Seiring dengan semakin banyaknya fasilitas transaksi digital yang berkembang saat ini, Commonwealth Life bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meluncurkan produk asuransi “Jiwa Sehat”, produk asuransi berbasis pembayaran digital pertama di Indonesia yang ditujukan kepada pengguna TCASH.
Launching asuransi “Jiwa Sehat” ditandai dengan penandatanganan kerjasama secara simbolis antara Alternative Distribution Channel Director PT Commonwealth Life Indrayana Agussaputra dan Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Judi Achmadi yang didampingi oleh CEO TCASH Danu Wicaksana, Direktur Operation PT Infomedia Nusantara Riri Amalas Yulita, Direktur Bisnis dan Marketing PT Finnet Indonesia Sjaiful Rahim, dan General Manager Enterprise Segmen Healthcare and Welfare Services Telkom Umar Dani di Jakarta, Senin (6/8).
Kerjasama pemasaran ini memanfaatkan kemajuan teknologi digital payment agar pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan perlindungan asuransi dan melakukan pembayaran premi asuransi secara real time dan cashless serta sekaligus mendukung kemajuan industri asuransi dan digital payment di Indonesia.
Dengan menggunakan jalur distribusi telemarketing, pelanggan TCASH yang dihubungi oleh Commonwealth Life dapat membeli produk asuransi Jiwa Sehat dan melakukan pembayaran premi secara cashless melalui TCASH dan merasakan secara langsung the new digital insurance experience. Selain itu, dengan nilai premi mulai dari Rp50 ribu sampai dengan Rp1,2 juta rupiah per bulan, produk Jiwa Sehat merupakan pilihan asuransi yang akan melengkapi rencana keuangan pelanggan TCASH, dan diharapkan mampu menjangkau semua lapisan masyarakat.
Alternative Distribution Channel Director PT Commonwealth Life Indrayana Agussaputra menjelaskan bahwa peluang di dunia digital masih sangat terbuka, dan ini merupakan salah satu cara perusahaan untuk memaksimalkan semua fitur digital yang ada. “Jiwa Sehat merupakan jawaban untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan kepastian perlindungan asuransi kesehatan dan menginginkan kemudahan dalam proses pembayaran ‘cashless’ melalui fitur pembayaran digital TCASH untuk untuk transaksi sehari-hari termasuk pembayaran premi asuransi,” ujar Indrayana Agussaputra.
Pada kesempatan terpisah, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan menyambut baik peluncuran produk asuransi berbasis pembayaran digital pertama di Indonesia tersebut, “TelkomGroup siap mendukung digitalisasi industri asuransi Indonesia melalui penyediaan layanan pembayaran secara digital yang tentunya sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mendorong terbentuknya less cash society dengan tetap mengedepankan kemudahan dan keamanan bertransaksi,” ungkap Dian.
Sementara itu, Judi Achmadi mengatakan, untuk mendukung kerjasama ini TelkomGroup menggandeng sederet anak usahanya, yakni PT Finnet Indonesia yang bergerak di bidang aggregator pembayaran tagihan, platform pembayaran elektronik dan solusi pembayaran online, yang dalam hal ini berfungsi sebagai integrator/intermediary payment), PT Infomedia Nusantara (yang bergerak di bidang Business Process Management (BPM) yang dalam hal ini berfungsi sebagai penyedia layanan Telemarketing) dan TCASH (produk uang elektronik (electronic money) dari PT Telekomunikasi Seluler, yang merupakan salah satu pemimpin pasar di bidangnya),“ jelas Judi.
“Melalui kerjasama ini, sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi yang terbaik dalam melindungi dan meningkatkan kesejahteraan finansial serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah, kami harap dapat memajukan asuransi dan industri digital, khususnya pembayaran cashless di Indonesia dengan menggunakan TCASH,” pungkas Indrayana.