Selasa, 19 Januari 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

BRAND UPDATES

Index

OPINIONS

Index

CEO GambaranBrand: Brand story telling membantu brand dalam penerapannya di era digital

Posted by: 09-04-2018 09:26 WIB 1716 viewer

CEO GambaranBrand: Brand story telling membantu brand dalam penerapannya di era digital
Arto Soebiantoro

 

Pengguna internet yang mencapai 143 juta, yang merupakan hasil berdasarkan data Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), tentunya merupakan pasar besar yang akan sangat relevan untuk melakukan suatu strategi digital marketing bagi sebuah brand.

Bagi Arto Soebiantoro selaku CEO GambaranBrand, “Jika sudah mencapai angka tersebut tentu saja sangat relevan untuk sebuah brand melakukan strategi digital, menurut saya angka tersebut harusnya dibagi-bagi lagi menjadi yang berapa banyak pengguna sosial media, pengguna e-commerce, atau bahkan pengguna E-mail,sehingga didalam dunia digital marketing sendiri menurut saya memerlukan strategi atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai target market,” kata Arto kepada INFOBRAND.ID.

Karena bagi Arto setiap target market meskipun mereka pengguna internet tentu saja mereka menggunakan platform yang berbeda-beda. Sehingga tekhnik penyampaian atau tekhnik mengkomunikasikan brandnya lewat digital juga berbeda-beda.

Menurut Arto, digital marketing itu tidak lebih dari sebuah channel atau medium baru untuk menyampaikan pesan terhadap konsumen, bagi Arto untuk bisa melakukan proses digital marketing yang benar harus menguasai dahulu dasar-dasar dari konsep branding.

“Menguasai dasar-dasar konsep branding itu bertujuan untuk begitu sudah dipetakan baru kita bisa analisa seberapa besar digital marketing dipergunakan untuk menyasar market ini, contoh sederhana begini, kalau target marketnya diperuntukkan untuk orang tua diatas 60 tahun, seperti produk obat tulang, atau susu untuk orang tua maka digital marketingnya tidak menggunakan platform media sosial yang sifatnya seperti Instagram, karena belum tentu orang tua menggunakan social media tersebut, tapi kalau untuk membuka internet, membuka website menurut saya masih memungkinkan,” pungkas Arto.

Arto menambahkan memang proses dari digital marketing itu kembali lagi kepada dasar-dasar brand itu sendiri, misalnya apa yang unik dari brand tersebut, kenapa orang harus membeli brand saya,  siapa target market brand tersebut, siapa kompetitor brand tersebut, dan beberapa hal-hal lain yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan pembelian.

Ada macam-macam strategi yang menurut Arto sebuah brand yang ingin ikut dalam membuat sebuah konten digital marketing, mereka harus membuat konten yang menarik,tapi ada beberapa yang bagi Arto merupakan hal yang harus dilakukan.

“Sebuah brand harus memiliki The story of the brand atau brand story telling, hal ini yang menurut saya menjadi penting karena orang membeli sebuah brand karena sebuah dasar atau sebuah persepsi yang ditawarkan oleh pemilik brand itu sendiri,” jelas Arto.

Membuat konten digital yang menarik dan bervariasi sekali kita bisa menggunakan perdekatan dengan campaign malakukan strategi edukasi, Intinya Arto menghimbau untuk setiap industri memang harus memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan komunikasi terhadap brandnya.

Arto menilai digital marketing saat ini sudah menjadi strategi mempromosikan brand, tinggal sebesar apa porsi untuk mengkomunikasikan brand kita lewat digital, kembali lagi kepada pangsa pasar yang mau dituju, tapi Arto mengatakan “ kalau mengacu kepada pengeluaran biaya iklan dan beberapa tahun terakhir porsi dalam digital marketing masih sangat jauh sekali mungkin masih 5 persen dari total konvensional, tapi kedepanya saya yakin digital marketing akan semakin luas.”

Arto pun menerapkan untuk selalu merekomendasikan client-client atau project-project yang kami develope untuk melakukan pendekatan lewat digital marketing, tinggal porsi nya kembali diatur dari sefokus apa atau sedetail apa target market yang sedang dibidik.

Lalu, Konsep digital marketing ini apakah harus dilakukan oleh brand-brand yang baru atau harus juga dilakukan oleh brand-brand yang namanya sudah dikenal luas oleh masyarakat?

Arto menjawab, “Sebenarnya bisa dipergunakan oleh keduanya, tapi saya melihat justru digital marketing ini bisa dimanfaatkan oleh sebuah brand yang tidak memiliki kemampuan untuk mengeluarkan biaya lewat konvensional, karena mengingat biaya membangun bisnis konvensional itu sangat besar sekali jadi digital marketing saat ini bisa jadi solusi, meskipun kemudian cost untuk membangun komunikasi digital marketing masih sangat fluktuatif, artinya kembali lagi kepada kemampuan biaya, Bahkan menurut Arto dengan uang 50 ribu saja kita sudah bisa berkomunikasi menggunakan platform digital.”

Faktor biografi juga harus menjadi perhatian sebuah brand dalam melalukan digital marketing, Arto memberikan contoh sebuah brand lokal dengan cakupan seluas jakarta misalnya, maka brand tersebut bisa meng-cluster marketnya. “Berbeda dengan TV atau majalah konvensional bisa sampai seluruh Indonesia, karena pertanyaan paling penting adalah cakupan sebesar apa side bisnis yang mau di ambil sehingga digital marketing yang akan digunakan akan sangat efektif, hal itu merupakan hal yang cukup krusial saat ini untuk melakukan digital marketing,” jelas Arto.

Lalu, Menurut Arto, apakah digital marketing mutlak harus dilakukan oleh setiap brand atau merek saat ini? Ataukah masih bisa melakukannya dengan menerapkan offline marketing seperti penyebaran brosur dan lainnya?

Arto menekankan, “Mutlak! harus dilakukan Cuma porsi dan besaranya berbeda tergantung industri yang ingin dikejar , be to be business misalnya belum tentu harus menggunakan strategi digital marketing  trade show atau door to door atau viral lewat testimonial bisa jadi masih sangat kuat di beberapa industri , namun demikian untuk membangun brand Awareness dan membangun brand equity kebutuhan digital marketing menjadi esensial , karna stake holder bisnis yang kita miliki sering kali menggunakan digital sebagai refrensi,” tutup Arko.

                           


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS

Index
Elnusa