Ahad, 21 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Combiphar Serahkan 5 Rumah Pengering guna Keberlanjutan ProgramPemberdayaan Perempuan

Posted by: 1154 viewer

Combiphar Serahkan 5 Rumah Pengering guna Keberlanjutan ProgramPemberdayaan Perempuan
Penyerahan Rumah Pengering untuk Desa Ngadirojo Kidul oleh Direktur PT Combiphar, Christina Sung (kiri) kepada Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (tengah) bersama Ketua TPPKK Wonogiri, Verawati Joko Sutopo (kanan) di Wonogiri, Jawa

INFOBRAND.ID-PT Combiphar sebagai salah satu perusahaan consumer healthcare terkemuka di Indonesia dengan dukungan dari tim Penggerak PKK Karanganyar dan Wonogiri, Dinas Pertanian, dan Balai Besar Pengembangan dan Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional menyelenggarakan program pemberdayaan perempuan (Combi Hope Women Empowerment) sejak pertengahan 2021.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan livelihood perempuan, khususnya Kelompok Wanita Tani dan PKK di sekitar wilayah operasional Combiphar Group. Selain itu, kegiatan ini diselenggarakan sejalan dengan komitmennya ’Championing a Healthy Tomorrow’, dalam meningkatkan kualitas produknya di segmen preventif (pencegahan), salah satunya melalui pengadaan produk-produk herbal yang berkualitas.

Untuk keberlanjutan program pemberdayaan perempuan ini, Combiphar menyerahkan lima rumah pengering kepada lima desa yang berpartisipasi dalam program. Penyerahan rumah pengering di dua desa di Wonogiri diberikan secara simbolis oleh Direktur PT Combiphar, Christina Sung kepada Bupati Wonogiri, Joko Sutopo pada tanggal 2 November 2022. Sedangkan tiga rumah pengering lainnya diserahkan oleh Direktur Combiphar, Chandra Dewi kepada kabupaten Karanganyar pada tanggal 3 November 2022.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berkolaborasi dengan TPPKK dan Dinas Pertanian serta Pemerintah setempat, PT Combiphar meluncurkan program pemberdayaan perempuan. Kerja sama ini merupakan wujud kepedulian PT Combiphar terhadap kesejahteraan warga di sekitar lingkungan operasionalnya.

"Hal ini tentunya kami sambut dengan sukacita. Pandemi ini tentu berdampak pada perekonomian seluruh warga Indonesia, dan hal tersebut juga dirasakan warga kami. Oleh karena itu, program pemberdayaan perempuan ini sangat menyokong kesejahteraan di kabupaten Wonogiri.

Pendampingan dari Dinas Pertanian dan B2P2TOOT pun sangat membantu perempuan dalam membudidayakan jahe dan lengkuas agar sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan dalam membuat bahan baku jamu,” tutur Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Sekitar 230 perempuan tani mengikuti rangkaian program mulai dari pelatihan dari Dinas Pertanian dan B2P2TOOT dan Persada – mitra Combiphar mengenai pembibitan, penanaman hingga membuat simplisia jahe dan lengkuas yang menjadi bahan baku utama jamu. Selain itu, edukasi mengenai motivasi diri, pola hidup sehat, dan kewirausahaan juga diberikan untuk membekali para perempuan untuk dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Melalui program ini juga, sekitar 4.000 perempuan telah menerima edukasi pola hidup sehat yang disebarkan oleh ke 230 peserta tersebut.

“Perempuan mempunyai peranan kunci di keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Kami mengajak para perempuan untuk meningkatkan kapasitas diri mereka melalui edukasi pola hidup sehat dan motivasi diri, serta meningkatkan ekonomi keluarga melalui budidaya jahe dan lengkuas yang hasilnya bisa diserap sebagai bahan baku jamu Air Mancur. Untuk itu, kami kembali menggagas program kami dengan membina dan memberikan pelatihan kepada petani perempuan, agar kesejahteraan perempuan semakin meningkat di wilayah operasional bisnis kami,” ujar Christina Sung.

IKLAN INFOBRAND.ID

Christina menambahkan bahwa budidaya jahe dan lengkuas ini program ini menggunakan lahan yang sebelumnya tidak produktif serta memanfaatkan halaman rumah masyarakat, sehingga para perempuan terutama ibu bisa tetap produktif di rumah.

Selain itu, pihaknya menjalankan program Combi Hope untuk  mempertegas komitmen Combiphar dalam memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi operasionalnya secara berkelanjutan, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas petani perempuan. Program ini juga secara proaktif menjalin kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan generasi yang lebih sehat.

Keberlanjutan program CSR ini bertujuan mendukung petani perempuan yang berada di lokasi operasional Combiphar agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat melalui pendidikan dan berdaya. Saat ini Combiphar memiliki 6 program pengembangan masyarakat di antaranya adalah Combiphar Healthy Living Education, Combiphar Health Desk, Combiphar Women and Youth Development, Combi Hope, Combi Run, dan Combiphar Players Championship.

“Kami berharap edukasi yang telah diberikan tidak hanya terhenti sampai kepada petani perempuan binaan kami saja, namun akan terus berlanjut kepada perempuan-perempuan lainnya di sekitar mereka. Dengan mengamalkan ilmu yang didapatkan, kami yakin, kualitas dan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar desa akan semakin meningkat,” tutup Christina.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...