Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Danone Indonesia dan Kemenparekraf Majukan Desa Wisata di 7 Provinsi

Posted by: 781 viewer

Danone Indonesia dan Kemenparekraf Majukan Desa Wisata di 7 Provinsi
Danone Indonesia dan Kemenparekraf Majukan Desa Wisata

INFOBRAND.ID-Danone Indonesia bekerja sama dengan Kementerian  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI untuk mendukung pengembangan  desa wisata di 7 provinsi di Indonesia.

Deklarasi kerja sama berlangsung di acara National Convention  Danone Indonesia 2023 bertajuk ‘Make Indonesia Future Fit through a High Impact Team’ yang dibuka oleh Menparekraf Sandiaga Uno, pekan ini.

Melalui kerja sama ini, Danone Indonesia akan mendukung pengembangan 14 desa wisata di  7 provinsi, yaitu Sumatera Utara (Desa Lumban Bulbul, Toba); Jawa Barat (Desa Pancawati, Bogor,  Kampung Adat Banceuy, Desa Pesanggrahan, Desa Cibeusi, Subang); Jawa Tengah (Desa Blederan, Desa  Tanjunganom, Wonosobo); Yogyakarta (Desa Karangasem, Kulon Progo); Jawa Timur (Desa Jatiarjo,  Pasuruan); Bali (Desa Kintamani, Bangli; Desa Belok Sidan, Desa Bongkasa Pertiwi, Badung); dan  Sulawesi Utara (Desa Lihunu, Desa Tumaluntung, Minahasa Utara).

IKLAN INFOBRAND.ID

Ruang lingkup kerja sama ini  mencakup di antaranya, pemanfaatan dan pertukaran data dan/atau informasi, pelaksanaan dukungan  sarana dan prasarana, pendampingan dan penguatan tata kelola, pelestarian lingkungan dan/atau  keanekaragaman hayati, edukasi dan pengelolaan sampah, serta kegiatan kemitraan yang dapat  mendukung pertumbuhan desa wisata. 

“Industri pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang paling terdampak saat pandemi.  Dalam mendorong geliat sektor pariwisata, seluruh komponen dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi  kreatif perlu bergerak bersama-sama untuk menggarap semua potensi dan peluang yang ada sejalan  dengan strategi kami, 3G, yaitu Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber) dan Gaspol (Garap semua  potensi dan peluang yang ada),” jelas Sandiaga.

Hal ini membutuhkan tim solid yang resilien, adaptif, dan kolaboratif dalam  menghadirkan inovasi, termasuk bersinerlintas sektor. Kami sangat menyambut baik dukungan  Danone Indonesia dalam membantu pengembangan desa wisata karena dukungan ini akan mendorong  pertumbuhan sektor pariwisata serta meningkatkan perekonomian nasional.

Geliat pariwisata Indonesia mulai menunjukkan tren positif akhir-akhir ini. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan  Ekonomi Kreatif, Kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) sektor Pariwisata 2023 diperkirakan mencapai  4,3%. Melalui program pengembangan desa wisata, Danone Indonesia turut berkontribusi terhadap  pemulihan sektor pariwisata, pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut sehingga dapat mendorong  kesejahteraan masyarakat. Tidak kalah pentingnya, melalui program ini, Danone Indonesia juga  membuktikan komitmennya untuk turut melestarikan lingkungan dan sumber daya alam. 

Connie Ang, Chief Executive Officer Danone Indonesia, mengatakan, sebagai salah satu  perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia, Danone memiliki komitmen jangka panjang yang terangkum dalam ‘One Planet One Health’. “Kami percaya bahwa kesehatan manusia dan kesehatan  lingkungan saling terkait satu sama lain. Setiap inisiatif dan inovasi yang kami lakukan selalu berlandaskan  pada kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan. Komitmen ini terwujud dengan sangat jelas  melalui dukungan pengembangan desa wisata,” jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemitraan dengan Kemenparekraf merupakan bagian dari perjalanan panjang Danone Indonesia dalam  bersinergi dengan berbagai kementerian dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mendukung  kesehatan masyarakat Indonesia serta kelestarian lingkungan.

Aliansi ini juga mencakup dukungan  untuk mendorong momentum pertumbuhan pariwisata Nusantara. Salah satunya kampanye #BijakBerplastik  di lima kawasan destinasi prioritas yaitu Labuan Bajo, Mandalika, Toba, Likupang, dan Borobudur. Inisiatif  ini diharapkan dapat membantu mengurangi sampah laut sekaligus memberikan nilai tambah terhadap  sampah dari kawasan wisata tersebut.

“Kami percaya dibutuhkan kolaborasi yang berkelanjutan untuk dapat menyelesaikan beragam isu yang  dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Dan kami percaya sektor swasta dapat memainkan peran lebih jauh  sebagai tenaga pendorong bagi tercapainya seluruh agenda pembangunan nasional,” ucapnya.

Danone Indonesia berkomitmen  untuk memainkan peran aktif dan berada di depan untuk mendukung tercapainya agenda  tersebut khususnya melalui akses nutrisi dan hidrasi yang sehat serta inisiatif dan inovasi keberlanjutan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...