sekarang banyak konten kreator dengan konten yang sangat menarik. Itu dapat dimaksimalkan untuk mengedukasi pasar, bahkan mempengaruhi. Karena itu tidak mengherankan jika sekarang influencer sangat dibutuhkan.

Membangun brand juga membangun reputasi. Sehingga peran media juga menjadi peran penting. Selama ini brand menggunakan media TV, koran, dan online untuk meningkatkan reputasi. Ketika media menyatakan brand yang baik, maka masyarakat akan percaya.

Selanjutnya, di era digital, yang perlu diperhatikan adalah ada The New Customer Path yang meliputi; awareness, appeal, ask, act, dan advocate. (Awareness), dimana di era digital semakin mudah dilakukan melalui media sosial, website, dan mesin pencari. Setelah aware tentu saja (Appeal) atau tertarik. Setelah tertarik, tentu saja akan mulai mencari informasi atau bertanya (Ask). Tidak cuku sampai di situ, setelah seorang konsumen melakukan pembelian (Act), mereka juga akan memberikan review atau rating yang akan menjadi (Advocate) yang sangat menguntungkan bagi sebuah brand.

Menurut Tri Raharjo, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan seorang konsumen membeli sebuah produk. Yang pertama harga, kualitas produk, promo/diskon, review dan rating, brand, reputasi e-commerce, reputasi produsen, kemasan dan iklan.

Dari beberapa hal itu bersaing dari sisi harga tidak selalu bagus, karena akan memangkas margin, karena itu menetapkan margin yang ideal menjadi sangat penting. Karena itu sangat penting untuk bersaing dari hal-hal lain, seperti kualitas yang lebih baik, memberikan promo tertentu.

Dan di era digital, saat ini memungkinkan konsumen untuk memberikan review dan rating, ini dapat dimanfaatkan oleh sebuah brand agar konsumen membeli produk yang ditawarkan. Karena itu brand harus memberikan yang terbaik dari produk yang dimiliki, baik itu dalam hal kualitas, pelayanan, pengiriman.

“Review menjadi hal penting, dari ribuan review, harus dicermati, karena menjadi feedback langsung supaya tetap menjadi pilihan mereka,” jelas Tri Raharjo.

Bicara branding di era digital, menurut Tri Raharjo, sangat terkait dengan beberapa platform digital, seperti mesin pencari, website perusahaan, dan media sosial. Karena itu sangat penting sebuah brand hadir di halaman pertama mesin pencari. Karena itu brand harus mendominasi ketika seorang calon konsumen melakukan pencarian dengan kata kunci apapun. Untuk website, selain menjadi platform yang tepat untuk meningkatkan reputasi brand, juga dapat dimaksimalkan untuk layanan. Sementara media sosial menjadi media yang sangat tepat untuk mengedukasi calon konsumen.

Tri Raharjo juga mengungkapkan, berdasarkan riset TRAS N CO Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir terutama masa pandemi, e-commerce berkembang dengan pesat. Dimana di tahun 2021 setidaknya terdapat 902 official store baru, dengan 2,07 juta transaksi, dan rating rata-rata 4,9. Itu menunjukkan bahkan persaingan di ranah e-commerce semakin ketat.

Melihat beberapa fakta tersebut, akhirnya untuk membangun sebuah brand menjadi pemenang, ada beberapa tahapan berikut; brand awareness, brand image, brand engagement, brand choice (review & rating), dan brand loyalty. Pertama brand awareness, membuat brand yang dikenal di masyarakat menjadi sangat penting, dan untuk melakukannya sekarang menjadi semakin mudah melalui beragam platform digital yang ada, seperti mesin pencari, media sosial, official website maupun aplikasi.

“Membangun brand awareness penting supaya tigkat keterkenalan dari brand semakin luas di mata masyarakat,” jelas Tri Raharjo.

Kemudian membangun citra positif atau reputasi sebuah brand, bisa dilakukan dengan mebuat konten yang positif, baik itu melalui testimoni atau review positif dari konsumen, hingga pemberitaan dari media. Kemudian dari review dari konsumen, juga perlu dicermasi mengenai persepsi konsumen, hingga alasan konsumen membeli produk berulang kali atau hanya membei sekali.

Kemudian engagement, bisa dilakukan melalui sarana media sosial, chat, hingga call center. Hal ini akan memudahkan brand untuk menangkap keluhan konsumen, sehingga dapat cepat memberikan solusi. Terakhir, dari keterkenalan sebuah brand, dari kualitas yang ditawarkan, dari harga yang tepat, kita berharap brand dipilih oleh konsumen. Dan dengan review dan rating yang baik, tentunya akan mendatangkan konsumen baru hingga membuat konsumen kembali membeli produk yang ditawarkan.

“Jadi inti dari brand adalah membangun loyalty dari customer yang kita miliki,” tutup Tri Raharjo.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, Penghargaan Khusus Brand Produk Kesehatan dan Kecantikan

Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, Penghargaan Khusus Brand Produk Kesehatan dan Kecantikan
INFOBRAND.ID - Dari 275 juta penduduk Indonesia, 20% atau lebih dari 50 juta orang merupakan kelas menengah, kelompok penduduk yang mampu mencukupi ke...


Infobrand.id dan TRAS N CO Indonesia Hadirkan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022

Infobrand.id dan TRAS N CO Indonesia Hadirkan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022
INFOBRAND.ID - Menurut data Badan Koordinasi dan Keluarga Berencana (BKKBN), setiap tahun sedikitnya ada 5 juta anak lahir di Indonesia. Tingginya ang...


Digital Popular Brand Award 2022 : Jajaran Brand - Brand Juara di Ranah Digital

Digital Popular Brand Award 2022 : Jajaran Brand - Brand Juara di Ranah Digital
INFOBRAND.ID - Masifnya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari telah melahirkan kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Termasuk dalam...


Top Corporate Award 2022, Apresiasi untuk Emiten dengan Kinerja Positif

Top Corporate Award 2022, Apresiasi untuk Emiten dengan Kinerja Positif
INFOBRAND.ID - Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun lebih telah memberikan tantangan bagi perusahaan di Indonesia. Salah satu tantangan...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index