Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

CSV dapat Mendongkrak Brand Awareness dan Reputasi Perusahaan

Posted by: 1955 viewer

CSV dapat Mendongkrak Brand Awareness dan Reputasi Perusahaan
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, memberikan webinar dalam Webinar CSR to CSV dan Top CSV Award 2021.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - CSV merupakan pengembangan dari konsep tanggung jawab sosial perusahaan Corporate social responsibility (CSR). Konsep ini menjadi strategi bisnis yang menekankan pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan.

Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Michael Porter dan Mark Kramer pada tahun 2006. Kendati belum begitu populer di kalangan perusahaan di Indonesia, nyatanya telah ada beberapa perusahaan yang menerapkan konsep ini.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, yang juga sebagai salah satu juri penjurian Top CSV Award 2021 mengungkapkan, dalam proses penjurian tahap pertama, setidaknya ada 54 perusahaan yang lolos, yang selanjutnya mengikuti proses penjurian tahap berikutnya, yaitu melakukan presentasi di hadapan para dewan juri yang terdiri dari tiga dewan juri, dua juri lainnya adalah, Drs. Mas Achmad Daniri, MEc, sebagai Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governance, dan Pakar Good Corporate Governance dan Penulis Buku Lead By CSV, dan Dr. Gancar C. Premananto, CMD, selaku Head of Management Departemen FEB Universitas Airlangga, dan Senior Consultant & Mentor CSV.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dari penjurian yang dilakukan, ada 20 perusahaan yang lolos, masing-masing dengan nama program yang dijalankan adalah sebagai berikut; PT Pertamina (Persero) dengan program CSV Pinky Movement, PT Taspen (Persero) dengan program CSV Wirausaha Pintar, PT Jasa Raharja dengan program CSV Traffic Hero & Youth Traffic Innovation, PT Pembangkitan Jawa-Bali dengan program CSV Inovasi PJB Co-Firing Untuk Negeri, Magister Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga dengan program CSV This Is Ability Not Disability - Metode Melukis dengan Aroma untuk Tuna Netra, PT Semen Gresik dengan program CSV Social Enterprise - Gerakan Pemberdayaan Masyarakat Yang Berkesinambungan Dan Bersifat Inklusif Dengan Pembentukan Perusahaan Patungan.

Selanjutnya; PT Pelindo Marine Service dengan program CSV Donor Darah & Plasma Konvalesen Di RS Terapung Ksatria Airlangga, PT Pupuk Kujang dengan program CSV Kampung NanasKu. Selanjutnya PT Campina Ice Cream Industry Tbk dengan program CSV It’s Time To Share & Care - Creating Value With Happiness, PT Astra Tol Nusantara dengan program CSV Strengthening Sustainability Strategy Through Astra Infra’s Toll Road Safety Performance, PT Bio Farma (Persero) dengan program CSV Sustainability To Improve Quality Of Better Life, PT Astra Graphia Tbk dengan program CSV Kelas ASIK - Kelas Astragraphia Untuk Industri Kreatif, dan lainnya.

Dan; PT Bintang Toedjoe dengan program Lomba Taman Herbal Bejo. PT Paiton Energi dengan program, To Grow Sustainable and Bring Positive Impact to The Nation. PT Len Industri (Persero) dengan program, Tenaga Surya untuk Bangsa. PT Hasnur Riung Sinergi, dengan program Sinergi Bersama BUMDes. PT Bhumi Jati Power, dengan program Integrated Communal Cow Farm. PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, dengan program Limbah Tali Strapping untuk Pemberdayaan Ekonomi Wanita. PT Wahana Duta Jaya Rucika, dengan program I’m The Proud Owener of a Safe Water Garden. Dan PT Lemonilo Indonesia Sehat, dengan program Menuju Generasi Hebat.

Tri Raharjo menjelaskan, ada beberapa poin penting yang menjadi dampak positif dari kegiatan CSV, antara lain:

Dampak positif bagi perusahaan antara lain; meningkatkan brand awareness, meningkatkan brand reputation dan brand trust. Berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals. Sebagai kolaborasi dan terjadinya hubungan baik dengan pemangku kepentingan. Menambah revenue dan potensi membuka pasar baru. Efisiensi bagi perusahaan. Dan sebagai investasi keberlanjutan perusahaan.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Tentunya dengan awareness baik, reputasinya dan kepercayaan bagus, akan berdampak positif bagi perusahaan,” jelas Tri Raharjo.

Selanjutnya, dampak bagi eksternal perusahaan antara lain; menciptakan peluang usaha, sebagai sumber penambahan pendapatan bagi masyarakat, membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, bantuan pemasaran, pelatihan dan pendampingan, akses permodalan, komunitas, dan menaik kelaskan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sebagai peneliti dan pengamat brand Tri Raharjo dalam webinarnya menyampaikan, bicara brand, bukan hanya logo atau nama perusahaan, tapi juga image dan reputasi perusahaan. Dengan kegiatan yang memberikan manfaat dan nilai ekonomi, persepsi akan tumbuh baik.

“Dengan dikomunikaiskan ke masyarakat luas, reputasi dan awareness juga akan semakin baik,” ujar Tri Raharjo.

Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, ada beberapa pertimbangan konsumen memilih dan mebeli produk, di antaranya Harga, kualitas, promo atau diskon. Selain itu pertimbangan lainnya antara lain; reputasi brand, dan review atau rating. Bagi pelaku CSV kegiatan dipublikasikan akan membantu divisi pemasaran akan membantu, lebih mengetahui, sementara reputasi meningkat, menginfluence masyarakat membeli produk.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara melalui kegiatan CSV, aspek brandingnya adalah semakin banyak kegiatan dipublikasikan, maka awareness perusahaan akan semakin meningkat. Publikasi sendiri bisa dilakukan melalui platform internel seperti media sosial dan website, selain itu juga dapat dilakukan melalui publikasi media. Semua itu akan semakin membuat perusahaan dikenal masyarakat, baik secara nasional bahkan internasional.

“Sementara untuk meningkatkan reputasi, banyak isu dan ide yang dapat diangkat dari berbagai impact yang diinginkan,” jelas Tri Raharjo.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Apresiasi Perusahaan dan Brand Sukses Jalankan Digital PR, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Digital PR Award 2023

Apresiasi Perusahaan dan Brand Sukses Jalankan Digital PR, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Digital PR Award 2023
INFOBRAND.ID - Aktivitas Public Relation (PR) tidak dapat dipisahkan dalam keberlangsungan bisnis dan perusahaan. Sebab PR memiliki peran penting dala...


Bantu Brand Optimalkan Marketplace, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Official Store Award 2023

Bantu Brand Optimalkan Marketplace, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Official Store Award 2023
INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital dan pandemi covid-19 telah meningkatkan aktivitas belanja online di kalangan masyarakat. Meningkatnya po...


INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022

INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022
INFOBRAND.ID - Tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi bagian penting d...


Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022

Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022
INFOBRAND.ID-Sejak terjadi pandemi yang berlangsung mulai tahun 2020, aktivitas bisnis dan perusahaan dihadapkan pada situasi yang sangat menantang. D...