JAKARTA, INFOBRAND.ID - Melakukan berbagai kegiatan positif menjadi cara efektif untuk branding activation perusahaan. Salah satu dapat dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility. Kegiatan yang merupakan perwujudan dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat ini, menjadi kegiatan positif sebagai branding activation yang efektif.
Demikian diungkapkan oleh Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, kepada infobrand.id. Menurutnya, dalam kegiatan CSR, otomatis, nama perusahaan akan terangkat, karena akan terekspose ke masyarakat, dengan kegiatan positif yang dilakukan.
Tidak hanya itu, melalui kegiatan yang dilakukan, perusahaan juga dapat melakukan publikasi dari program yang dijalankan. Publikasi tidak hanya dilakukan melalui pemberitaan di media massa, tapi juga melalui media sosial yang dimiliki oleh perusahaan.
Selain itu juga media elektronik youtube dan TV. Ketika mereka melakukan itu, akan meningkatkan brand awareness dari sisi perusahaan dan produk.
“Karena aksi kebaikan, mereka berbuat baik kepada masyarakat, tidak hanya itu, tingkat keberlangsungan, secara terus menerus, kontinyu, tidak putus,” ujar Tri Raharjo, yang juga dikenal sebagai pengamat brand di Indonesia ini.
Aktivitas branding activation tersebut, lanjut Tri Raharjo, semakin efektif ketika perusahaan menjalankan program yang berkelanjutan, seperti program CSR dengan konsep Creating Shared Value. Menurutnya, ketika membuat membuat perusahaan yang menjadi mitra langsung dengan perusahaan, hal itu akan memberikan branding activation jangka panjang dan terus menerus.
“Tentunya brand image sangat positif. Diharapkan denga berbagai aktivitas, terjadi brand loyalty,” jelas Tri Raharjo, yang juga dipercaya sebagai Dewan Juri dalam Top CSV Award 2021 ini.
Tri Raharjo memberikan contoh, program CSV yang dimiliki oleh PT Bintang Toedjoe, yang membuat lomba Taman Herbal Bejo. Di mana dalam kegiatan tersebut, perusahaan melibatkan sedikitnya 597 kelompok tani, yang terlibat dalam setiap taman. Hal itu, tentunya setiap individu, akan merasa lebih dekat dengan brand Bejo dan Bintang Toedjoe.
Top CSV Award sendiri, TOP CSV Award 2021, sebuah apresiasi penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang telah merancang dan berhasil menjalankan program CSV (Creating Shared Value) hingga menciptakan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value) yang berkelanjutan.